... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

DK PBB Kaji Usulan Gencatan Senjata 30 Hari di Suriah

Foto: Rapat DK PBB/Ilustrasi

KIBLAT.NET, New York – Dewan Keamanan (DK) PBB, Jumat (09/02), dilaporkan sedang mengkaji usulan gencatan menyeluruh di Suriah selama 30 hari. Gencatan ini diusulkan untuk memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan, mengevakuasi korban terluka di daerah terblokade.

Rancangan resolusi gencatan sementara yang disusun oleh Swedia dan Kuwait itu dibagikan kepada Negara anggota DK PBB yang berjumlah 15 negara pada Jumat. Usulan ini dinyatakan diterima jika Sembilan dari seluruh anggota DK PBB menyetujui dan tak ada penggunaan veto oleh lima Negara anggota tetap DK PBB, yaitu Rusia, China, Amerika Serikat, Inggris dan Prancis.

PBB pada Selasa menyerukan sebuah gencatan senjata kemanusiaan segera di Suriah selama setidaknya satu bulan. Seruan ini didukung oleh Departemen Luar Negeri dua hari kemudian.

Namun Duta Besar Rusia untuk PBB Vasily Nibenzia mengatakan pada hari Kamis: “Ini tidak realistis. Kami ingin melihat gencatan senjata dan mengakhiri perang di Suriah, tapi saya tidak yakin bahwa teroris akan menyetujuinya. “

Sekutu Rusia, Damaskus, telah menggunakan veto sebanyak 11 kali untuk menghadang pergerakan DK PBB k ke Suriah, sejak perang saudara pecah pada tahun 2011. Moskow melindungi rezim Assad di majelis internasional.

Di antara bunyi resolusi gencatan sementara itu, semua pihak harus segera membuka pengepungan di daerah permukiman, termasuk Ghouta timur, Yarmouk (wilayah kontrol oposisi), al-Fawa dan Kafriya (kampung Syiah pendukung Assad).”

BACA JUGA  PBB Seru Rezim dan Oposisi Suriah Patuhi Kesepakatan Putin-Erdogan

Menurut jadwal, para diplomat di DK PBB mendiskusikan resolusi itu pada Senin mendatang. Tidak jelas apakah Swedia dan Kuwait akan segera mengajukan resolusi itu untuk divoting.

Perlu dicatat, segala upaya diplomatik yang diusulkan untuk permasalahan Suriah selalu gagal. Hak veto yang dimiliki Rusia selalu menjadi penghadang setiap resolusi untuk Negara tersebut.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Racun Budaya Valentine

Atas dasar apakah kaum muslim rela diracun dengan budaya liberal berkedok hari kasih sayang?

Sabtu, 10/02/2018 13:14 0

Indonesia

Orang Gila Bawa Sajam Berkeliaran, Pesantren Az-Zikra Tingkatkan Pengamanan

Peningkatan pengamanan di Az-Zikra dilakukan setelah Ponpes Fajrussalam mengamankan orang gila yang membawa senjata tajam

Sabtu, 10/02/2018 08:39 0

Indonesia

MUI Didesak Bentuk Tim Investigasi Kasus Orang Gila Teror Ulama

MUI diminta membentuk tim investigasi bersama elemen ormas Islam menyusul terjadinya teror orang gila terhadap ulama dan aktivis Islam

Jum'at, 09/02/2018 20:53 0

Indonesia

Polisi Cari Penyebar Kabar Hoax Pembacokan Ustadz di Bogor

Kapolres Bogor, Ajun Komisaris Besar AM Dicky berencana untuk memburu penyebar berita bahwa yang dibacok di daerah Banyu Asih, Cigudeg, Bogor merupakan seorang ustadz.

Jum'at, 09/02/2018 19:00 0

Opini

Banjir Lagi, Jakarta Butuh Lebih Dari Sekadar Pemimpin Mumpuni

Banjir sudah menjadi langganan ibu kota. Setiap  pergantian pemimpin, masyarakat tak henti berharap solusi tuntas persoalan banjir. Pertanyaannya, apakah cukup sosok pemimpin mumpuni menyelesaikan banjir Jakarta?

Jum'at, 09/02/2018 17:54 0

Indonesia

Orang Gila Berkeliaran Bawa Sajam, Ponpes Az-Zikra Akui Ada Keganjilan

Menurut Mudir Tanfidziy Pondok Pesantren Az-Zikra Sentul Bogor Ustadz Ahmad Syuhada, kejadian semacam ini sangatlah ganjil apabila dinalar secara akal sehat.

Jum'at, 09/02/2018 17:09 0

Indonesia

Korban Pembacokan Orang Gila di Bogor Bukan Ustadz

Ia juga mengungkapkan bahwa sebab pembacokan karena masalah harga durian. Selain itu, Dicky juga menyebut bahwa pembacok mengalami gangguan kejiwaan dan masih kerabat korban.

Jum'at, 09/02/2018 16:50 0

Indonesia

Pemerintah Zalim Jika Sembarangan Potong Zakat dari Gaji PNS

Zakit terkait erat dengan nisahb, jadi pemerintah zalim jika sembarangan potong zakat dari gaji PNS

Jum'at, 09/02/2018 16:25 0

Suara Pembaca

Radikalisme Islam, Bahayakah?

Pertanyaannya mengapa jika kata radikalisme disandingkan dengan Islam malah memiliki konotasi negatif?

Jum'at, 09/02/2018 16:12 0

Investigasi

Penganiaya KH Umar Basri Ikut Shalat Subuh Lalu Teriak: Semuanya di Neraka!

Santri asal Majalengka itu melanjutkan, ketika para jamaah wiridan usai shalat pelaku justru bertingkah aneh dengan menendang kotak kayu tempat azan, sambil mengatakan: ieu mah pinerakaeun, nu di dieu mah pinerakaeun kabeh (ini mah neraka, yang di sini neraka semua).

Jum'at, 09/02/2018 15:25 0

Close