... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Usung Semangat Dakwah, Rahasia Media Islam Tetap Eksis

Foto: Penulis buku "Media Massa Islam" Roni Tabroni (kanan) dan Ketua Umum JITU Muhammad Pizaro

KIBLAT.NET, Bandung – Penulis buku “Media Massa Islam” Roni Tabroni menjelaskan, media Islam memiliki poin lebih dibanding media mainstream.

Roni menerangkan, meski tidak besar secara bisnis seperti media mainstream, media Islam selalu kokoh dan bertahan. Sebab, katanya, konteks yang diusung adalah semangat dakwah, bukan semata uang.

“Semangat dakwah yang membuat media Islam bertahan di tengah perubahan zaman. Ia melakukan ‘sesuatu’, bukan mencari ‘sesuatu’. Lain hal dengan wartawan media mainstream yang militan pada hal yang berbau kapitalis,” jelasnya dalam bedah buku ‘Media Massa Islam’ di Universitas Pasundan, Lengkong, Bandung, Sabtu (03/02/2018).

Roni melanjutkan, nilai tambah lainnya adalah media Islam tidak sekadar transfer informasi, namun juga transfer nilai-nilai dari keyakinan yang dipegangnya. Oleh karena itu, dosen UIN Bandung ini mengatakan, tidak heran jika media Islam cenderung gencar mengusung nilai-nilai kebenaran dan kemanusiaan. Yang tentu konteksnya selalu dalam bingkai keislaman.

“Ketika berbicara transfer nilai ini, maka akan selalu bermuara pada pencerahan dan perubahan perilaku. Inilah yang dilakukan media Islam,” paparnya.

“Media Islam tidak berpikir soal seberapa banyak konten yang dibuat, tapi seberapa kuat pengaruh yang ia hasilkan dari konten tersebut,” tambahnya.

Senada dengan yang disampaikan Roni, Ketua Umum Jurnalis Islam Bersatu (JITU), Muhammad Pizaro sepakat bahwa media Islam cenderung militan terhadap ideologi yang dianutnya. Menurutnya, spirit dakwah yang dimiliki mereka sangat kuat.

BACA JUGA  ACT: Pengungsi Suriah Tak Siap Hadapi Musim Dingin

Dengan spirit itu pula, ia menyebut, JITU bisa eksis dan bahkan mampu mewarnai kancah global. Misalnya, kata Pizaro, reportase JITU dalam Aksi Bela Islam, juga batalnya konser Lady Gaga yang merupakan kolaborasi antara jurnalis Islam dan ulama.

Ke depannya, terang Pizaro, langkah JITU tidak berhenti sampai di sana. “Kami akan terus meningkatkan kualitas para jurnalis,” tandas jurnalis kantor berita Turki Anadolu Agency ini.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

‘Kartu Kuning’ Gizi Buruk, Salah Infrastruktur?

Mendapat 'kartu kuning' dari Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) terkait isu gizi buruk di Papua saat menghadiri Dies Natalis ke-68 UI, pada Jumat (2/2) kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) justru hendak mengirim BEM UI melihat langsung kondisi Asmat

Ahad, 04/02/2018 19:46 0

News

Erdogan Klaim Operasi Militer Turki di Afrin Hampir Final

Menurut kantor berita Anadolu, pasukan Turki dilaporkan telah memasang bendera negaranya di puncak Darmak. Sementara itu, pasukan Turki juga dilaporkan menguasai Gunung Barsia.

Ahad, 04/02/2018 18:01 0

Qatar

Menhan Qatar Sebut Saudi dan UAE Sejak Awal Punya Niat Menginvasi Qatar

KIBLAT.NET, Doha – Menteri Pertahanan Qatar, Khalid bin Mohammad al-Attiyah menegaskan Arab Saudi dan Uni...

Ahad, 04/02/2018 16:24 0

Turki

Turki: Ini Hari-hari Paling Mematikan di Afrin

KIBLAT.NET, Ankara – Turki mengatakan bahwa pihaknya telah mengalami hari paling mematikan di Suriah utara...

Ahad, 04/02/2018 15:21 0

Suriah

Pejuang Tembak Jatuh Sukhoi Rusia di Idlib

Pejuang juga mengatakan bahwa pesawat Rusia itu menyerang rombongan warga sipil yang berada di jalan raya ketika melarikan diri.

Ahad, 04/02/2018 11:45 0

Afrika

Muslimah Nigeria Melawan Diskriminasi Hijab

Muslimah Nigeria melawan segala bentuk diskriminasi terhadap hijab penutup aurat. Upaya itu diwakili oleh sebuah organisasi muslimah di negara itu.

Ahad, 04/02/2018 11:11 0

Artikel

Lisanmu Cerminkan Kepribadianmu

Sesungguhnya lisan ibarat binatang buas. Jika engkau ikat, niscaya ia menjagamu. Jika engkau lepas, niscaya ia menerkammu.

Ahad, 04/02/2018 10:40 5

Artikel

Bitcoin: Dilema Mata Uang Virtual

Bitcoin dan mata uang virtual lainnya masih debatable di kalangan para fuqaha. Kita bisa melihat ketika Fatwa Syabakah Islamiyah membolehkan transaksi Bitcoin sementara kalangan Ulama yang lain masih mengharamkan. Maka sikap kita sebagai seorang muslim, harus berhati-hati terhadap hal ini dan memilih pendapat yang lebih kuat.

Sabtu, 03/02/2018 16:02 0

Eropa

Karena Alasan HAM, Masjid di Jerman Dilarang Azan dengan Speaker

Putusan pengadilan ini hanya berdasarkan tuntutan sepasang suami-istri yang tinggal satu kilometer dari masjid Erkenschvik. Pasangan penganut Kristen itu beralasan, suara azan telah menganggu hak asasi manusia.

Sabtu, 03/02/2018 08:33 0

Afghanistan

Cina Dikabarkan Bangun Pangkalan Militer di Afghanistan

Pangkalan itu akan dibangun di daerah Akhlan. Daerah berbatasan dengan wilayah Muslim Uighur di Xinjiang, Cina

Sabtu, 03/02/2018 07:37 0

Close