... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Laporan Terbaru, Ratusan Desa Rohingya di Rakhine Hancur Total

Foto: Desa-desa Muslim Rohingya dibakar oleh militer untuk memaksa penghuninya pergi

KIBLAT.NET, Rakhine – Tingkat kerusakan di desa-desa yang dihuni oleh Muslim Rohingya di wilayah Rakhine tersebar luas. Demikian menurut laporan seorang utusan khusus Kanada untuk misi di Myanmar.

“Tingkat kerusakan, yang bisa Anda lihat dari udara, ratusan desa telah hancur total,” kata Bob Rae kepada CTV News, Kamis (15/02/2018).

“Saya terus terpukul oleh tingkat permusuhan yang mendalam terhadap Rohingya. Tingkat permusuhan itu adalah masalah mendasar,” tambahnya.

Rae dan orang asing lainnya diizinkan untuk melakukan tur udara karena Myanmar berusaha untuk menunjukkan bahwa pihaknya siap untuk menarik kembali ratusan ribu warga Rohingya yang melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh.

Pada bulan Januari, Myanmar dan Bangladesh menandatangani sebuah kesepakatan terkait sekitar 700.000 pengungsi Rohingya yang akan dikembalikan ke wilayah Rakhine dengan jangwa waktu dua tahun.

Namun Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi mengatakan bahwa waktunya hampir habis. Musim hujan akan tiba dan lebih dari 107.000 Rohingya tinggal di daerah yang rawan banjir dan tanah longsor.

Rae mengatakan bahwa memindahkan begitu banyak pengungsi kembali ke wilayah Rakhine akan sulit. “Masalahnya adalah besarnya jumlah orang yang harus diakui. Dan bagaimana kondisi keamanan dan keamanan mereka saat mereka kembali?” katanya.

Rohingya, yang digambarkan oleh PBB sebagai orang-orang yang paling teraniaya di dunia, telah menghadapi ketakutan yang meningkat kerena kekerasan oleh militer dan gerombolan Buddha Myanmar.

BACA JUGA  2 Wartawan Reuters Peliput Pembantaian Muslim Rohingya Bebas dari Penjara Myanmar

Lebih dari 650.000 pengungsi, kebanyakan anak-anak dan perempuan, telah meninggalkan Myanmar sejak 25 Agustus 2017 ketika pasukan Myanmar melancarkan tindakan keras terhadap komunitas Muslim minoritas.

Doctors Without Borders mengatakan sedikitnya 9.000 Rohingya tewas di negara bagian Rakhine dari 25 Agustus hingga 24 September.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada 12 Desember 2017, lembaga kemanusiaan itu mengatakan 71,7 persen atau 6.700 kematian warga Rohingya disebabkan oleh kekerasan. Termasuk di dalamnya, 730 anak di bawah usia 5 tahun.

PBB telah mendokumentasikan perkosaan massal, pembunuhan -termasuk bayi dan anak kecil- pemukulan brutal dan penculikan yang dilakukan oleh militer. Dalam sebuah laporan, penyidik ​​PBB mengatakan bahwa pelanggaran tersebut adalah kejahatan terhadap kemanusiaan.

Sumber: World Bulletin
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Kapolri Didesak Autopsi Ulang Jenazah Jefri Libatkan Dokter Independen

Autopsi melibatkan tim dokter independen penting dilakukan agar proses berjalan transparan dan akuntabel

Sabtu, 17/02/2018 09:51 0

Indonesia

KontraS: Ada Potensi Kecacatan Operasi Densus 88 dalam Kematian Jefri

"Dalam penjelasan yang disampaikan Polri mengenai kasus ini, kami menilai masih terdapat ketidakjelasan informasi dari Polri dan potensi kecacatan dalam operasi pemberantasan terorisme oleh Tim Densus 88,"

Sabtu, 17/02/2018 08:42 0

Indonesia

Kasus Penyerangan Ulama, Polisi: Beri Kami Waktu

Kepolisian meminta waktu untuk mengungkap keterkaitan dalam sejumlah rentetan kasus yang menyasar pemuka agama dan rumah ibadah.

Jum'at, 16/02/2018 16:32 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Menjaga Kesalehan Saat Sendirian

Khutbah Jumat: Menjaga Kesalehan Saat Sendirian. Ketika ia mampu menjaga hak-hak Allah saat tidak ada yang akan mengetahui kecuali Allah; saat manusia berada di bawah kekuasaannya, maka inilah amal yang berbeda!

Jum'at, 16/02/2018 15:55 0

Indonesia

Polri Klaim Muhammad Jefri Tewas Karena Serangan Jantung

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto mengklaim bahwa Jefri dilarikan ke klinik terdekat setelah dilakukan penangkapan oleh Densus 88 karena mengeluh sesak nafas.

Jum'at, 16/02/2018 15:38 0

Indonesia

Ini Tuduhan Polri terhadap Almarhum Muhammad Jefri

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto mengungkapkan sejumlah tuduhan yang disangkakan kepada Muhammad Jefri.

Jum'at, 16/02/2018 15:33 0

Indonesia

Maneger Nasution: Komnas HAM Belum Berani Investigasi Kematian Muhammad jefri

Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah, Maneger Nasution mengatakan bahwa pihak keluarga  mempunyai hak untuk mengetahui penyebab kematian Muhammad Jefri.

Jum'at, 16/02/2018 14:07 0

Indonesia

DSKS Minta Polisi Tegas Sikapi Pelecehan Muslimah

Anggota Tim Advokasi Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), Endro Sudarsono mengaku prihatin atas adanya pelecehan yang dialami oleh seorang muslimah di kawasan Cemani, Sukoharjo. Terlebih, ia menilai kasus-kasus pelecehan yang ditujukan kepada umat Islam seperti ada pembiaran

Jum'at, 16/02/2018 13:49 0

Indonesia

Astaghfirullah, Muslimah di Solo Alami Pelecehan Seksual

Pelecehan terhadap muslimah di Solo kembali terjadi, kali ini dialami oleh seorang muslimah berinisial I, (38) warga Cemani Lama, Sukoharjo. DN, suami korban mengatakan bahwa kejadian yang menimpa istrinya itu terjadi pada Selasa (13/2/2018) sebelum shubuh.

Jum'at, 16/02/2018 13:21 0

Video Kajian

Mengapa Khilafah Digugat?

KIBLAT.NET – Mengapa Khilafah Digugat? Term khilafah seperti tidak pernah lekang dari perdebatan. Ada yang...

Jum'at, 16/02/2018 11:39 0

Close