... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

Mengintip Warung Nasi Ampera, Usaha Wakaf yang Dikelola Wakafpro Sinergi Foundation

Foto: Ampera Berbasis Wakaf

KIBLAT.NET, Bandung – Selama ini, wakaf mungkin hanya dikenal dan diperuntukkan untuk masjid, sekolah hingga sarana ibadah lainnya. Seiring perjalanan waktu, muncul kembali konsep wakaf produktif yang sebenarnya sudah dijalankan sejak zaman Rasulullah.

Wakafpro Sinergi Foundation telah mengembangkan beberapa usaha wakaf seperti gedung perkantoran, bisnis feysen, hingga rumah makan Warung Nasi Ampera di Bandung.

Adalah Warung Nasi Ampera, yang menjadi salah satu concern Wakafpro Sinergi Foundation yang melalui kiprah fenomenalnya sejak 2009, berikhtiar membumikan paradigma ‘baru’ tentang dunia wakaf.

“Secara fikih, wakaf itu memang harus berkembang. Namun demikian, wakaf produktif masih menjadi barang baru bagi masyarakat. Maka tatkala digulirkan, masih perlu edukasi, bahwa ternyata wakaf dalam bentuk uang itu bisa. Dan wakafnya itu sendiri bisa diproduktifkan dalam pelbagai bidang, salah satunya di bidang bisnis kuliner,” kata deputi CEO Wakafpro Sinergi Foundation, Asep Irawan.

Maka, sejak hampir dua tahun berdirinya aset wakaf ini, tepatnya di awal 2016, Asep menyebut capaian yang diraih sangat positif. Terhitung, setiap bulannya, Warung Nasi Ampera mencapai rata-rata omzet sebesar 500-600 juta rupiah perbulan, atau 20 juta setiap harinya.

Keuntungan dari wakaf produktif ini, katanya, akan disalurkan pada mauquf alaih. Lain hal dengan zakat yang aturan mustahik dan besaran zakatnya jelas, aturan dalam wakaf jauh lebih luwes dan fleksibel. Hanya tentu, katanya, penerima manfaat akan tetap didominasi oleh kaum pinggiran.

BACA JUGA  Relawan KNB Blusukan Bagi-bagi Nasi Bungkus untuk Kaum Dhuafa

“Hasil usaha wakaf digunakan untuk membiayai program sosial seperti layanan kesehatan ibu gratis di Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC), Taman Wakaf Firdaus Memorial Park, hingga program pendidikan seperti Kuttab Al Fatih gratis di Cileunyi,” pungkasnya.

Asep menegaskan, Wakafpro Sinergi Foundation tak berhenti sampai di sana. Ikhtiar menuntaskan agenda-agenda umat itu semakin teguh digiatkan. Sinergi Foundation siap kembali menggelontorkan inovasi-inovasi wakaf, demi kemaslahatan yang lebih luas. Sejumlah rancangan program wakaf sedang disiapkan.

Sumber: Sinergi Foundation Newsroom
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Gempuran ke Idlib Berhenti, Ada Apa?

Ahad (11/02/2018), provinsi Idlib tiba-tiba sepi dari serangan udara jet tempur Rusia dan Suriah, yang selama satu setengah bulan terakhir intens membombardir provinsi tersebut

Senin, 12/02/2018 10:55 0

Belanda

Lagi, Teror terhadap Umat Islam Terjadi di Belanda

serangan itu terjadi sekitar pukul empat pagi waktu setempat. Kamera CCTV sempat merekam pelaku. Dia memecah salah satu jendela masjid dan kemudian menyalakan api di dalamnya.

Senin, 12/02/2018 09:32 0

Turki

Helikopter Turki Ditembak Jatuh di Afrin

"Salah satu helikopter kita jatuh ditembak baru-baru ini. Musibah itu pasti akan terjadi karena kita dalam kondisi perang. Kita kehilangan helikopter tapi mereka harus membayar mahal,” kata Erdogan dalam sebuah pidato di Istanbul di depan anggota Partai AKP.

Senin, 12/02/2018 08:29 0

Afghanistan

Intensifkan Serangan Udara di Afghanistan, AS Sasar Jihadis Uighur

Pasca pengumuman Washington untuk memperluas eskalasi serangan udara di Afghanistan, sejauh ini diakui belum memberikan efek riil secara signifikan dalam perang melawan Taliban.

Senin, 12/02/2018 07:36 0

Indonesia

MUI Surakarta Apresiasi Solo Quran Hours

Ketua Majelis Ulama Surakarta, Ustadz Subari mengapresiasi acara Solo Quran Hours yang diselenggarakan oleh Indonesia Bangkit Dari Masjid (IBM) atas dukungan dari sejumlah elemen umat Islam Solo.

Ahad, 11/02/2018 19:24 0

Myanmar

Pernyataan ARSA Terkait Pembantaian 10 Rohingya di Inn Din

Pada 13 Januari 2018 lalu, gerilyawan Rohingya ARSA telah berbicara terkait perlakuan sadis militer Myanmar itu. Apa kata ARSA? Baca di sini

Ahad, 11/02/2018 16:05 0

Indonesia

Begini Semangatnya Ribuan Warga Ikuti Solo Quran Hours

Ribuan orang hadir dalam acara ini. Hal itu terpantau sejak menjelang acara dimulai. Hingga akhir acara, orang-orang yang ingin menyaksikan acara ini kian bertambah.

Ahad, 11/02/2018 14:59 0

Indonesia

Potongan Zakat Gaji PNS, Jokowi: Masih Wacana Belum Putusan

Presiden Joko Widodo memberikan penjelasan tentang wacana pengumpulan zakat yang diambil dari gaji aparatur sipil negara (ASN) beragama Islam.

Ahad, 11/02/2018 14:23 0

Suriah

Bantu Assad Tekan Rakyatnya, Militer Iran Gunakan 9 Bandara Ini

Orang-orang Suriah ramai membicarakan berdirinya sebuah pangkalan udara Iran untuk mengontrol kepentingan strategis Teheran di Suriah pada masa depan.

Ahad, 11/02/2018 13:27 0

Indonesia

Bawaslu Urusi Khutbah Jumat, Muhammdiyah: Kebesaran Baju!

Maneger Nasution menegaskan bahwa Bawaslu tidak punya kompetensi untuk mengawasi khutbah Jumat.

Ahad, 11/02/2018 13:25 2

Close