... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Shalat Gerhana Sendirian, Bolehkah?

Foto: Shalat Gerhana

KIBLAT.NET – Para ulama sepakat bahwa shalat gerhana hukumnya sunnah. Boleh dilaksanakan secara sendirian di rumah atau di tempat-tempat yang lain. Menurut Mazhab Syafi’i dan Hanbali, tidak ada perbedaan antara gerhana bulan dan matahari. Kedua-duanya disunnahkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Sementara dalam mazhab Hanafiah dan Malikiah menyatakan tidak disunnahkan berjamaah dalam shalat gerhana bulan.

Dalam kitab Bada’i Shana’i, Al-Kasani berkata, “Menurut pendapat yang masyhur tidak menganjurkan berjamaah pada shalat gerhana bulan. Sebab, sabda Nabi Sallallahu ‘alaihi wasallam berbunyi, ‘Jika kalian melihat gerhana tersebut, maka bersegeralah untuk melaksanakan shalat,’ (HR. Bukhari no. 1047). Pengertian hadis ini, menurut kami tidak ada anjuran untuk berjamaah.”

Imam An-Nafrawi, dalam kitab Al-Fawaqih Ad-Dawani berkata, ”Dalam persoalan shalat gerhana bulan, tidak ada anjuran untuk berjamaah. Ketika terjadi gerhana hendaklah dia shalat sendiri-sendiri. Sebab, demikianlah yang disunnahkan. Maka lebih utama melaksanakannya di rumah.”

Sementara itu dalam Mazhab Syafi’i tetap dianjurkan secara berjamaah. Ibnu Hajar mengatakan, “Pendapat yang sesuai dengan sunnah Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam adalah mengerjakan shalat gerhana di masjid. Sebab, jika tidak demikian, tentu shalat tersebut lebih tepat dilaksanakan di lapangan (tanah lapang) agar lebih mudah melihat berakhirnya gerhana.” (Fathul Baari, 4/10)

Jadi, mengenai boleh atau tidaknya shalat gerhana sendirian, para ulama sepakat mengatakan boleh. Namun, mana yang lebih utama, berjamaah atau sendirian? Di sini mereka berbeda pendapat. Syafiiah dan hanabilah mengatakan lebih utama di masjid. Sementara menurut Hanafiah dan Malikiah lebih utama dilaksanakan sendirian di rumah. Wallahu a’lam bis shawab!

 

Fakhruddin

Sumber: islamweb.net

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tazkiyah

Mana yang Lebih Tua, Rasulullah atau Al-Abbas bin Abdul Muthalib

Sebagian orang pernah menanyakan kepada Al-Abbas bin Abdul Muthalib, salah seorang paman Nabi perihal siapa di antara keduanya yang lebih tua, apakah dia sendiri ataukah Rasulullah Muhammad.

Rabu, 31/01/2018 15:30 0

Amerika

Trump Teken Perintah Eksekutif Tolak Penutupan Penjara Guantanamo

Trump menjelaskan niatnya selama kampanye 2016 untuk membiarkan penjara itu tetap terbuka. Perintah ini memungkinkan sekretaris pertahanan dapat memasukkan seseorang yang dianggap bersalah dan ditangkap oleh AS ke dalam penjara yang terletak di Kuba itu.

Rabu, 31/01/2018 12:24 0

Rusia

Pidato di Sochi, Menlu Rusia Diteriaki Delegasi Oposisi

Anggota faksi oposisi Suriah yang menghadiri perundingan Sochi di Rusia meneriaki Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov ketika berpidato. Ia mengecam Rusia yang mendukung rezim Suriah Bashar Assad.

Rabu, 31/01/2018 10:22 0

Rusia

Hasil Konferensi Sochi Abaikan Tuntutan Oposisi Suriah

Kongres Perdamaian Suriah di Sochi, Rusia, Selasa (30/01), menyimpulkan pernyataan yang menyerukan pemilihan secara demokrasi namun mengabaikan tuntutan utama oposisi

Rabu, 31/01/2018 08:58 0

Rusia

Tiba di Sochi, Sekelompok Oposisi Suriah Balik Sebelum Turun Pesawat

Sekelompok oposisi Suriah yang bertolak ke Konferensi Dialog Nasional Suriah di Sochi, Rusa, Selasa (30/01), akhirnya balik sebelum turun dari pesawat. Rombongan berjumlah 120 tokoh politik oposisi Suriah itu terbang dari Turki.

Rabu, 31/01/2018 07:22 0

Indonesia

Pj Gubernur dari Polri Mengarah pada Dwifungsi Kepolisian

Direktur Indonesia Politik Review (IPR), Ujang Komarudin memberikan komentar terkait kebijakan kemendagri yang menjadikan polisi sebagai Pj Gubernur.

Selasa, 30/01/2018 19:02 0

Indonesia

Pj Gubernur dari Polri Merusak Netralitas Pilkada

Kebijakan pemerintah untuk mengangkat Pj Gubernur dari kalangan kepolisian menimbulkan polemik di masyarakat. Bahkan ada yang meminta agar kebijakan itu dikaji ulang dan dipertimbangkan kembali.

Selasa, 30/01/2018 17:54 0

Indonesia

Selidiki Kasus Arya Wedakarna, Tim Pencari Fakta Turun ke Bali

Tim Pencari Fakta Badan Kehormatan DPD RI turun ke Bali menyelidiki kasus yang menjerat anggota DPD Dapil Bali, Arya Wedakarna.

Selasa, 30/01/2018 17:21 0

Indonesia

Polisi Seharusnya Bersih dari Politik Praktis

Chandra pun menegaskan bahwa jabatan adalah amanah yang akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Allah SWT kelak. “Takutlah kepada-Nya, yang memiliki siksa neraka yang amat mengerikan,” tuturnya.

Selasa, 30/01/2018 15:47 0

Indonesia

Pj Gubernur dari Polri, KSHUMI: Banyak UU Dilanggar

Ketua Komunitas Sarjana Hukum Muslim Indonesia (KSHUMI), Chandra Purnawirawan menegaskan bahwa pemerintah jangan hanya melihat pada satu undang-undang untuk menetapkan kebijakan tersebut. Menurutnya, banyak undang-undang yang justru ditabrak lewat kebijakan ini.

Selasa, 30/01/2018 15:10 0

Close