... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MIUMI Tolak Intervensi Asing dalam Pembahasan RKUHP

KIBLAT.NET, Jakarta – Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) menolak intervensi asing dalam pembahasan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (R-KUHP). Hal itu ditegaskan di akhir diskusi bertema ‘Bedah RUU KUHP dan Masalah Keumatan’ pada Selasa (13/02) di AQL Islamic Center, Jl. Tebet Utara.

“Pertama, peserta rapat yang terdiri lebih dari dua puluh tokoh umat Islam ini mendesak presiden dan DPR untuk menolak intervensi asing berkaitan dengan RKUHP demi harga diri bangsa Indonesia dan kedaulatan hukum nasional,” tegas MIUMI dalam pernyataan akhir yang dibacakan Sekjend MIUMI, Ustadz Bachtiar Nasir.

MIUMI juga mendukung perluasan makna beberapa pasal dalam RKUHP terkait perzinaan, perkosaan dan perbuatan cabul sesama jenis.

Seluruh komponen umat dihimbau ikut mengawal proses jihad legislasi nasional dengan berdoa dan beramar ma’ruf nahyi munkar demi terwujudnya KUHP yang berkesesuaian dengan Pancasila dan konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Diskusi dan pernyataan sikap ini dihadiri oleh sejumlah tokoh diantara nya adalah, Arsul Sani, S.H., M.Si., MCIArb sebagai Aggota Panja RKUHP ; Prof.Dr.Muzakkir sebagai Pakar Hukum Pidana; Atip Latipulhayat, Pakar Hukum; Dosen Universitas Padjajaran; Neng Djubaedah, Dosen Hukum Universitas Indonesia.

Lalu hadir juga Manager Nasution dari Muhammadiyah, Ustad Fadlan Garamatan, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Islah Bondowoso, K.H. Muhammad Maksum, Abu Jibril Wakil Amir Majelis Mujahidin, ustadz Adnin Armas, Ustadz Zaitun Rasmin, Rita Subagiyo, dan Prof Euis Sunarti.

BACA JUGA  Usai Baca RUU HIP, SBY: Lebih Baik Saya Simpan Agar Politik Tak Semakin Panas

Sebagaimana diberitakan, sejumlah Dubes Negara Eropa diundang ke DPR untuk dimintai pendapat terkait perombakan pasal di KUHP, khususnya tentang perzinaan dan LGBT. RKUHP itu dinilai dapat mempengaruhi sektor wisata dan berpengaruh pada pendapat.

DPR sendiri masih memperpanjang pembahasan RKUHP dengan alasan masih ada sejumlah pasal yang diperdebatkan. DRP tidak mengungkap pasal tersebut. Namun selama ini pasal perluasaan makna zina dan LGBT menjadi pasal yang banyak ditolak oleh pendukung LGBT dan maksiat.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Manhaj

Jalan Terjal Dakwah Para Ulama

Belakangan ini, aksi teror yang dilakukan “orang gila” menjadi perbincangan hangat di kalangan aktivis Islam. Kasus penganiyaan para ulama sepertinya menjadi ancaman baru yang sampai hari ini masih terus terjadi.

Selasa, 13/02/2018 19:03 0

Irak

Irak: Al Baghdadi Masih Hidup, Terluka Parah di Suriah

Kementerian Dalam Negeri Irak menyatakan bahwa pemimpin ISIS, Abu Bakar Al Baghdadi masih hidup.

Selasa, 13/02/2018 18:02 0

Suriah

6 Hari Serangan Rezim di Ghautah: Lebih 240 Jiwa Melayang

Terhitung sejak 5 Februari 2018, serangan udara dari Bashar Al Assad dan Rusia di Ghouta semakin intensif. Korban jiwa dan luka pun melonjak drastis.

Selasa, 13/02/2018 17:22 0

Palestina

Israel Tuduh Turki Beri Bantuan untuk Hamas

Tuduhan ini muncul setelah Israel menangkap dan mendeportasi warga Turki.

Selasa, 13/02/2018 16:07 0

Opini

Salah Kaprah “Kebangsaan Dalam Ancaman Islamisme”

Artikel ini terinspirasi dari meme undangan seminar yang diadakan oleh salah satu ormas Syiah mengusung tema “Kebangsaan dalam Ancaman Islamisme.

Selasa, 13/02/2018 15:15 0

Editorial

Editorial: Mencari Keadilan Negara di Tengah Serangan Terhadap Tokoh Agama

Gempar penyerangan sejumlah ulama di perbagai daerah belum tuntas, muncul insiden seorang pastor diserang di gerejanya.

Selasa, 13/02/2018 14:50 0

Pakistan

Wakil Pemimpin Taliban Pakistan Terbunuh

“Kami konfirmasikan bahwa wakil ketua TTP Khalid Mahsud terbunuh akibat serangan drone,” kata juru bicara TTP, Muhammad Khurashani, kepada Reuters.

Selasa, 13/02/2018 11:05 0

Artikel

Suliyono dan Mitos Radikalisasi

Akhir pekan kemarin, publik digemparkan dengan penyerangan Gereja Katolik Santo Lidwina, Sleman.

Selasa, 13/02/2018 09:50 0

Irak

Iraq Butuh 1000 Triliun Rupiah untuk Rekonstruksi pasca ISIS

“Kami membutuhkan dana sebesar 88,2 miliar dolar untuk merekonstruksi bangunan yang hancur akibat konflik dan perang menghadapi ISIS,” kata Menteri Perencanaan Iraq, Salman al-Jumaili, dalam sambutannya di pembukaan konferensi di Kuwait, Senin.

Selasa, 13/02/2018 09:38 0

Irak

Konferensi Internasional untuk Rekonstruksi Iraq Digelar di Kuwait

Konferensi Internasional untuk Rekonstruksi Iraq dibuka pada Senin (12/02) di Kuwait.

Selasa, 13/02/2018 07:54 0

Close