... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Muslimah Nigeria Melawan Diskriminasi Hijab

Foto: Muslimah Nigeria.

KIBLAT.NET, Abuja – Muslimah Nigeria melawan segala bentuk diskriminasi terhadap hijab penutup aurat. Upaya itu diwakili oleh sebuah organisasi muslimah di negara itu.

“Al-Mu’minaat sedang mengusulkan undang-undang khusus yang mengkriminalisasi diskriminasi, pelecehan, penganiayaan dan penganiayaan terhadap gadis dan wanita Muslim yang mengenakan pakaian keagamaan, jilbab,” kata Nimatullah Abdul Quadri pada Kamis (31/01/2018) lalu.

“Slogan kami pada 2018 adalah ‘Hijabku, Hakku’. Slogan ini bertujuan untuk mengingatkan pemerintah (Nigeria) dan sesama warga negara tentang hak-hak agama kami, terutama ketika jilbab sedang diserang dan kerendahan hati ditutupi atau diejek dengan penindasan dan keterbelakangan,” tambahnya.

Hari Jilbab Dunia, sebuah acara tahunan yang didirikan oleh aktivis sosial Nazma Khan pada tahun 2013, berlangsung pada 1 Februari setiap tahun di lebih dari 140 negara untuk menarik perhatian pada tantangan yang dihadapi muslimah, seperti diskriminasi dan pelecehan karena mempertahankan keimanan.

Abdul Quadri mengatakan bahwa momen tahunan ini datang di tengah meningkatnya diskriminasi terhadap Muslimah Nigeria dan anak perempuan yang mengenakan jilbab, dengan dalih menimbulkan kontroversi.

Oktober lalu, sarjana muslimah lulusan hukum, Firdaus Amasa dilarang menghadiri acara tahunan yang digelar di ibu kota Abuja. Dia mempertahankan jilbabnya, yang memicu perdebatan baru mengenai masalah tersebut dan mendorong parlemen untuk menjadwalkan audiensi publik pada Februari.

Pada tahun 2016, Pengadilan Banding menyatakan bahwa mengenakan jilbab adalah hak konstitusional muslimah. Pengadilan melarang sebuah surat edaran pemerintah yang membatasi penggunaan jilbab di sekolah umum di seluruh negara bagian Lagos. Pemerintah telah mengajukan banding atas putusan tersebut di Mahkamah Agung.

BACA JUGA  Yuk Gabung Gerakan Karawang Berhijab 2019

“Kasus Fidaus Amasa telah benar-benar membuat sangat jelas bahwa Nigeria tidak serius dengan pendidikan anak perempuan dan memberi kesempatan yang sama kepada semua warga negara,” kata Nimatullah yang menjadi presiden Al-Mu’minaat.

Sumber: World Bulletin
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Lisanmu Cerminkan Kepribadianmu

Sesungguhnya lisan ibarat binatang buas. Jika engkau ikat, niscaya ia menjagamu. Jika engkau lepas, niscaya ia menerkammu.

Ahad, 04/02/2018 10:40 3

Indonesia

Melihat Ramainya Gelaran Shalat Gerhana Bulan di Poso

Ratusan jamaah memadati Masjid Al-Muhajirin Kelurahan Tabalu Kecamatan Poso Pesisir untuk melaksanakan shalat khusuf atau gerhana bulan.

Ahad, 04/02/2018 10:05 0

Indonesia

Bikin Heboh, Fahri Hamzah Kartu Merah Jokowi 

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah membuka acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Pertama Keluarga Alumni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesja (KA KAMMI) dengan mengeluarkan kartu merah.

Ahad, 04/02/2018 09:23 0

Indonesia

Guru Tewas Dianiaya Siswa di Sampang, FSGI: Harus Diusut!

Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menyampaikan duka mendalam sekaligus keprihatinan atas meninggalnya guru kesenian SMA NEGERI I Torjun – Sampang, Ahmad Budi Cahyono. Budi meninggal karena luka setelah dianiaya oleh salah satu anak didiknya.

Ahad, 04/02/2018 08:45 0

Indonesia

Ulama Diimbau Waspadai Teror “Orang Gila Gaya Baru”

Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM Muhammadiyah, Maneger Nasution menegaskan bahwa umat Islam harus waspada dengan teror ‘Orang Gila Gaya Baru’.

Ahad, 04/02/2018 08:01 0

Indonesia

ACT Berangkatkan Kapal Kemanusiaan ke Asmat dari Merauke

Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) memberangkatkan Kapal Kemanusiaan untuk Kejadian Luar Biasa (KLB) Gizi Buruk dan Campak di Kabupaten Asmat, Papua. Kapal yang mengangkut 100 ton beras itu dilepas dari Pelabuhan Pintu Air Merauke.

Sabtu, 03/02/2018 18:23 0

Indonesia

Gizi Buruk di Asmat Diharapkan Jadi Momentum Pembangunan Papua

Papua memiliki tambang emas terbesar di dunia, tambang Grasberg. Namun, masyarakat tak bisa menikmati kekayaan alamnya. Kejadian Luar Biasa (KLB) Gizi Buruk dan Campak di Asmat menggambarkan betapa ironisnya pembangunan di Papua.

Sabtu, 03/02/2018 17:20 0

Indonesia

Gubernur Anies Letakkan Batu Pertama Gedung Dakwah Hidayatullah

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Baitul Karim dan Gedung Dakwah Hidayatullah di Jl Cipinang Cempedak 1 No 14, Polonia, Jakarta Timur, Sabtu (03/02/2018).

Sabtu, 03/02/2018 16:13 0

Artikel

Bitcoin: Dilema Mata Uang Virtual

Bitcoin dan mata uang virtual lainnya masih debatable di kalangan para fuqaha. Kita bisa melihat ketika Fatwa Syabakah Islamiyah membolehkan transaksi Bitcoin sementara kalangan Ulama yang lain masih mengharamkan. Maka sikap kita sebagai seorang muslim, harus berhati-hati terhadap hal ini dan memilih pendapat yang lebih kuat.

Sabtu, 03/02/2018 16:02 0

Indonesia

Jokowi Dikartu Kuning di UI, Ini “Pelanggarannya”

“Aksi ada dua tempat. Pertama di depan stasiun UI untuk menyambut presiden Jokowi. Dan ketika di Balairung. Saat itu saya masuk, lalu kedepan dan meniup peluit kemudian mengacungkan kartu kuning,” katanya dalam rilis yang diterima Kiblat.net pada Jumat (02/02/2018).

Sabtu, 03/02/2018 06:58 0

Close