... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gerilyawan “Bendera Putih” Ancam Jalur Minyak Iran-Iraq

Foto: Tentara Iraq

KIBLAT.NET, Baghdad – Militer Iraq dilaporkan tengah bersiap meluncurkan operasi untuk meningkatkan kontrol atas wilayah yang dekat dengan perbatasan dengan Iran. Operasi ini bertujuan mengamankan jalur pipa minyak ke Negara tetangga Iraq itu.

Sumber pejabat Iraq mengatakan kepada Reuters, Senin (05/02), bahwa operasi pengamanan wilayah pegunungan Hamrin di perbatasan dengan Iran telah dimulai pekan ini. Wilayah ini terletak antara lading minyak Kirkuk dan Khanaqin di perbatasan dengan Iran.

Para pejabat Iraq pada Desember lalu mengumumkan rencana untuk mengirim minyak mentah dari Kirkuk ke kilang Iran Kermanshah. Menurut rencana, pengiriman itu dimulai pekan lalu. Pemerintah Baghdad menolak memberi alasan tertundanya pengiriman itu.

Sumber keamanan, Senin, mengatakan bahwa sedikitnya enam anggota milisi Syiah Al-Hasd Al-Syakbi, milisi sektarian pro-pemerintah, tewas saat pos pemeriksaan keamanan tempat mereka bertugas diserang. Pos itu sendiri terletak di selatan pegunungan Hamrin di rute yang akan dilintasi jalur pengiriman minyak ke Iran.

Sementara itu, sumber pejabat pemerintah tidak merinci potensi ancaman terhadap wilayah pegunungan Hamrin. Akan tetapi, sedikitnya terdapat dua kelompok bersenjata yang diketahui aktif di wilayah tersebut. Kelompok pertama merupakan sisa-sisa anggota Daulah Islamiyah (ISIS) dan kelompok kedua merupakan gerilyawan yang dikenal dengan nama “Bendera Putih”.

Hisham al-Hashemi, seorang analis keamanan di Baghdad, lebih meyakini kelompok yang melakukan serangan itu “Bendera Putih”. Mereka dari suku Kurdi yang mengungsi sebagian wilayah Kirkuk dan Tuzhurkumato pada Oktober ketika pasukan Irak dan milisi Syiah merebut wilayah pegunungan itu.

BACA JUGA  Bom Lukai Lima Pasukan Khusus Italia di Irak, Satu Kehilangan Kaki

“Kelompok yang disebut Bendera Putih tidak ada hubungannya dengan Da’ash (ISIS) atau Pemerintah Daerah Kurdistan,” kata Hashemi.

Pejabat militer Iraq mengakui kehadiran kelompok Bendera Putih tersebut, namun menolak memberikan komentar mengenai unsur-unsur yang dibuat atau para pemimpinnya.

“Tentu saja pemerintah Kurdistan tidak ada hubungannya dengan kelompok ini,” kata seorang pejabat Kurdi kepada Reuters.

Perjanjian untuk mengangkut minyak mentah dengan truk merupakan bagian dari kesepakatan pertukaran minyak yang diumumkan oleh Iraq dan Iran pada bulan Desember untuk memungkinkan dimulainya kembali ekspor minyak dari Kirkuk.

Irakqdan Iran setuju untuk menukar sampai 60.000 barel per hari minyak mentah yang diproduksi di Kirkuk dengan minyak Iran untuk dipindahkan ke Iraq selatan.

Penjualan minyak mentah Kirkuk telah terhenti sejak pasukan Iraq menguasai wilayah Kurdi pada bulan Oktober.

Suku Kurdi mengendalikan Kirkuk pada tahun 2014 ketika tentara Iraq mundur menyusul kemajuan ISIS.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Sinergi Ulama dan Jurnalis Penting untuk Kekuatan Dakwah

Wakil ketua umum Persis, Ustadz Jeje Zainuddin kekuatan lisan para ulama ini dibantu oleh pena dari para jurnalis

Senin, 05/02/2018 23:14 0

Indonesia

Kondisi Kejiwaan Penganiaya Ustadz Harus Dipastikan

Anggota DPD RI, Fahira Idris menuntut aparat kepolisian bergerak cepat mengusut kasus penganiayaan terhadap dua ustadz di dalam sepekan terakhir.

Senin, 05/02/2018 22:05 0

Indonesia

Akui Muhammad sebagai Nabi, Kenapa Yahudi Tak Masuk Islam?

Yuk simak penuturan mantan pendeta, H. Ahmad Kainama.

Senin, 05/02/2018 21:54 1

Indonesia

Fahira Idris: Motif Orang Gila Aniaya Ustadz Ganjil

Pasalnya fenomena orang diduga gila aniaya ustadz, hanya dalam hitungan minggu terjadi dua peristiwa.

Senin, 05/02/2018 21:26 0

Indonesia

Puisi Fadli Zon: Sajak Peluit Kartu Kuning

Tulisan puisi Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon kembali mendayu, kini puisi itu menyoroti kartu kuning Presiden Jokowi dari Ketua BEM UI saat acara Dies Natalis UI, Jumat, (02/02/2018).

Senin, 05/02/2018 19:02 0

Indonesia

Diminta Jokowi ke Asmat, Begini Jawaban BEM UI

Aksi kartu kuning diberikan oleh Ketua BEM Universitas Indonesia (UI), M. Zaadit Taqwa memancing respon dari Presiden Jokowi.

Senin, 05/02/2018 18:35 0

Suara Pembaca

Di Tengah Maraknya LGBT, Muncul Monster Baru Bernama Sarkoma Kaposi

Di tengah maraknya aksi Lesbian, Gay, Biseksual, dan Trans gender, tiba-tiba kembali kita dikejutkan dengan fakta baru tentang sabuah penyakit mematikan bernama Sarkoma Kaposi.

Senin, 05/02/2018 16:04 0

Indonesia

Soal Pj Gubernur, Wiranto: Belum Dijawab Tapi Sudah Ada Reaksi Panas

"Belum dijawab sebenernya apalagi di SK-kan oleh suatu SK yang resmi. Belum. Tapi kan sudah ada reaksi yang cukup panas dari berbagai pihak. Oleh karena itu kami sudah melakukan suatu rapat koordinasi," jelas Wiranto, di kantor Kemenkopolhukam,

Senin, 05/02/2018 14:52 0

Video News

Detik-detik Pejuang Suriah Tembak Jatuh SU-25 Rusia

Pejuang Suriah, Sabtu lalu (03/02), mengejutkan Rusia. Tanpa diduga, pejuang berhasil menembak jatuh jet tempur canggihnya SU-25 yang tengah menjalankan operasi penggempuran di Idlib.

Senin, 05/02/2018 14:51 0

Indonesia

Ustadz Prawoto Tewas Dianiaya “Orang Gila”, Ini Imbauan Persis 

Pertama, kepada seluruh Pimpinan dan anggota Brigade Persatuan Islam agar terus memperkuat soliditas, kedisiplinan, kewaspadaan, dan meningkatkan kemampuan pertahanan diri serta kecakapan pengawalan terhadap para ulama, asatidz, dan aset Jamiyah dimanapun berada sehingga peristiwa serupa tidak lagi terjadi.

Senin, 05/02/2018 12:55 0

Close