... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Keluarga Syok Muhammad Jefri Meninggal Tak Wajar di Tangan Densus 88

Foto: Rumah duka Muhammad Jefri di Desa Kapuran, Pasarmadang, Kota Agung, Tanggamus, Lampung

KIBLAT.NET, Lampung – Kabar kematian terduga teroris tanpa proses peradilan di tangan Densus 88 kembali mencuat. Muhammad Jefri (MJ) (32th ), warga Kecamatan Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat diamankan oleh Densus 88 dalam keadaan sehat pada Rabu (07/02/2018) dan dikabarkan tewas sehari setelahnya. Polisi menyebut-nyebut bahwa MJ memiliki hubungan dengan terpidana teroris yang saat ini berada di Lapas Cipinang, Ali Hamka.

Guna menyingkap tabir kematian MJ, Kiblat.net mencoba mencari informasi dari pihak keluarga di Desa Kapuran, Pasarmadang, Kota Agung, Tanggamus, Lampung, yang sekaligus menjadi tempat persemayaman terakhir MJ. Perjalanan menuju rumah duka memakan waktu sekitar empat jam dari kota Bandarlampung, menggunakan mobil pribadi.

Pemukiman keluarga MJ mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan, yang tidak banyak tahu perkembangan info berita dan hukum. Letak rumah duka tepat berada di pinggir laut.

Siang menjelang petang wartawan Kiblat.net, Hafizh Syarif tiba di rumah duka. Kedatangan Kiblat.net disambut hangat oleh warga sekitar dan keluarga. Sayangnya, ayah kandung MJ, Mukri tidak bisa ditemui langsung. Sejak pagi ia diketahui tidak berada di rumah. Adik kandung MJ, Aci lah yang akhirnya menyambut dan berbincang santai terkait musibah yang menimpa satu-satunya kakak tercinta.

Mendengar kabar duka kematian kakaknya, Aci menuturkan bahwa keluarga langsung syok. Keluarga tak menyangka ajal menjemput MJ dengan cara yang tidak jelas. Bahkan keluarga di Lampung tidak sempat mendengar adanya penangkapan MJ oleh Densus 88, hanya mendapat info kalau MJ telah tiada.

BACA JUGA  Usai Didemo Besar-besaran, Hong Kong Tangguhkan RUU Ekstradisi

“Mendengar kabar meninggalnya kakak, kami sekeluarga syok banget. Sebab yang kita tahu beliau sehat-sehat saja. Bahkan lima bulan sebelumnya sempat berkunjung ke sini bersama istri dan anaknya,” kata Aci kepada Kiblat.net di kediaman rumah duka, Selasa (13/02/2018).

Rumah duka Muhammad Jefri di Desa Kapuran, Pasarmadang, Kota Agung, Tanggamus, Lampung

Rumah duka Muhammad Jefri di Desa Kapuran, Pasarmadang, Kota Agung, Tanggamus, Lampung

Adik MJ dari tiga bersaudara itu mengungkapkan, setelah diinformasikan bahwa MJ meninggal, keluarga diberangkatkan ke Jakarta untuk menjemput jenazahnya. Di rumah sakit yang keluarga tak sempat mengetahui lokasi tepatnya, keluarga diperlihatkan kondisi jenazah MJ. Jenazah dibawa ke Lampung dan tiba di rumah duka waktu Shubuh lalu dimakamkan sekitar pukul 06.00 pagi, Sabtu (10/02/2018).

“Keterangan dokter kepolisian, bahwa almarhum meninggal karena penyakit dalam, tetapi menurut saya semenjak menikah tidak pernah mengidap penyakit dalam. Sehingga tidak mungkin sebegitunya hingga meninggal. Namun, mau bagaimana itu sudah ajalnya,” katanya.

Aci menuturkan sang kakak adalah orang yang baik kepada keluarga dan lingkungan. Sehingga keluarga dan warga di Lampung ini tidak percaya bahwa almarhum dituduh sebagai teroris.

“Kakak saya sudah meninggal tidak perlu diungkit-ungkit lagi, hanya membuat sedih. Biarlah kakak saya tenang di sana. Pemberitaan yang beredar menggambarkan bahwa kakak saya tidak pernah pulang selama 12 tahun, kami tidak terima akan pemberitaan bohong itu tidak ada konfirmasi ke kami. Fitnah yang hanya memperburuk citra,” ujarnya.

BACA JUGA  Seorang Pria Ledakkan 'Bom Bunuh Diri' di Depan Pos Polisi Kartasura

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Dr. Zain An Najah: Valentine, Jangan Salah Menilai Cinta

KIBLAT.NET – Dr. Zain An Najah: Valentine, Jangan Salah Menilai Cinta. Hari ini, 14 Februari...

Rabu, 14/02/2018 09:51 0

Video Kajian

Ust. Burhan Shodiq: Sejarah Kelam Valentine’s Day

KIBLAT.NET – Ust. Burhan Shodiq: Sejarah Kelam Valentine’s Day. 14 Februari telah tiba, tradisi tahunan jahiliah...

Rabu, 14/02/2018 09:51 0

Indonesia

Bawaslu Menolak Dituduh Atur Khatib

Buku sederhana berisi kumpulan pidato dan ceramah terkait pemilu yang direncanakan akan terbit dalam dua hingga tiga minggu mendatang ini, kata Afif, sifatnya opsional dan tidak wajib.

Rabu, 14/02/2018 09:48 0

Indonesia

MIUMI Tolak Intervensi Asing dalam Pembahasan RKUHP

“Pertama, peserta rapat yang terdiri lebih dari dua puluh tokoh umat Islam ini mendesak presiden dan DPR untuk menolak intervensi asing berkaitan dengan RKUHP demi harga diri bangsa Indonesia dan kedaulatan hukum nasional,” tegas MIUMI dalam pernyataan akhir yang dibacakan Sekjend MIUMI, Ustadz Bachtiar Nasir.

Rabu, 14/02/2018 09:17 0

Indonesia

Sahabat AILA: Perayaan Valentine Tak Gambarkan Manusia yang Beradab

Suci mengungkapkan, menurut sejarah, valentine sangat jauh dari norma masyarakat sebagai bangsa Indonesia serta budaya Valentine juga jauh dari budaya Indonesia.

Rabu, 14/02/2018 08:07 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Desak Densus 88 Terbuka Soal Kematian MJ

Muhammad Jefri (MJ) dilaporkan meninggal sehari setelah ditangkap Densus 88. Dia dimakamkan diam-diam di rumah orang tuanya di Lampung. Keluarga tak boleh melihat jasadnya

Rabu, 14/02/2018 07:49 0

Indonesia

Bawaslu: Kami Hanya Susun Materi Dakwah Soal Penyelenggaraan Pilkada

"Itu sebenarnya rencana kita untuk melakukan pencegahan. Nah, salah satu aktor yang kita identifikasi aktor potensial untuk melakukan kerjasama adalah tokoh agama, tokoh semua agama yang pasti punya jamaah, dan punya waktu untuk berceramah," ungkapnya saat ditemui Kiblat.net, di kantornya, Jl. M.H. Thamrin No. 14, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (13/02/2018).

Rabu, 14/02/2018 06:54 0

Indonesia

Muhammadiyah: Hari Valentine Tidak Pantas Dirayakan

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua PP Muhammadiyah bidang Tarjih wa Tabligh, Yunahar Ilyas menyoroti masalah Hari...

Selasa, 13/02/2018 22:08 0

Indonesia

Komnas HAM Diminta Dalami Kasus Tewasnya MJ oleh Densus 88

Pada saat penangkapan, Densus 88 juga dikabarkan tidak berkoordinasi dengan keamanan setempat. Ditambah lagi, belum ada informasi resmi soal peran pelaku dalam aksi terorisme hingga ia meninggal.

Selasa, 13/02/2018 19:52 0

Indonesia

Pembimbing Umroh Baca Pancasila Ketika Sa’i Bikin Riuh Jagad Maya

Belum lama video pembimbing umroh membaca Pancasila ketika melakukan sa'i ramai menjadi perbincangan warganet.

Selasa, 13/02/2018 19:27 0

Close