... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Penyerangan Pemuka Agama Seperti Dikendalikan oleh Skenario Sistemik

Foto: Kyai Umar Basri, Penhasuh Pondok Pesantren Al-Hidayah Sentiong Cicalengka, Bandung.

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muhammad Sirajuddin Syamsuddin menilai penyerangan terhadap ulama dan tokoh Islam, serta pemuka agama lain di Indonesia meyebut kejadian itu seperti dikendalikan oleh skenario sistemik.

Din Syamsuddin mengungkapkan keprihatinannya atas terjadinya penyerangan Gereja St Lidwina di Sleman baru-baru ini. Dia pun mengecam peristiwa itu.

Di saat yang sama mantan Ketua MUI Pusat itu menduga kejadian di Sleman tak berdiri sendiri. Dia lantas menyebutkan penyerangan yang dialami pemuka agama lain, termasuk ulama umat Islam. Din mencatat sejumlah kejadian antara lain kekerasan atas seorang ulama di Cicalengka, penganiayaan seorang aktifis Persatuan Islam (Persis) di Bandung hingga tewas, tindakan tak menyenangkan kepada seorang Bikkhu Buddha di Tangerang, serta ancaman atas tokoh ulama Jawa Barat oleh seorang yang mengaku gila.

“Secara logis dapat diduga tidaklah berdiri sendiri,” kata Din melalui pernyataan tertulis pada Ahad (11/02/2018).

Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, menurut Din, kejadian penyerangan itu terjadi hampir bersamaan. Selain itu sama-sama menyasar lambang-lambang keagamaan, baik figur-figur agama maupun tempat ibadat. Begitu pula, pelakunya disimpulkan sebagai orang gila.

“Berdasarkan hal-hal tadi, kejadian-kejadian tersebut sepertinya dikendalikan oleh suatu skenario sistemik,” ungkapnya.

Din menilai hal itu bertujuan untuk menyebarkan rasa takut dan pertentangan antar umat beragama. “Dan akhirnya menciptakan instabilitas nasional,” tandasnya.

BACA JUGA  Korban Bertambah, Tanggap Darurat Gempa Lombok Diperpanjang

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Mengintip Warung Nasi Ampera, Usaha Wakaf yang Dikelola Wakafpro Sinergi Foundation

Wakafpro Sinergi Foundation telah mengembangkan beberapa usaha wakaf salah satunya Warung Nasi Ampera di Bandung

Senin, 12/02/2018 18:29 0

Suriah

Gempuran ke Idlib Berhenti, Ada Apa?

Ahad (11/02/2018), provinsi Idlib tiba-tiba sepi dari serangan udara jet tempur Rusia dan Suriah, yang selama satu setengah bulan terakhir intens membombardir provinsi tersebut

Senin, 12/02/2018 10:55 0

Belanda

Lagi, Teror terhadap Umat Islam Terjadi di Belanda

serangan itu terjadi sekitar pukul empat pagi waktu setempat. Kamera CCTV sempat merekam pelaku. Dia memecah salah satu jendela masjid dan kemudian menyalakan api di dalamnya.

Senin, 12/02/2018 09:32 0

Turki

Helikopter Turki Ditembak Jatuh di Afrin

"Salah satu helikopter kita jatuh ditembak baru-baru ini. Musibah itu pasti akan terjadi karena kita dalam kondisi perang. Kita kehilangan helikopter tapi mereka harus membayar mahal,” kata Erdogan dalam sebuah pidato di Istanbul di depan anggota Partai AKP.

Senin, 12/02/2018 08:29 0

Afghanistan

Intensifkan Serangan Udara di Afghanistan, AS Sasar Jihadis Uighur

Pasca pengumuman Washington untuk memperluas eskalasi serangan udara di Afghanistan, sejauh ini diakui belum memberikan efek riil secara signifikan dalam perang melawan Taliban.

Senin, 12/02/2018 07:36 0

Myanmar

Pernyataan ARSA Terkait Pembantaian 10 Rohingya di Inn Din

Pada 13 Januari 2018 lalu, gerilyawan Rohingya ARSA telah berbicara terkait perlakuan sadis militer Myanmar itu. Apa kata ARSA? Baca di sini

Ahad, 11/02/2018 16:05 0

Suriah

Bantu Assad Tekan Rakyatnya, Militer Iran Gunakan 9 Bandara Ini

Orang-orang Suriah ramai membicarakan berdirinya sebuah pangkalan udara Iran untuk mengontrol kepentingan strategis Teheran di Suriah pada masa depan.

Ahad, 11/02/2018 13:27 0

Video Kajian

Jadi Tahu: Ulah Orang Gila Merugikan, Bagaimana Hukumnya?

Jadi Tahu: Ulah Orang Gila merugikan, Bagaimana Hukumnya? Bila ulah orang gila merugikan orang lain, misalnya mencuri, melukai orang lain, bahkan membunuh? Apalagi, baru-baru ini, banyak kabar beredar, orang gila menyerang ulama dan membawa senjata tajam, Apakah wajar orang gila melakukan tindakan seperti itu?

Ahad, 11/02/2018 09:52 0

News

Erdogan Klaim Visi Turki Sama dengan Khilafah Utsmaniyah

Republik Turki merupakan kelanjutan dari Khilafah Utsmaniyah. Kata Presiden Recep Tayyip Erdogan saat memberi sambutan dalam acara peringatan seratus tahun meninggalnya Sultan Abdul Hamid II, Sabtu (10/02/2018).

Ahad, 11/02/2018 09:16 0

Amerika

Trump Ingin Gelar Parade Militer, Begini Saran Anggota Senator

"Kenapa sulit menang di Afghanistan, karena presiden terus membuat definisi-definisi (kemenangan) yang mustahil bisa diwujudkan,” kata Paul.

Sabtu, 10/02/2018 17:40 0

Close