... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jenderal Polisi Dijadikan Pj Gubernur, Pakar Hukum: Itu Kacau Balau

Foto: Pakar Hukum Universitas Juanda Bogor, Muhammad Taufik

KIBLAT.NET, Solo – Dua orang perwira tinggi Polri diusulkan menjadi pejabat (Pj) gubernur di Provinsi Jawa Barat dan Sumatera Utara menjelang Pilkada Serentak 2018. Pakar hukum menyebut adanya usulan itu menunjukkan situasi kacau balau.

Kementerian Dalam Negeri mengusulkan dua perwira tinggi kepolisian berpangkat inspektur jenderal untuk mengisi kekosongan kursi gubernur di Provinsi Jawa Barat dan Sumatera Utara. Adapun dua nama jenderal tersebut adalah Asisten Operasi Kapolri Irjen M Iriawan dan Kadiv Propam Polri Irjen Martuani Sormin.

Dengan adanya usulan itu, pakar hukum Universitas Juanda Bogor, Muhammad Taufik menyebut Mendagri melanggar undang-undang. “Setidaknya dia melanggar pasal 28 ayat 3 UU No 2 2002 tentang Undang-undang Kepolisian,” ungkapnya kepada kiblat.net di Surakarta pada Rabu (31/01/18).

Taufik menjelaskan berdasarkan undang-undang itu polisi boleh menjabat sebagai gubernur atau mendapatkan jabatan lain selain di kepolisian dengan syarat harus mengundurkan diri dari jabatannya di kepolisian. Atau, ayang bersangkutan dialihkan sebagai PNS.

Karena menurutnya, jika polisi aktif dijadikan sebagai Pj gubernur maka dikhawatirkan polisi tersebut tidak bisa objektif. Taufik menyebut polisi tidak akan bisa independen.

“Tidak mungkin independen. Jadi Pasal 28 ayat 3 itu jelas, itu boleh kalau dia itu mengundurkan diri,” terangnya.

Taufik menduga ada upaya manipulasi terkait munculnya usulan pejabat polri aktif menjadi Pj gubernur. Pasalnya, selama ini yang dijadikan contoh adalah penunjukan Inspektur Jendral Briktalo Tewu sebagai Plt Gubernur Sulawesi barat.

BACA JUGA  Gelar Demo, DSKS Tuntut MK Bertindak Jujur dan Adil

Tetapi, Talo Tewu ditunjuk menjadi plt gubernur saat tak lagi berstatus polisi aktif. Saat itu ia sudah menjadi PNS dan menjadi staf ahli Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan.

“Jadi menurut saya itu kacau balau,” tandas Taufik.

Reporter: Reno
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Fikih

Shalat Gerhana Sendirian, Bolehkah?

Para ulama sepakat bahwa shalat gerhana hukumnya sunnah. Boleh dilaksanakan secara sendirian di rumah atau di tempat-tempat yang lain. Menurut Mazhab Syafi’i dan Hanbali, tidak ada perbedaan antara gerhana bulan dan matahari. Kedua-duanya disunnahkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Sementara dalam mazhab Hanafiah dan Malikiah menyatakan tidak disunnahkan berjamaah dalam shalat gerhana bulan.

Rabu, 31/01/2018 16:31 0

Tazkiyah

Mana yang Lebih Tua, Rasulullah atau Al-Abbas bin Abdul Muthalib

Sebagian orang pernah menanyakan kepada Al-Abbas bin Abdul Muthalib, salah seorang paman Nabi perihal siapa di antara keduanya yang lebih tua, apakah dia sendiri ataukah Rasulullah Muhammad.

Rabu, 31/01/2018 15:30 0

Amerika

Trump Teken Perintah Eksekutif Tolak Penutupan Penjara Guantanamo

Trump menjelaskan niatnya selama kampanye 2016 untuk membiarkan penjara itu tetap terbuka. Perintah ini memungkinkan sekretaris pertahanan dapat memasukkan seseorang yang dianggap bersalah dan ditangkap oleh AS ke dalam penjara yang terletak di Kuba itu.

Rabu, 31/01/2018 12:24 0

Rusia

Pidato di Sochi, Menlu Rusia Diteriaki Delegasi Oposisi

Anggota faksi oposisi Suriah yang menghadiri perundingan Sochi di Rusia meneriaki Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov ketika berpidato. Ia mengecam Rusia yang mendukung rezim Suriah Bashar Assad.

Rabu, 31/01/2018 10:22 0

Rusia

Hasil Konferensi Sochi Abaikan Tuntutan Oposisi Suriah

Kongres Perdamaian Suriah di Sochi, Rusia, Selasa (30/01), menyimpulkan pernyataan yang menyerukan pemilihan secara demokrasi namun mengabaikan tuntutan utama oposisi

Rabu, 31/01/2018 08:58 0

Rusia

Tiba di Sochi, Sekelompok Oposisi Suriah Balik Sebelum Turun Pesawat

Sekelompok oposisi Suriah yang bertolak ke Konferensi Dialog Nasional Suriah di Sochi, Rusa, Selasa (30/01), akhirnya balik sebelum turun dari pesawat. Rombongan berjumlah 120 tokoh politik oposisi Suriah itu terbang dari Turki.

Rabu, 31/01/2018 07:22 0

Afghanistan

Tepat Sasaran, Serangan Taliban Makan Korban 246 Tentara Afghan

Sedikitnya 246 personil aparat keamanan termasuk sejumlah perwira militer Afghan menjadi korban serangan berani mati di ibu kota Kabul.

Selasa, 30/01/2018 13:46 0

Yaman

Bentrok Sengit Meletus di Ibukota Sementara Yaman

Bentrokan ini melibatkan kelompok sparatis dan pasukan keamanan.

Selasa, 30/01/2018 10:15 0

Suriah

Operasi Militer Turki Diprediksi Tak Berhenti Sampai di Afrin

Sepekan invasi Turki ke distrik Afrin di Suriah, operasi militer Ankara memerangi Kurdi YPG nampaknya akan terus meluas.

Selasa, 30/01/2018 06:40 0

Suriah

Negosiasi Suriah di Sochi Rusia Dimulai, Mayoritas Oposisi Memboikot

Konferensi Dialog Nasional Suriah di Sochi, Rusia, (atau lebih dikenal Konferensi Sochi), Senin (29/01), digelar dengan pertemuan-pertemuan pembuka. Oposisi Suriah masih menolak hadir dalam pertemuan yang disponsori Rusia dan Turki itu jika serangan ke Idlib tidak berhenti.

Selasa, 30/01/2018 06:19 0

Close