... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

FSGI Dorong Pemerintah Perbaiki Sistem Pendidikan Guru

Foto: Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Foto: Netralitas

KIBLAT.NET, Jakarta – Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menyoroti tingginya kasus kekerasan dalam dunia pendidikan, baik yang dilakukan oleh pendidik maupun peserta didik. Kasus yang belum lama terjadi yakni seorang guru di Sampang yang tewas setelah dianiaya siswanya.

“Siswa memukul guru tentulah tindakan yang jelas tidak dibenarkan dan hukum harus ditegakkan. Namun, guru memukul murid, tentu juga tidak dibenarkan dan dapat dipidana,” kata Sekjen FSGI, Heru Purnomo melalui penyataan tertulis yang diterima Kiblat.net, Selasa (06/02/2018).

Heru menyebut kasus pemukulan seorang guru terhadap siswa memang menjadi perdebatan. “Tidak jarang pemukulan berdiri atas nama disiplin atau demi prinsip pedagogis (seni mengajar). Tidak sedikit juga mereka yang tidak setuju pemukulan dilakukan guru apapun alasannya,” ujar Heru.

Dalam Rapat Dengar Pendapat Umum di DPR-RI, FSGI menyampaikan tingginya kasus kekerasan di sekolah seharusnya menjadi momentum para pendidik melalui organisasi-organisasi profesi guru untuk mendorong pemerintah memperbaiki sistem pendidikan dan sistem perlindungan guru dalam menjalankan profesinya.

“Guru seharusnya mendapatkan pelatihan yang tidak melulu tentang metode pembelajaran, tetapi juga keterampilan mencegah dan menangani kekerasan di sekolah,” ujar Heru.

FSGI juga mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama Republik Indonesia serta dinas-dinas terkait, supaya membuat program berkelanjutan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam jabatan, terutama dalam mencegah dan menangani kekerasan di sekolah.

BACA JUGA  Habib Rizieq Bantah Tak Lapor KBRI di Arab Saudi Soal Pencekalan

“Karena banyak guru yang tidak paham bagaimana mengatasi misbehaviour (perilaku menyimpang) siswa di kelas. Kasus yang terjadi di Sampang itu mungkin bisa juga karena cara guru mengatasi siswa ‘kurang tepat’. Banyak guru kita tidak dibekali atau bahkan tidak mau mempelajarinya karena para guru berpikir yang penting ilmu pengetahuan sudah disampaikan ke siswa,” tutur Heru.

FSGI juga meminta Kemendikti untuk mengevaluasi kurikulum sekolah keguruan. “Karena seharusnya kurikulum di kampus pendidikan guru terdapat ilmu psikologi anak dan ilmu classroom dan behaviour management, yaitu bagaimana menghadapi siswa yang keras dan siswa pembangkang,” terang Heru.

“Para guru di Indonesia masih gagap dalam mencegah dan menangani kekerasan di sekolah, karena memang tidak pernah dibekali saat kuliah keguruan,” imbuhnya.

Ia kemudian menjelaskan soal penanganan siswa “bermasalah” di sekolah. Dalam pandangan Heru, hendaknya penanganan tersebut juga melibatkan orang tua, sehingga guru tidak bertindak sendiri.

“Guru harus dilindungi, jadi jangan biarkan guru selesaikan masalah dalam keprofesian sendiri sehingga anak yang diberi sanksi akan melampiaskan dendam pada guru tersebut,” pungkas Heru

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rusia

Pejuang Suriah Miliki Rudal Anti Pesawat, Rusia Sebut Ancaman Besar

“Sistem pertahanan udara portabel yang dimiliki dan digunakan oposisi Suriah merupakan ancaman besar bagi semua pemerintah,” kata juru pemerintah Rusia, Dmitry Piskov, Senin (05/02), seperti dilansir Reuters.

Selasa, 06/02/2018 11:10 0

Opini

Murid Aniaya Guru Hingga Meninggal “Hal yang Wajar”

Disadari atau tidak, pendidikan merupakan bidang yang sangat penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia. Sehingga tujuan pendidikan yang ada di suatu negeri tentunya harus dirumuskan dengan sebaik-baiknya.

Selasa, 06/02/2018 10:40 1

Video Kajian

Muslim Tidak Suka Islam Jaya, Tanya Kenapa?

KIBLAT.NET – Muslim Tidak Suka Islam Jaya, Tanya Kenapa? Sebagian orang yang secara lahir tampak...

Selasa, 06/02/2018 10:09 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Urusan Dunia Melalaikan Manusia

KIBLAT.NET – Ust. Abu Rusydan: Urusan Dunia Melalaikan Manusia. Kesibukan dunia dan himpitan kebutuhan hidup...

Selasa, 06/02/2018 10:05 0

Suriah

Serangan Udara Kembali Meningkat di Ghautah Timur, Damaskus

Pasukan pemerintah rezim Assad dilaporkan kembali melakukan penyerangan di wilayah Ghouta Timur.

Selasa, 06/02/2018 09:28 0

Rusia

Rusia Instruksikan Jetnya Terbang Lebih Tinggi di Suriah

Pejuang Suriah diketahui memiliki rudal portable yang ditembakkan dari atas pundak itu setelah berhasil menembak jatuh SU 25 milik Rusia di Idlib, Sabtu lalu.

Selasa, 06/02/2018 08:36 0

Irak

Gerilyawan “Bendera Putih” Ancam Jalur Minyak Iran-Iraq

"Kelompok yang disebut Bendera Putih tidak ada hubungannya dengan Da'ash (ISIS) atau Pemerintah Daerah Kurdistan," kata Hashemi.

Selasa, 06/02/2018 07:50 0

Suriah

Pesawatnya Ditembak Jatuh, Rusia Membabi Buta di Idlib

Keberhasilan pejuang oposisi menembak jatuh pesawat tempur Sukhoi pada hari Sabtu (03/02/2018) di Idlib membuat Rusia berang

Senin, 05/02/2018 18:17 0

Suara Pembaca

Di Tengah Maraknya LGBT, Muncul Monster Baru Bernama Sarkoma Kaposi

Di tengah maraknya aksi Lesbian, Gay, Biseksual, dan Trans gender, tiba-tiba kembali kita dikejutkan dengan fakta baru tentang sabuah penyakit mematikan bernama Sarkoma Kaposi.

Senin, 05/02/2018 16:04 0

Video News

Detik-detik Pejuang Suriah Tembak Jatuh SU-25 Rusia

Pejuang Suriah, Sabtu lalu (03/02), mengejutkan Rusia. Tanpa diduga, pejuang berhasil menembak jatuh jet tempur canggihnya SU-25 yang tengah menjalankan operasi penggempuran di Idlib.

Senin, 05/02/2018 14:51 0

Close