... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AS Ingin Taliban Duduk di Meja Perundingan

Foto: Unit Pasukan Khusus Taliban Afghanistan/ilustrasi

KIBLAT.NET, Washington – Wakil Menteri Luar Negeri AS, John Sullivan, mengatakan pada Selasa (06/02) bahwa negaranya masih berupaya mendorong Taliban ke meja perundingan dalam rangka membicarakan solusi politik konflik di Afghanistan.

Di hadapan Senat bagian Komite Urusan Luar Negeri, Sullivan meyakinkan bahwa semua pemimpin Afghanistan telah berjanji mengupayakan terciptanya suatu kondisi yang dapat membawa Taliban ke meja perundingan. Menurutnya, masih ada tempat bagi kelompok tersebut di meja perundingan. Akan tetapi, dia mengecualikan bagian kelompok Taliban yang beberapa hari lalu meluncurkan serangan ke ibukota Kabul dan menewaskan ratusan korban.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya telah membuka pintu dialog semacam itu. Namun pintu itu kembali ditutup menyusul serangan besar Taliban di Kabul.

Menanggapi pertanyaan seorang senator dari Partai Demokrat mengenai adanya ketidaksamaan antara pernyataannya dengan pernyataan Presiden Trump, Sullivan mengatakan bahwa di tubuh Taliban ada kelompok “moderat” dan kelompok ekstremis.

Sullivan menambahkan bahwa presiden mengatakan hal itu dalam konteks berbicara sebagai reaksi terhadap “tindakan teroris yang menghebohkan”. Dia juga menambahkan bahwa sebagian besar Taliban belum siap bernegosiasi dan akan membutuhkan waktu lama untuk menunjukkan kesediaan mereka.

Dia menunjukkan, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani juga bersedia mendukung upaya negosiasi ini.

Negosiasi ini diserukan di saat Taliban meraih kekuataannya kembali menyusul penarikan pasukan asing pada 2014, setelah menghabiskan banyak dana untuk memerangi Taliban. Laporan BBC menyebut, setidaknya 70% wilayah Afghanistan, menurut laporan BBC.

BACA JUGA  Penembakan Brutal Kembali Terjadi di Texas, 7 Tewas dan 22 Terluka

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Mahfud MD kepada Menag: Hati-Hati Pak Menteri

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, beberapa waktu lalu mengatakan bahwa pemerintah sedang mempersiapkan aturan mengenai pungutan zakat yang berasal dari pemotongan gaji ASN atau PNS yang beragama Islam.

Kamis, 08/02/2018 07:34 0

Indonesia

Pasal Penghinaan Presiden Dapat Munculkan Ketidakpastian Hukum

"Presiden dan Wapres tidaklah boleh mendapatkan perlakuan privilege hukum secara diskriminatif berbeda dengan kedudukan rakyat," lanjutnya.

Kamis, 08/02/2018 07:21 0

Profil

Amatullah Al-Masriyyah, Muslimah dalam Tiga Medan Jihad

Setelah tumbuh dan berkembang di Afganistan, Muslimah yang bernama Amatullah Al-Mashriyyah ikut dengan suaminya ke Yaman. Namun dia dan keluarga kembali lagi ke Afganistan

Kamis, 08/02/2018 05:32 0

Indonesia

Temui MOI, Tito Karnavian Sampaikan Pembelaan Terkait Pidatonya

Setelah menjadi soroton umat Islam terkat video pidato Tito Karnavian di media sosial yang mengatakan, hanya NU dan Muhammadiyah pendiri NKRI. Kapolri Tito Karnavian mengunjungi Dewan Dakwah Islam Indonesia.

Rabu, 07/02/2018 22:25 0

Indonesia

Soal Videonya yang Viral, Ini Alasan Tito Karnavian

Kapolri Tito Karnavian berkunjung ke gedung DDII, Jalan Kramat Raya Senen, Jakarta Pusat pada Rabu (07/02/2018).

Rabu, 07/02/2018 21:56 0

Indonesia

Bachtiar Nasir: LGBT Itu Kreatif Tapi Jorok

Ustadz Bachtiar Nasir menganggap pelaku LGBT sebagai makhluk paling kreatif di dunia. Sayangnya, kreatifitas itu tak bernilai positif.

Rabu, 07/02/2018 17:39 0

Indonesia

Ingin Bergabung dengan AILA? Ini Solusinya

Pasca melakukan permohan judicial review di Mahkamah Konstitusi terkait Pasal Keasusilaan, nama Aliansi Cinta Keluarga (AILA) Indonesia kian menggema.

Rabu, 07/02/2018 16:46 0

Indonesia

Jamaah Ansharusy Syariah Sukses Gelar Seminar Kepemimpinan Islam

Jamaah Ansharusy Syariah sukses menggelar Seminar Kepemimipinan Islam bertajuk “Kepemimpinan Islam dalam Dinamika Politik Indonesia” di Hotel Sofyan Betawi, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018).

Rabu, 07/02/2018 14:52 0

Indonesia

Jamaah Ansharusy Syariah Dorong Adanya Sinergi Gerakan Islam Intra-Ekstra Parlemen

“Dua gerakan yang secara pemikiran ideologi maupun langkah seakan-akan dua kutub yang tidak bisa disatukan ini harus bisa menyatu dengan berbagai perbedaan yang ada.

Rabu, 07/02/2018 14:35 0

Indonesia

Ustadz Diserang, JAS: Perlu Laskar untuk Mengawal Dakwah

Amir Jamaah Ansharusy Syariah (JAS), Muhammad Achwan turut berkomentar dalam kasus penyerangan terhadap ustadz yang terjadi beberapa waktu lalu.

Rabu, 07/02/2018 14:03 0

Close