Gerhana Bulan, PPMI Assalaam Siapkan 10 Teleskop Rakitan Santri

KIBLAT.NET, Solo – Kepala Observatorium PPMI Assalaam, AR Sugeng Riyadi mengatakan bahwa Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, pada Rabu (31/1/2018) berencana menggelar nonton bareng fenomena alam gerhana bulan.

Ia menjelaskan, PPMI Assalaam setidaknya akan menyiapkan 15 unit teleskop agar bisa digunakan untuk pengamatan oleh masyarakat Solo dan sekitarnya. Dari limabelas teleskop tersebut, lima teleskop merupakan asli buatan pabrik sedangkan sepuluh teleskop lainnya adalah hasil rakitan santri Assalam sendiri.

Dengan demikian, ia mengajak kepada warga Solo Raya untuk bisa menghadiri nonton bareng fenomena alam itu. Dengan adanya penyediaan teleskop tersebut diharapkan warga bisa menyaksikan dan mentadabburi gerhana bulan itu dengan sempurna.

“Meskipun dengan mata telanjang itu kelihatan, nah dengan teleskop nantinya supaya masyarakat lebih bisa mensyukuri karunia Allah ini,” ujarnya kepada kiblat.net di gedung Observatorium PPMI Assalaam, pada Rabu (31/01/18).

Sebelum menyaksikan bersama fenomena gerhana bulan tersebut, ia menyatakan bahwa pihak pesantren akan mengadakan shalat gerhana berjemaah setelah shalat isya di Masjid PPMI Assalaam. Sembari menunggu fenomena tersebut, pihak PPMI Assalaam akan mempersiapkan perlengkapan teleskop dan peralatan lainnya untuk acara tersebut walaupun cuaca tidak bersahabat.

“Harapan kita cerah, karena ini kita terbuka untuk umum. Kami akan sediakan teleskop, harapannya jika nanti cerah akan kami perbanyak lagi teleskopnya agar warga yang berkunjung ke sini bisa kedapatan semua,” katanya.

BACA JUGA  TNI Copot Baliho HRS, Munarman: Rakyat Tau Penggeraknya Presiden

Selain itu, ia menyatakan bahwa perkiraan gerhana bulan kali ini seluruh Indonesia bisa mendapatkan gerhana bulan sempurna. Dalam catatan, lanjutnya, cuaca juga bersahabat tidak berawan, apalagi hujan.

“Kalau berawan tipis, itu dia (gerhana) masih tertembus. Kalau berawan tebal ya sedikit kemungkinan bisa terlihat. Secara perkiraan, nanti awan tebal dan perkiraan cuaca akan hujan,” jelasnya.

“Tapi mau hujan atau tidak, ya tetap kita persiapkan. Untuk gerhana bulan kali ini seluruh Indonesia itu sempurna, Insyaallah. Seluruh Indonesia bisa menyaksikan,” sambungnya.

Reporter: Reno Aldino
Editor: Syafi’i Iskandar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat