... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pernyataan Kapolri Soal Ormas Islam Dinilai Berpotensi Memecah Belah Bangsa

Foto: Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian. (Foto: Taufik Ishaq.)

KIBLAT.NET, Jakarta- Ketua Komunitas Sarjana Hukum Muslim Indonesia (KSHUMI), Chandra Purna Irawan menyebut bahwa Kapolri Tito Karnavian bisa dipolisikan lantaran pidatonya yang menyinggung ormas Islam. Orang nomor satu di Korps Tri Brata bisa diperkarakan atas dugaan pencemaran nama baik.

“Pihak-pihak yang merasa dirugikan nama lembaga ormasnya bisa melaporkan Kapolri atas delik aduan pencemaran nama baik. Merujuk pada Pasal 310 ayat 1 KUHP,” katanya kepada Kiblat.net melalui keterangan tertulis pada Kamis (01/02/2018).

“Pencemaran nama baik diartikan sebagai perbuatan menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum,” sambungnya.

Maka, ia berpesan kepada Kapolri agar lebih bisa menjaga ucapannya. Sebab, ucapan yang Kapolri lontarkan juga berpotensi memecah belah bangsa.

“Maka sudah menjadi kewajiban bagi penyelenggara negara untuk menjaga etika dalam berbicara. Agar tidak berpotensi memecah belah elemen bangsa,” jelasnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada Kapolri untuk mengedepankan bahasa hukum dalam mengeluarkan pernyataan-pernyataan kepada publik. Menurutnya, pernyataan tersebut sangat tidak layak keluar dari petinggi penyelenggara negara dan sangat menyakitkan hati umat Islam.

“Karena Kapolri menyebut bahwa elemen umat Islam di luar NU dan Muhammadiyah dianggap akan merontokan NKRI,” tandas Chandra.

Seperti diketahui, beredar potongan video yang menampilkan pernyataan Kapolri Tito Karnavian. Dalam video itu Tito memerintahkan jajarannya untuk memperkuat kerjasama hanya dengan ormas Nahdathul Ulama dan Muhammadiyah. Di saat yang sama, ia menyebutkan ada ormas Islam yang lain yang merontokkan NKRI.

BACA JUGA  Bukan Lagi Materi Fikih, Khilafah Kini Dipindah ke Mata Pelajaran SKI

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Fikih

Shalat Gerhana Sendirian, Bolehkah?

Para ulama sepakat bahwa shalat gerhana hukumnya sunnah. Boleh dilaksanakan secara sendirian di rumah atau di tempat-tempat yang lain. Menurut Mazhab Syafi’i dan Hanbali, tidak ada perbedaan antara gerhana bulan dan matahari. Kedua-duanya disunnahkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Sementara dalam mazhab Hanafiah dan Malikiah menyatakan tidak disunnahkan berjamaah dalam shalat gerhana bulan.

Rabu, 31/01/2018 16:31 0

Tazkiyah

Mana yang Lebih Tua, Rasulullah atau Al-Abbas bin Abdul Muthalib

Sebagian orang pernah menanyakan kepada Al-Abbas bin Abdul Muthalib, salah seorang paman Nabi perihal siapa di antara keduanya yang lebih tua, apakah dia sendiri ataukah Rasulullah Muhammad.

Rabu, 31/01/2018 15:30 0

Amerika

Trump Teken Perintah Eksekutif Tolak Penutupan Penjara Guantanamo

Trump menjelaskan niatnya selama kampanye 2016 untuk membiarkan penjara itu tetap terbuka. Perintah ini memungkinkan sekretaris pertahanan dapat memasukkan seseorang yang dianggap bersalah dan ditangkap oleh AS ke dalam penjara yang terletak di Kuba itu.

Rabu, 31/01/2018 12:24 0

Rusia

Pidato di Sochi, Menlu Rusia Diteriaki Delegasi Oposisi

Anggota faksi oposisi Suriah yang menghadiri perundingan Sochi di Rusia meneriaki Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov ketika berpidato. Ia mengecam Rusia yang mendukung rezim Suriah Bashar Assad.

Rabu, 31/01/2018 10:22 0

Rusia

Hasil Konferensi Sochi Abaikan Tuntutan Oposisi Suriah

Kongres Perdamaian Suriah di Sochi, Rusia, Selasa (30/01), menyimpulkan pernyataan yang menyerukan pemilihan secara demokrasi namun mengabaikan tuntutan utama oposisi

Rabu, 31/01/2018 08:58 0

Rusia

Tiba di Sochi, Sekelompok Oposisi Suriah Balik Sebelum Turun Pesawat

Sekelompok oposisi Suriah yang bertolak ke Konferensi Dialog Nasional Suriah di Sochi, Rusa, Selasa (30/01), akhirnya balik sebelum turun dari pesawat. Rombongan berjumlah 120 tokoh politik oposisi Suriah itu terbang dari Turki.

Rabu, 31/01/2018 07:22 0

Afghanistan

Tepat Sasaran, Serangan Taliban Makan Korban 246 Tentara Afghan

Sedikitnya 246 personil aparat keamanan termasuk sejumlah perwira militer Afghan menjadi korban serangan berani mati di ibu kota Kabul.

Selasa, 30/01/2018 13:46 0

Yaman

Bentrok Sengit Meletus di Ibukota Sementara Yaman

Bentrokan ini melibatkan kelompok sparatis dan pasukan keamanan.

Selasa, 30/01/2018 10:15 0

Suriah

Operasi Militer Turki Diprediksi Tak Berhenti Sampai di Afrin

Sepekan invasi Turki ke distrik Afrin di Suriah, operasi militer Ankara memerangi Kurdi YPG nampaknya akan terus meluas.

Selasa, 30/01/2018 06:40 0

Suriah

Negosiasi Suriah di Sochi Rusia Dimulai, Mayoritas Oposisi Memboikot

Konferensi Dialog Nasional Suriah di Sochi, Rusia, (atau lebih dikenal Konferensi Sochi), Senin (29/01), digelar dengan pertemuan-pertemuan pembuka. Oposisi Suriah masih menolak hadir dalam pertemuan yang disponsori Rusia dan Turki itu jika serangan ke Idlib tidak berhenti.

Selasa, 30/01/2018 06:19 0

Close