... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dirawat Seusai Ibadah Haji 2017, WNI Ini Meninggal di Arab Saudi

KIBLAT.NET, Jeddah – Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, kabar duka datang dari Arab Saudi atas meninggalnya Rusli Abdullah bin Budang asal dari Embarkasi Batam (BTH). Beliau adalah jemaah haji tahun 2017/1438H yang mengalami sakit pasca berakhirnya operasional haji pada 5 Oktober 2017 lalu.

Rumah Sakit King Abdullah Jeddah Arab Saudi pada hari Rabu (14/02/2018) pukul 11.30 PM WAS menginformasikan bahwa Rusli Abdullah bin Budang telah dinyatakan wafat. Dokter Rumah Sakit menyampaikan bahwa almarhum saat dirawat sangat tergantung dengan alat ventilator (alat bantu pernafasan), namun Allah mentakdirkan almarhum meninggal setelah hampir enam bulan di rawat di Rumah Sakit King Abdullah Jeddah.

”Kami atas nama Staf Kantor Teknis Urusan Haji KJRI Jeddah turut berbelasungkawa atas wafatnya bapak H.Rusli semoga keluarga yang ditinggakan diberikan kesabaran dan ketabahan” ujar Ahmad Dumyathi selaku Staf Teknis Haji I yang mewakili seluruh Pegawai Tiknis Urusan Haji kepada media TUH.

Proses pemakaman segera dilakukan di Jeddah sebagaimana ketentuan yang berlaku di Saudi setelah Kantor Teknis Urusan Haji menginformasikan berita duka ini kepada keluarga almarhum H. Rusli di Indonesia melalui pesan singkat.

H.Rusli Almarhum adalah jemaah haji terakhir yang tersisa pasca operasional haji tahun 1438H/2017M. Semula ada 60 jemaah yang menjalani perawatan di RS Arab Saudi pasca operasional haji tahun 2017. Dari jumlah tersebut, 26 Jemaah sudah di pulangkan ke Tanah Air, sedangkan ada 33 jemaah wafat di Makkah, Madinah dan Jeddah. Kini, kakek kelahiran tahun 1937 hari Rabu (14/02/2018) dinyatakan wafat, maka total seluruh jemaah wafat di Arab Saudi berjumlah 34 orang.

BACA JUGA  Ketimpangan Ekonomi Jadi Alasan Pemerintah Pindahkan Ibu Kota

Setiap kali pelaksanaan Ibadah haji, hampir bisa dipastikan akan selalu ada jamaah yang meninggal di tanah suci, penyebabnya dapat berupa musibah atau karena sakit. Jemaah haji yang meninggal di tanah suci ditangani oleh pemerintah Arab Saudi. Pemerintah Arab Saudi yang akan mengurus dari proses pemandian jenazah, mengkafani, menyolatkan dan hingga pemakaman.

Sumber: Kantor Urusan Haji
Redaktur: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tazkiyah

Inilah 7 Tempat yang Dicintai Nabi Muhammad SAW

Di tempat-tempat mulia inilah Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam memanjatkan doa. 

Ahad, 18/02/2018 10:57 0

Suriah

Milisi YPG Berjuang untuk PKK, Bukan Kurdi Suriah

Seorang politisi Kurdi mengatakan bahwa milisi YPG mewakili kepentingan PKK, bukan orang Kurdi Suriah.

Ahad, 18/02/2018 09:20 0

Palestina

Hamas: Rakyat Palestina Tolak Rencana “Perdamaian” AS

Moussa Abu Marzouk mengatakan bahwa rakyat Palestina tidak pernah bersatu dalam proyek apapun, kecuali "perlawanan".

Ahad, 18/02/2018 08:48 0

Afghanistan

Musim Dingin, Taliban Gencarkan Operasi-operasi Pembebasan

Serangan-serangan masif dan mematikan tiada henti terus dilancarkan Mujahidin Imarah Islam (Taliban) terhadap pasukan penjajah asing beserta antek-antek sekutu lokal mereka di seluruh Afghanistan.

Ahad, 18/02/2018 08:13 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Goyahnya Tata Dunia Liberal

Kini, revolusi melawan tatanan internasional liberal yang dibentuk pasca Perang Dunia II mulai berlangsung. Mulai dari kelompok fundamentalis Islam, kelompok etno nasionalis yang melawan Uni Eropa, hingga munculnya demokrasi illiberal di Eropa Timur.

Sabtu, 17/02/2018 17:46 0

Artikel

Di Balik Propaganda “Internasionalisasi Dua Tanah Suci” ala Iran

unia saat ini diguncangkan oleh propaganda internasionalisasi dua Tanah Suci yakni Makkah dan Madinah. Propaganda internasionalisasi Makkah dan Madinah ini bukanlah hal yang baru. Pada dekade 80-an propoganda pernah dipopulerkan oleh pemimpin spiritual tertinggi Syi’ah sekaligus pemimpin Revolusi Iran, Khomeini.

Sabtu, 17/02/2018 17:26 1

Eropa

Masuk Islam, Alasan Politisi Jerman Ini Bikin Tercengang

Politisi dari Partai Alternative for Germany (AfD) mengejutkan rekan-rekannya dengan keputusannya masuk Islam. Arthur Wagner juga menjadi berita utama di seluruh dunia setelah diketahui ia menjadi muallaf.

Sabtu, 17/02/2018 12:40 0

Myanmar

Di Twitter, Ronaldo Suarakan Dukungan untuk Rohingya

Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo berbagi gambar di Twitter sebagai dukungan untuk anak-anak Rohingya.

Sabtu, 17/02/2018 12:06 0

Myanmar

Laporan Terbaru, Ratusan Desa Rohingya di Rakhine Hancur Total

Rohingya, yang digambarkan oleh PBB sebagai orang-orang yang paling teraniaya di dunia, telah menghadapi ketakutan yang meningkat kerena kekerasan oleh militer dan gerombolan Buddha Myanmar.

Sabtu, 17/02/2018 11:38 0

Myanmar

Ajak Bantu Etnis Rohingya, Ronaldo Didoakan dapat Hidayah

"Satu dunia dimana kita semua mencintai anak-anak kita. Mohon bantu #Rohingya #Refugee," kata Ronaldo

Sabtu, 17/02/2018 11:00 0

Close