... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Mayat Muhammad Jefri Dipulangkan, Keluarga Temui Keanehan

Foto: Makam Muhammad Jefri.

KIBLAT.NET, Lampung – Masih basah makam Muhammad Jefri (MJ) di TPU Kapuran, Kelurahan Pasarmadang, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Tidak ada yang membedakan antara makam MJ dengan makam-makam lainnya di TPU tersebut. Namun, kepulangan almarhum masih menyisakan misteri bagi keluarga dan publik.

Densus 88 menjadi kunci awal atas misteri tersebut. MJ diamankan oleh instansi kepolisian berlambangkan kepala burung hantu itu dalam keadaan sehat dan pulang dalam keadaan tak bernyawa. Kasus itu mengingatkan peristiwa sebelumnya di tahun 2016, tewasnya seorang aktivis masjid asal Klaten bernama Siyono yang meninggal di tangan Densus 88.

Aci adik kandung MJ mengatakan kedatangan jenazah dikawal oleh satu mobil patroli dan empat mobil rombongan jenazah dan kepolisian dari Jakarta menuju Lampung melalui jalur penyeberangan Merak-Bakauheni.

Baca juga: Keluarga Syok Muhammad Jefri Meninggal Tak Wajar di Tangan Densus 88 

Setiba di rumah duka jenazah sudah dalam keadaan terkafani dengan rapi. Sehingga keluarga yang menunggu di rumah tak diperbolehkan untuk melihat terakhir kalinya kondisi jenazah MJ. Hal itu sangat disayangkan oleh keluarga.

“Pemakaman dikawal oleh kepolisian, sehingga berlangsung cepat. Tiba di rumah duka didoakan dan dishalatkan di mushala kemudian langsung dimakamkan,” ujar Aci, (nama sapaan akrab warga sekitar kepada adik kandung MJ) kepada Kiblat.net di rumah duka, Selasa, (13/02/2018).

BACA JUGA  Khutbah Idul Adha 1440 H: Teladan Ibrahim, Sunnatullah dalam Mendakwahkan Islam

Sementara itu bibi kandung MJ, Teh Piyok yang turut menyambut Kiblat.net mengatakan keluarga di Lampung mendapatkan info meninggalnya MJ melalui aparatur desa setempat. Setelah informasi itu sampai, keluarga bersama aparatur desa; ketua RT, lurah dan Kapolsek berangkat ke Jakarta untuk memastikan jenazah MJ.

“Setiba jenazah di rumah pukul 04.30, jenazah sudah terkafan rapi. Saat keluarga di rumah hendak melihat kondisi jenazah ada seorang warga yang memaksa untuk tidak dibuka ditakutkan membuat syok keluarga. Padahal kita ingin sekali memastikan terakhir kalinya,” ujarnya yang menduga pelarangan itu sudah dikondisikan aparat.

Baca juga: Pemuda Muhammadiyah Desak Densus 88 Terbuka Soal Kematian MJ

Akhirnya jenazah begitu cepat dimakamkan sekitar pukul 06.00 pagi. Teh Piyok sendiri menilai ada hal aneh dalam kematian keluarganya itu. Mengapa pemakaman berlangsung begitu cepat bahkan warga sekitar belum sempat bertakziyah.

“Mungkin polisinya terlihat lebih dari sepuluh tanpa berseragam itu lebih banyak ketimbang warga yang hadir dalam proses pemakaman. Ini kan aneh,” ujarnya.

Kiblat.net ingin sekali berbincang lebih jauh, namun pihak keluarga MJ belum ingin mengungkap semuanya. Sang adik kembali masuk ke rumah, perbincangan digantikan dengan Teh Piyok hingga kepulangan kiblat.net. Tampak yang paling terluka akan kepergian MJ adalah Aci, adik kandung MJ. Aci sendiri pun sudah berkeluarga dengan dikaruniai dua orang anak.

BACA JUGA  Gerakan Sahwah di Arab Saudi: Dulu Dirangkul, Kini Dimusuhi

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

2 comments on “Mayat Muhammad Jefri Dipulangkan, Keluarga Temui Keanehan”

  1. HENDI

    usut tuntas kematian MJ jangan biarkan densus berlaku sewenag-wenang…

  2. Semoga khusnul khotimah.aamiin

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Aneh, RUU KUHP Hidupkan Kembali Pasal Penghinaan Presiden yang Telah Mati

Mahkamah Konstitusi sebelumnya telah membatalkan pasal penghinaan presiden melalui putusan Nomor 013-022/PUU-IV/2006

Rabu, 14/02/2018 10:27 0

Video Kajian

Dr. Zain An Najah: Valentine, Jangan Salah Menilai Cinta

KIBLAT.NET – Dr. Zain An Najah: Valentine, Jangan Salah Menilai Cinta. Hari ini, 14 Februari...

Rabu, 14/02/2018 09:51 0

Video Kajian

Ust. Burhan Shodiq: Sejarah Kelam Valentine’s Day

KIBLAT.NET – Ust. Burhan Shodiq: Sejarah Kelam Valentine’s Day. 14 Februari telah tiba, tradisi tahunan jahiliah...

Rabu, 14/02/2018 09:51 0

Indonesia

Bawaslu Menolak Dituduh Atur Khatib

Buku sederhana berisi kumpulan pidato dan ceramah terkait pemilu yang direncanakan akan terbit dalam dua hingga tiga minggu mendatang ini, kata Afif, sifatnya opsional dan tidak wajib.

Rabu, 14/02/2018 09:48 0

Indonesia

MIUMI Tolak Intervensi Asing dalam Pembahasan RKUHP

“Pertama, peserta rapat yang terdiri lebih dari dua puluh tokoh umat Islam ini mendesak presiden dan DPR untuk menolak intervensi asing berkaitan dengan RKUHP demi harga diri bangsa Indonesia dan kedaulatan hukum nasional,” tegas MIUMI dalam pernyataan akhir yang dibacakan Sekjend MIUMI, Ustadz Bachtiar Nasir.

Rabu, 14/02/2018 09:17 0

Indonesia

Sahabat AILA: Perayaan Valentine Tak Gambarkan Manusia yang Beradab

Suci mengungkapkan, menurut sejarah, valentine sangat jauh dari norma masyarakat sebagai bangsa Indonesia serta budaya Valentine juga jauh dari budaya Indonesia.

Rabu, 14/02/2018 08:07 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Desak Densus 88 Terbuka Soal Kematian MJ

Muhammad Jefri (MJ) dilaporkan meninggal sehari setelah ditangkap Densus 88. Dia dimakamkan diam-diam di rumah orang tuanya di Lampung. Keluarga tak boleh melihat jasadnya

Rabu, 14/02/2018 07:49 0

Indonesia

Bawaslu: Kami Hanya Susun Materi Dakwah Soal Penyelenggaraan Pilkada

"Itu sebenarnya rencana kita untuk melakukan pencegahan. Nah, salah satu aktor yang kita identifikasi aktor potensial untuk melakukan kerjasama adalah tokoh agama, tokoh semua agama yang pasti punya jamaah, dan punya waktu untuk berceramah," ungkapnya saat ditemui Kiblat.net, di kantornya, Jl. M.H. Thamrin No. 14, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (13/02/2018).

Rabu, 14/02/2018 06:54 0

Indonesia

Muhammadiyah: Hari Valentine Tidak Pantas Dirayakan

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua PP Muhammadiyah bidang Tarjih wa Tabligh, Yunahar Ilyas menyoroti masalah Hari...

Selasa, 13/02/2018 22:08 0

Indonesia

Komnas HAM Diminta Dalami Kasus Tewasnya MJ oleh Densus 88

Pada saat penangkapan, Densus 88 juga dikabarkan tidak berkoordinasi dengan keamanan setempat. Ditambah lagi, belum ada informasi resmi soal peran pelaku dalam aksi terorisme hingga ia meninggal.

Selasa, 13/02/2018 19:52 0

Close