... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Serangan Udara Meningkat, Kondisi Idlib-Ghauta Makin Mencemaskan

Foto: Serangan Udara Suriah Tewaskan 29 Orang Ilustrasi serangan udara Suriah. (Reuters/Diaa Al-Din)

KIBLAT.NET, Idlib – Dua kawasan besar yang dikuasai oposisi menjadi incaran Rusia dan Suriah belakangan ini. Sedikitnya ada 29 korban tewas akibat serangan udara di Idlib dan Ghauta.

Sayangnya, dalam serangan tersebut senjata kimia kembali dimainkan. Hal itu terbukti dari laporan para petugas penyelamat dan lembaga pengamat konflik Suriah yang menemukan sejumlah korban keracunan gas di Idlib.

Pemerintahan Presiden Bashar al-Assad telah bersumpah untuk merebut kembali semua wilayah Suriah dari oposisi. Konflik yang telah berlangsung selama tujuh tahun itu telah mengakibatkan perebutan wilayah antara oposisi dan rezim Suriah.

Namun kini kondisi buruk mengancam para sipil. Kawasan yang dikuasai oposisi di Ghauta yang telah dikepung selama bertahun-tahun semakin diperketat dalam sebulan terakhir. Hal yang sama juga terjadi di Idlib. Rezim Suriah bersama Rusia semakin meningkatkan serangan ke kawasan yang dikuasai oposisi tersebut.

Syrian Observatory for Human Rights, kelompok pengawas perang yang berbasis di Inggris, menyatakan bahwa serangan udara Suriah di timur Ghouta menghantam Zamalka, Arbaeen, Hazza dan Beitu Soua, menewaskan setidaknya 29 orang, Senin (06/02/2018).

Kondisi penduduk di Ghauta menjadi perhatian saat ini. Pengepungan yang tak kunjung usai telah menghambat akses bantuan. Sedangkan stok makanan dan obat-obatan bagi penduduk dilaporkan habis.

Di Idlib, sehari setelah pesawat tempur Rusia dijatuhkan oposisi, pada Ahad malam Rusia dan Suriah meningkatkan serangan ke sejumlah titik. Serangan itu mendapat sorotan serius dari berbagai pihak, setelah ditemukan senjata-senjata kimia yang turut digunakan.

BACA JUGA  Pasca Kematian Baghdadi, Begini Peta Keberadaan ISIS

Petugas penyelamat mengatakan setidaknya sembilan orang menderita masalah pernapasan akibat senjata kimia yang dijatuhkan dari udara. Sedangkan ada tiga rumah sakit yang menjadi target serangan.

The Syrian American Medical Society (SAMS), badan amal yang mendukung rumah sakit di Suriah, mengatakan bahwa para dokter di Idlib melaporkan 11 pasien dengan gejala yang mengindikasikan penggunaan klorin.

Dua barel berisi gas kimia telah diturunkan dari helikopter pada hari Ahad malam. Hal itu diutarakan oleh Radi Saad, petugas penyelamat dari White Helm yang beroperasi di Idlib.

Sumber: Reuters
Redaktur: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Fenomena Orang Gila, FUUI: Adakah Kaitan dengan Pilkada?

Forum Ulama Umat Indonesia (FUUI) turut prihatin atas peristiwa penganiayaan ulama di beberapa daerah akhir-akhir ini. Terlebih, pelakunya diduga merupakan orang gila.

Selasa, 06/02/2018 17:01 0

Indonesia

Hak Konstitusional Pelaku LGBT Pengobatan, Bukan Pengakuan

Pakar hukum dari Universitas Padjajaran, Dr. Atip Latipulhayat mengungkapkan bahwa perilaku Lesbian, Gay, Bisexual, dan Transgender (LGBT) adalah sebuah penyakit, bukan sebuah pendirian atau jalan hidup.

Selasa, 06/02/2018 16:23 0

Indonesia

Teror Orang Gila, Masyarakat Diminta Tenang Tapi Waspada

Kasus-kasus orang gila yang menyerang ulama turut menjadi perhatian Ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat (MUI Jabar), KH. Rachmat Syafei.

Selasa, 06/02/2018 14:48 0

Indonesia

MUI Jabar Prihatin dengan Kasus Orang Gila Serang Ustadz

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, KH. Rachmat Syafei mengaku prihatin dengan fenomena orang gila yang menyerang para ustadz dan ulama. Pihaknya secara tegas mengecam tindakan tersebut. 

Selasa, 06/02/2018 13:19 0

Indonesia

Warga Tolak Rencana Pemkot Solo Bangun Masjid Sriwedari

Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk membangun Masjid Taman Sriwedari mendapat penolakan dari sejumlah kelompok masyarakat.

Selasa, 06/02/2018 12:22 0

Indonesia

FSGI Dorong Pemerintah Perbaiki Sistem Pendidikan Guru

Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menyoroti tingginya kasus kekerasan dalam dunia pendidikan, baik yang dilakukan oleh pendidik maupun peserta didik.

Selasa, 06/02/2018 11:21 0

Opini

Murid Aniaya Guru Hingga Meninggal “Hal yang Wajar”

Disadari atau tidak, pendidikan merupakan bidang yang sangat penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia. Sehingga tujuan pendidikan yang ada di suatu negeri tentunya harus dirumuskan dengan sebaik-baiknya.

Selasa, 06/02/2018 10:40 1

Video Kajian

Muslim Tidak Suka Islam Jaya, Tanya Kenapa?

KIBLAT.NET – Muslim Tidak Suka Islam Jaya, Tanya Kenapa? Sebagian orang yang secara lahir tampak...

Selasa, 06/02/2018 10:09 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Urusan Dunia Melalaikan Manusia

KIBLAT.NET – Ust. Abu Rusydan: Urusan Dunia Melalaikan Manusia. Kesibukan dunia dan himpitan kebutuhan hidup...

Selasa, 06/02/2018 10:05 0

Indonesia

FPMI: Teror Ulama Sama Saja Teror Umat Islam

“Segala bentuk teror kepada ulama sama halnya melakukan teror kepada umat Islam. Tentu kondisi ini tidak akan pernah kami diamkan. Kami akan mengecam segala bentuk teror kepada umat Islam dan teror kepada ulama, serta kami akan melakukan pembelaan kepada para ulama dan umat Islam yang terzalimi,” pungkasnya.

Selasa, 06/02/2018 09:36 0

Close