PPIM Assalaam Ajak Warga Solo Shalat Gerhana Berjamaah

KIBLAT.NET, Solo – Menjelang munculnya gerhana bulan, Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, pada Rabu (31/1/2018) mengadakan shalat gerhana berjamaah di masjid kompleks PPMI Assalaam.

Kepala Observatorium PPMI Assalaam AR Sugeng Riyadi mengatakan bahwa dalam menyambut fenomena langka ini, pihak PPMI Assalaam akan mengadakan dua acara yakni shalat gerhana berjemaah dan nobar gerhana bulan dengan menggunakan teleskop.

Keduanya akan digelar setelah shalat isya, tepatnya pukul 20.00 WIB. Kemudian santri dan warga sekitar akan dipersilahkan untuk naik ke gedung Observatorium PPMI Assalaam untuk menyaksikan gerhana bulan menggunakan teleskop.

“Kami mengajak kepada warga Solo raya agar bisa mengikuti Shalat Gerhana di Masjid Assalaam, yang kemudian kami arahkan untuk menyaksikan gerhana bulan dengan menggunakan teleskop,” ujarnya kepada Kiblat.net di gedung Observatorium PPMI Assalaam, pada Rabu (31/01/18).

Selain itu, ia berharap cuaca malam cerah dan bersahabat untuk menyaksikan fenomena gerhana bulan. Karena warga, santri dan semua orang yang menyaksikan fenomena tersebut dapat mengambil pelajaran yang berharga dan sebagai alat untuk bersyukur.

“Harapan kita cerah, karena ini kita terbuka untuk umum. Kami akan sediakan teleskop, harapannya jika nanti cerah akan kami perbanyak lagi teleskopnya agar warga yang berkunjung ke sini bisa kedapatan semua,” katanya.

Selain itu, ia menyatakan bahwa perkiraan gerhana bulan kali ini seluruh Indonesia bisa mendapatkan gerhana bulan sempurna. Dalam catatan, lanjutnya, cuaca juga bersahabat tidak berawan, apalagi hujan.

BACA JUGA  Milad ke 108, Muhammadiyah Angkat Tema 'Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri'

“Kalau berawan tipis, itu dia (gerhana) masih tertembus. Kalau berawan tebal ya sedikit kumungkinan bisa terlihat. Secara perkiraan, nanti awan tebal dan perkiraan cuaca akan hujan,” jelasnya.

Reporter: Reno Aldino
Editor: Syafi’i Iskandar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat