... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Intensifkan Serangan Udara di Afghanistan, AS Sasar Jihadis Uighur

Foto: Pejuang Uinghur

KIBLAT.NET, Washington – Pasca pengumuman Washington untuk memperluas eskalasi serangan udara di Afghanistan, sejauh ini diakui belum memberikan efek riil secara signifikan dalam perang melawan Taliban. Namun di sisi lain, Amerika mencoba menyasar faksi-faksi jihadis non-Taliban di Afghanistan utara yang selama beberapa tahun luput dari serangan.

Di awal invasi AS ke Afghanistan satu setengah dekade yang lalu, pejuang-pejuang jihadis Uighur yang tergabung dalam organisasi ETIM (Gerakan Islam Turkistan Timur) kerap menjadi target serangan darat & udara Amerika. Di tengah eskalasi militer Washington saat ini, daerah perbatasan Afghan-Cina di bagian utara kembali menjadi fokus serangan yang secara khusus menargetkan mujahidin Uighur, termasuk elemen-elemen Taliban di area tersebut.

Para pengamat belum mengetahui alasan di balik serangan AS yang tiba-tiba meluas ke wilayah utara, meskipun sebelumnya NATO merilis pernyataan bahwa serangan lintas batas dianggap tidak aman. Otoritas komunis Cina sendiri yang sangat anti terhadap gerakan perlawanan Uighur nampaknya senang dengan “agresi” Amerika ini.

Pemerintah Cina menganggap ETIM sebagai gerakan separatis sekaligus organisasi teroris. ETIM muncul untuk melawan otoritas komunis Beijing yang sangat represif & diskriminatif terhadap komunitas Muslim Uighur di wilayah Xinjiang. Muslim Uighur dilarang memperlihatkan syiar-syiar agama Islam seperti: jenggot, hijab, puasa Ramadhan, membaca al-Quran, bahkan soal makanan halal. Di waktu yang sama, otoritas Cina memaksakan program asimilasi yang akan menghilangkan identitas budaya dan agama warga Uighur.

BACA JUGA  Tak Mampu Pecah Kepungan Taliban, Pasukan Afghanistan Tinggalkan Kota di Furah

Sumber: Antiwar
Redaktur: YasinMuslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

MUI Surakarta Apresiasi Solo Quran Hours

Ketua Majelis Ulama Surakarta, Ustadz Subari mengapresiasi acara Solo Quran Hours yang diselenggarakan oleh Indonesia Bangkit Dari Masjid (IBM) atas dukungan dari sejumlah elemen umat Islam Solo.

Ahad, 11/02/2018 19:24 0

Indonesia

Begini Semangatnya Ribuan Warga Ikuti Solo Quran Hours

Ribuan orang hadir dalam acara ini. Hal itu terpantau sejak menjelang acara dimulai. Hingga akhir acara, orang-orang yang ingin menyaksikan acara ini kian bertambah.

Ahad, 11/02/2018 14:59 0

Indonesia

Potongan Zakat Gaji PNS, Jokowi: Masih Wacana Belum Putusan

Presiden Joko Widodo memberikan penjelasan tentang wacana pengumpulan zakat yang diambil dari gaji aparatur sipil negara (ASN) beragama Islam.

Ahad, 11/02/2018 14:23 0

Indonesia

Bawaslu Urusi Khutbah Jumat, Muhammdiyah: Kebesaran Baju!

Maneger Nasution menegaskan bahwa Bawaslu tidak punya kompetensi untuk mengawasi khutbah Jumat.

Ahad, 11/02/2018 13:25 2

Indonesia

Polisi Klaim Teror Orang Gila di Bandung Tak Saling Berkaitan

Polrestabes Kota Bandung mengklaim bahwa dua peristiwa tindak kriminal penganiayaan ustadz dan penodongan senjata tajam di kota Bandung murni tindak kriminal. Sehingga tidak ada kaitan apapun antar peristiwa.

Ahad, 11/02/2018 12:48 0

Indonesia

Tulisan Wartawan Dikriminalisasi, JITU: Bentuk Kemunduran Reformasi

Jurnalis Islam Bersatu (JITU) sangat menyayangkan upaya yang ditempuh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan melaporkan Asyari Usman ke Kepolisian. Asyari dianggap mencemarkan nama baik ketua umum PPP Romahurmuziy dalam tulisannya. 

Ahad, 11/02/2018 12:12 0

Indonesia

MIUMI Tegaskan Pentingnya Tema Kepemimpinan Umat Islam

Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) menilai kepemimpinan merupakan tema penting umat Islam yang saat ini sangat perlu untuk diseriusi.

Ahad, 11/02/2018 11:38 0

Indonesia

Wartawan Dipolisikan Karena Tulisan, Nasir: Parpol Jangan Anti Kritik

Wartawan senior, Asyari Usman diperiksa di Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (09/02/2018) malam. Asyari dijadikan tersangka, setelah kuasa hukum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) melaporkannya atas tindak pidana pencemaran nama baik.

Ahad, 11/02/2018 11:07 0

Video Kajian

Jadi Tahu: Ulah Orang Gila Merugikan, Bagaimana Hukumnya?

Jadi Tahu: Ulah Orang Gila merugikan, Bagaimana Hukumnya? Bila ulah orang gila merugikan orang lain, misalnya mencuri, melukai orang lain, bahkan membunuh? Apalagi, baru-baru ini, banyak kabar beredar, orang gila menyerang ulama dan membawa senjata tajam, Apakah wajar orang gila melakukan tindakan seperti itu?

Ahad, 11/02/2018 09:52 0

Indonesia

Jurnalis Muslim Harus Perbanyak Tahajud Agar Karyanya Berkualitas

Pemimpin Majelis Az-Zikra, KH. Arifin Ilham berpesan jika jurnalis Muslim ingin karyanya berkualitas, maka harus membiasakan diri melakukan shalat tahajud dan membaca Al-Qur'an.

Ahad, 11/02/2018 09:44 0

Close