... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Koalisi AS Serang Milisi Assad, untuk Bela Rakyat Suriah?

Foto: Jet tempur koalisi AS/ilustrasi

KIBLAT.NET, Deir Zour – Sedikitnya 100 milisi pro-rezim Suriah Bashar Assad tewas oleh serangan udara koalisi AS. Seorang perwira militer Suriah mengatakan milisi yang tewas berasal dari kelompok Syiah Bakr dari provinsi Deir Zour, Suriah bagian tenggara.

Media yang berafiliasi dengan Rezim menolak jumlah yang tewas. Reuters melaporkan, berdasarkan laporan seorang komandan Suriah, bahwa tujuh militan tewas dan 27 lainnya cedera. Kendati demikian, serangan koalisi terhadap elemen pro-Assad telah jelas terkonfirmasi.

“Dalam mempertahankan kekuatan koalisi dan mitra, koalisi melakukan serangan,” begitu kata Komando Pusat Militer AS sehari setelahnya, dengan menyebut bahwa milisi lah yang memulai serangan tak beralasan terhadap pasukan Kurdi SDF.

Menurut laporan The New York Times, saling serang antar keduanya terjadi di Suriah bagian timur, pada Rabu (06/02/2018). Pasukan Rezim dan sekutunya bersaing dengan pasukan SDF yang bersekutu dengan AS, untuk merebut wilayah yang kaya akan minyak dan gas alam.

Kementerian Pertahanan Rusia menyebut bahwa tujuan pasukan koalisi AS adalah mempertahankan dan menguasai aset ekonomi di wilayah tersebut. Di sisi lain, pejabat Amerika mengatakan bahwa serangan udara yang dilakukan senantiasa dikoordinasikan dengan militer Rusia.

Aaron David Miller, seorang analis Timur Tengah di Center Wilson, mengatakan bahwa pasukan pro-Assad tampaknya sedang menguji tekad koalisi AS. Namun, ia tidak bisa memastikan serangan itu menandai fase baru perang antara AS dan Suriah.

BACA JUGA  KBRI Pulangkan 13 TKI dari Suriah, 10 Diantaranya Terindikasi Korban Perdagangan Manusia

“Kami (Amerika) sekarang melindungi wilayah seukuran Indiana dan memperdalam komitmen kami terhadap SDF, tanpa perasaan ke mana tujuan ini, tidak ada strategi, tidak ada rasa puas,” kata Miller, yang juga seorang Presiden salah satu negara bagian AS.

Untuk diketahui, pertempuran di provinsi Deir Zour terjadi di antara Sungai Efrat dan perbatasan Iraq. Pentagon mengatakan milisi pro-Assad telah menyerang sekitar lima mil sebelah timur jalur non-konfrontasi di Sungai Efrat yang disepakati.

Wilayah itu telah berkembang menjadi titik pertempuran yang potensial, di mana pasukan koalisi AS dan Kurdi SDF mengendalikan sebagian besar wilayah timur laut sungai (yang memiliki produksi minyak besar). Sementara pasukan Assad dan sekutunya mengendalikan sebagian besar wilayah di barat daya sungai.

Amerika sendiri telah berkomitmen untuk membantu pasukan SDF dalam mempertahankan wilayahnya, dengan tujuan agar ISIS tidak kembali. Artinya, Amerika tidak bermaksud membela kepentingan rakyat Suriah secara umum dengan melakukan konfrontasi dengan rezim Suriah. Sesuatu hal yang terbukti ketika AS meluncurkan rudal ke pangkalan udara Shayrat Suriah pasca tragedi Khan Sheikhoun.

Sumber: The New York Times, ABC News
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Investigasi

Penganiaya KH Umar Basri Ikut Shalat Subuh Lalu Teriak: Semuanya di Neraka!

Santri asal Majalengka itu melanjutkan, ketika para jamaah wiridan usai shalat pelaku justru bertingkah aneh dengan menendang kotak kayu tempat azan, sambil mengatakan: ieu mah pinerakaeun, nu di dieu mah pinerakaeun kabeh (ini mah neraka, yang di sini neraka semua).

Jum'at, 09/02/2018 15:25 0

Investigasi

Ada Upaya Adu Domba NU-Persis Usai Serangan Orang Gila di Bandung

"Katanya, penganiayaan Ketua Brigade Persis adalah bentuk balas dendam atas penganiayaan KH Umar Basri. Astagfirullah, sampai sejahat itu ingin mengadu-domba umat Islam," ujarnya.

Jum'at, 09/02/2018 14:45 0

Video Kajian

Al-Qur’an Turun Untuk Menyatukan Umat

KIBLAT.NET – Adakalanya seorang yang baru belajar bahasa Arab sedikit saja, ia merasa telah menguasai...

Jum'at, 09/02/2018 11:53 0

Feature

Belilah Meski Engkau Tak Butuh, Cerita Inspiratif Seorang Jurnalis

Siang itu kendaraanku terhenti ketika melihat seorang kakek yang tengah beristirahat di pinggir jalan sambil memijit kakinya yang sudah tampak keriput dan rapuh.

Jum'at, 09/02/2018 11:10 0

Indonesia

Sambangi Ormas Islam, Tito Karnavian Bicara Tahun Politik

Kedatangan Tito bersama dengan rombongan Mabes Polri rupanya tidak hanya sebatas bersilaturahmi saja.

Kamis, 08/02/2018 17:19 0

Info Event

Hadirilah! Tabligh Akbar Islam Bicara Valentine’s Day di Bekasi

Anda tentu sudah tak asing dengan kata satu ini. Valentine’s Day. Saya yakin, kata tersebut sudah kian marak terdengar di telinga Anda selama hidup. Hari Valentine di mata banyak orang, diidentikkan dengan hari kasih sayang.

Kamis, 08/02/2018 16:02 0

Suara Pembaca

Darurat Bencana, Ada Apa Dengan Indonesia?

Maraknya bencana yang beruntun menimpa negeri gemah ripah loh jinawi ini patut untuk kita renungi. Sebagai seorang muslim kita harus menggunakan kacamata keimanan dalam menyikapi setiap kejadian, termasuk bencana yang kini terjadi.

Kamis, 08/02/2018 15:25 0

Indonesia

Lagi, Masjid At-Tawakkal Bandung Disambangi Orang Gila Berpisau

Ujang menuturkan, awalnya dia hanya mendapat laporan dari pekerja bangunan yang sedang merenovasi masjid bahwa ada seorang dengan gerak-gerik mencurigakan.

Kamis, 08/02/2018 14:40 0

Indonesia

Wasekjen MUI: Umat Harus Jaga Ulamanya

Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), ustadz Zaitun Rasmin meminta segenap masyarakat untuk menjaga ulama di sekitarnya setelah maraknya kasus 'orang gila' yang menyerang sejumlah ustadz dan santri.

Kamis, 08/02/2018 14:34 0

Indonesia

Laporan Perjalanan Wartawan JITU ke Agats: Kota Tanpa Polusi

Penggunaan motor listrik juga berimbas pada tingkat kebisingan kota. Meskipun banyak kendaraan berseliweran, tetapi bisa di bilang jalanan di Agats adalah jalanan paling sunyi. Tak ada suara bising dari tarikan gas pengendara. Jika tak hati-hati, pejalan kaki bisa bertabrakan dengan pengendara.

Kamis, 08/02/2018 14:12 0

Close