... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Poligami dan Nikah Siri Dijerat Pasal? Ini Kata Pakar Hukum

Foto: Ilustrasi. (Ilgiomale)

KIBLAT.NET, Jakarta – Pakar hukum pidana dari UII Yogyakarta, Muzakir menegaskan bahwa poligami dan nikah siri tidak bisa dipidana. Ia juga membantah pendapat peneliti Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), Ajeng Gandini bahwa perluasan pasal zina dapat menyasar pelaku nikah siri dan poligami.

Muzakir menjelaskan bahwa nikah siri dan poligami jelas secara praktik dan sah di mata agama, seperti adanya saksi, wali meskipun tidak tercatat secara resmi. Ia pun menolak perluasan pasal zina mengarah pada nikah siri dan poligami.

“Prinsip nya itu begini, nikah siri dan poligami nggak akan dipidana, karena untuk mengukur penyimpanan seksual adalah dengan UU perkawinan. Kalau poligami itu sejalan dengan UU perkawinan ya sah-sah saja, bisa dibaca pasal 3 mengatakan boleh untuk poligami, yang tidak boleh itu poliandri, prinsipnya seperti itu,” ungkap Muzakkir usai mengisi seminar kebangsaan bertema: Zina dan LGBT dalam Tinjauan Konstitusi, Gedung Nusantara V MPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (06/02/2018).

Sebaliknya, Muzakir menilai yang harusnya dikenai perluasan pasal zina adalah pelaku pasangan yang melakukan zina meski suka sama suka. Lalu soal persoalan tidak tercatatnya pernikahan siri secara resmi, Muzakir mengungkapkan selama dokumen dan saksi yang sah jelas adanya, maka tidak menjadi masalah.

“Penegasan lebih lanjut itu adalah bagaimana jika poligami yang tidak tercatat kan. Kan penting ada dokumen, karena nanti itu jangan sampai kedepannya dituduh kumpul kebo atau dituduh berzina padahal dia sudah menikah. Karena tidak bisa menunjukkan bukti-bukti suratnya,” ujar Muzakir.

BACA JUGA  Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi, PBB Resmi Dukung Jokowi?

“Namun ada saksi sah dalam nikah siri maupun poligami. Karenanya harus ada usulan lebih lanjut dalam konteks itu tentang status poligami yang sebagiannya itu dilakukan dengan nikah siri itu harus dilakukan penegasan saja, diatur bukti-buktinya apa, agar tidak bisa dikenakan pasal zina, atau mungkin pasal-pasal lain terkait kesusilaan,” tukasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Serangan Udara Meningkat, Kondisi Idlib-Ghauta Makin Mencemaskan

Dua kawasan besar yang dikuasai oposisi menjadi incaran Rusia dan Suriah belakangan ini. Sedikitnya ada 29 korban tewas akibat serangan udara di Idlib dan Ghauta.

Selasa, 06/02/2018 18:15 0

Suriah

Begini Kronologi Jatuhnya Pesawat Sukhoi di Idlib Versi Rusia

Jatuhnya pesawat tempur jenis Sukhoi milik Rusia di tangan oposisi di Idlib merupakan pertama kalinya terjadi. Pesawat itu ditempak jatuh oleh pejuang dari Haiah Tahrir Al-Syam pada Sabtu (03/02/2018).

Selasa, 06/02/2018 16:09 0

Suriah

Pengungsi Suriah Terancam Dipulangkan Paksa ke Negara Asal

Pengungsi Suriah terancam dipulangkan ke negara asalnya menurut laporan lembaga-lembaga kemanusiaan terkemuka.

Selasa, 06/02/2018 14:41 0

Rusia

Pejuang Suriah Miliki Rudal Anti Pesawat, Rusia Sebut Ancaman Besar

“Sistem pertahanan udara portabel yang dimiliki dan digunakan oposisi Suriah merupakan ancaman besar bagi semua pemerintah,” kata juru pemerintah Rusia, Dmitry Piskov, Senin (05/02), seperti dilansir Reuters.

Selasa, 06/02/2018 11:10 0

Opini

Murid Aniaya Guru Hingga Meninggal “Hal yang Wajar”

Disadari atau tidak, pendidikan merupakan bidang yang sangat penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia. Sehingga tujuan pendidikan yang ada di suatu negeri tentunya harus dirumuskan dengan sebaik-baiknya.

Selasa, 06/02/2018 10:40 1

Video Kajian

Muslim Tidak Suka Islam Jaya, Tanya Kenapa?

KIBLAT.NET – Muslim Tidak Suka Islam Jaya, Tanya Kenapa? Sebagian orang yang secara lahir tampak...

Selasa, 06/02/2018 10:09 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Urusan Dunia Melalaikan Manusia

KIBLAT.NET – Ust. Abu Rusydan: Urusan Dunia Melalaikan Manusia. Kesibukan dunia dan himpitan kebutuhan hidup...

Selasa, 06/02/2018 10:05 0

Suriah

Serangan Udara Kembali Meningkat di Ghautah Timur, Damaskus

Pasukan pemerintah rezim Assad dilaporkan kembali melakukan penyerangan di wilayah Ghouta Timur.

Selasa, 06/02/2018 09:28 0

Rusia

Rusia Instruksikan Jetnya Terbang Lebih Tinggi di Suriah

Pejuang Suriah diketahui memiliki rudal portable yang ditembakkan dari atas pundak itu setelah berhasil menembak jatuh SU 25 milik Rusia di Idlib, Sabtu lalu.

Selasa, 06/02/2018 08:36 0

Irak

Gerilyawan “Bendera Putih” Ancam Jalur Minyak Iran-Iraq

"Kelompok yang disebut Bendera Putih tidak ada hubungannya dengan Da'ash (ISIS) atau Pemerintah Daerah Kurdistan," kata Hashemi.

Selasa, 06/02/2018 07:50 0

Close