... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Begini Kronologi Jatuhnya Pesawat Sukhoi di Idlib Versi Rusia

KIBLAT.NET, Idlib – Jatuhnya pesawat tempur jenis Sukhoi milik Rusia di tangan oposisi di Idlib merupakan pertama kalinya terjadi. Pesawat itu ditempak jatuh oleh pejuang dari Haiah Tahrir Al-Syam pada Sabtu (03/02/2018).

Seperti dilansir dari The Washington Post, militer Rusia secara resmi membenarkan serangan yang menyasar pesawat tempur milik negaranya itu. Pesawat meledak setelah dihantam rudal yang diluncurkan oleh HTS.

Menurut keterangan Kementerian Pertahanan Rusia, pilot yang mengenderai jet canggih itu bernama Mayor Roman Filipov. Ia berhasil lolos dengan kursi pelontar. Sayangnya, si pilot tak berhasil lolos dari kejaran oposisi. Filipov justru mendarat dengan mulus di area lawannya.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu menambahkan, pejuang HTS kemudian mengepung pilot sesaat setelah menginjak tanah. Perlawanan sempat terjadi. Namun, menurut keterangan Rusia, si pilot lebih memilih bunuh diri dengan cara meledakan diri menggunakan granat.

Keterangan tersebut berbeda dengan sejumlah berita yang bersumber dari pihak oposisi. Di mana, dikabarkan bahwa si pilot yang mendarat di kawasan oposisi tewas dibrondong peluru setelah melakukan perlawanan saat hendak ditawan.

Kendati demikian, Menteri Sergei Shoigu kemudian memerintahkan agar Filipov diberi medali kehormatan tertinggi negara Rusia yaitu Hero of Russia.

Sementara itu, gerakan Haiah Tahrir Al-Syam (HTS) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Gerakan yang menguasai mayoritas Idlib ini mengumumkan bahwa serangan itu dilakukan dengan menggunakan misil anti pesawat yang ditembakkan dengan dipanggul. Senjata ini bisa menjangkau pesawat yang terbang tinggi. Jet-jet tempur Rusia umumnya terbang sangat tinggi dalam setiap operasi tempur di Suriah untuk menghindari serangan lawan.

BACA JUGA  Pertama Kali, Serangan Pejuang di Provinsi Daraa Sejak Dikendalikan Assad

Sumber: The Washington Post
Redaktur: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Teror Orang Gila, Masyarakat Diminta Tenang Tapi Waspada

Kasus-kasus orang gila yang menyerang ulama turut menjadi perhatian Ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat (MUI Jabar), KH. Rachmat Syafei.

Selasa, 06/02/2018 14:48 0

Indonesia

MUI Jabar Prihatin dengan Kasus Orang Gila Serang Ustadz

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, KH. Rachmat Syafei mengaku prihatin dengan fenomena orang gila yang menyerang para ustadz dan ulama. Pihaknya secara tegas mengecam tindakan tersebut. 

Selasa, 06/02/2018 13:19 0

Indonesia

Warga Tolak Rencana Pemkot Solo Bangun Masjid Sriwedari

Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk membangun Masjid Taman Sriwedari mendapat penolakan dari sejumlah kelompok masyarakat.

Selasa, 06/02/2018 12:22 0

Indonesia

FSGI Dorong Pemerintah Perbaiki Sistem Pendidikan Guru

Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menyoroti tingginya kasus kekerasan dalam dunia pendidikan, baik yang dilakukan oleh pendidik maupun peserta didik.

Selasa, 06/02/2018 11:21 0

Opini

Murid Aniaya Guru Hingga Meninggal “Hal yang Wajar”

Disadari atau tidak, pendidikan merupakan bidang yang sangat penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia. Sehingga tujuan pendidikan yang ada di suatu negeri tentunya harus dirumuskan dengan sebaik-baiknya.

Selasa, 06/02/2018 10:40 1

Video Kajian

Muslim Tidak Suka Islam Jaya, Tanya Kenapa?

KIBLAT.NET – Muslim Tidak Suka Islam Jaya, Tanya Kenapa? Sebagian orang yang secara lahir tampak...

Selasa, 06/02/2018 10:09 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Urusan Dunia Melalaikan Manusia

KIBLAT.NET – Ust. Abu Rusydan: Urusan Dunia Melalaikan Manusia. Kesibukan dunia dan himpitan kebutuhan hidup...

Selasa, 06/02/2018 10:05 0

Indonesia

FPMI: Teror Ulama Sama Saja Teror Umat Islam

“Segala bentuk teror kepada ulama sama halnya melakukan teror kepada umat Islam. Tentu kondisi ini tidak akan pernah kami diamkan. Kami akan mengecam segala bentuk teror kepada umat Islam dan teror kepada ulama, serta kami akan melakukan pembelaan kepada para ulama dan umat Islam yang terzalimi,” pungkasnya.

Selasa, 06/02/2018 09:36 0

Indonesia

Sinergi Ulama dan Jurnalis Penting untuk Kekuatan Dakwah

Wakil ketua umum Persis, Ustadz Jeje Zainuddin kekuatan lisan para ulama ini dibantu oleh pena dari para jurnalis

Senin, 05/02/2018 23:14 0

Indonesia

Kondisi Kejiwaan Penganiaya Ustadz Harus Dipastikan

Anggota DPD RI, Fahira Idris menuntut aparat kepolisian bergerak cepat mengusut kasus penganiayaan terhadap dua ustadz di dalam sepekan terakhir.

Senin, 05/02/2018 22:05 0

Close