... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Siapkan Kader Pemimpin, KAMMI Al-Fattih Gelar Daurah Leadership

Foto: Daurah Leadership oleh KAMMI Al-Fattih

KIBLAT.NET, Denpasar – Organisasi Kepemudaan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Al Fattih kembali mengadakan kegiatan Latihan Kepemimpinan (Dauroh Marhalah) 1 selama dua hari, dari hari Sabtu (28/01/2018) bertempat di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jalan Letda Tantular No 14 Renon, Denpasar.

Mengusung tema “Membentuk Pemimpin Muda Berkarakter Muslim Negarawan” kegiatan Dauroh Marhalah 1 KAMMI Komisariat Al Fattih ingin menyiapkan calon pemimpin bangsa yang beradab dan berakhlak di masa depan. Tentunya kegiatan Dauroh Marhalah 1 ini tak lepas dari dukungan KAMMI Wilayah Bali.

Tercatat 40 peserta pelatihan kepemimpinan yang mengikuti kegiatan ini yang berasal dari perguruan tinggi dan swasta di Bali. Diantaranya dari dari Akademi Keperawatan Denpasar, STIKOM Denpasar, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar, Alfa Prima, dan Universitas Udayana.

Uniknya dalam kegiatan Dauroh Marhalah 1 ini lima peserta yang mendaftar pertama akan mendapatkan Kitab Suci Al Quran secara cuma-cuma. Pemateri dalam kegiatan Dauroh Marhalah 1 merupakan tim instruktur internal dari organisasi KAMMI yang mendapatkan amanah jabatan inti di KAMMI Daerah dan Komisariatnya masing-masing.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan Dauroh Marhalah 1 merupakan materi dasar dan pengenalan mengenai organisasi KAMMI. Selain mendengarkan materi para peserta dauroh marhalah 1 diajak untuk membuat small grup discussion untuk membahas tema-tema kekinian disekitar lingkungan masyarakat.

Materi yang disampaikan oleh pembicara seperti  Syahadatain, Syummuliyatul Islam, Problemantika Umat Kontempores, dan KeKAMMIan. Para peserta diberikan pula penugasan unuk menghafal surat-surat dalam Al Quran seperti Surat Ash Shaff dalam penilaian kelulusan mereka sebagai peserta.

BACA JUGA  Muncul Elemen Muda 212 Menyatakan Penolakan Hasil Ijtima Ulama

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula begitu yang diterapkan dalam kegiatan Dauroh Marhalah 1 KAMMi Komisariat Al Fattih. Saat kegiatan Riyadoh (Olahraga) peserta diajak untuk berlatih olahraga memanah. Olahraga memanah merupakan olahraga yang disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dipelajari selain berkuda dan berenang.

Menurut Ketua KAMMI Komisariat Al Fattih yaitu Latifah,SE tujuan kegiatan Dauroh Marhalah 1 selain untuk mencetak seorang muslim negarawan juga untuk menciptakan generasi emas Indonesia 2045.

“KAMMI sebagai organisasi kepemudaan ingin menumbukan bibit-bibit calon muslim negarawan yang dapat menjadi penerus bangsa Indonesia di masa depan. Saya beserta kawan-kawan KAMMI yakin di tahun 2045 Negara Indonesia akan memiliki pemuda-pemuda yang berkarakter dan perkepribadian sehingga slogan KAMMI ‘Jayakan Indonesia 2045’ dapat terwujud,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KAMMi Denpasar yaitu Yuda Adistira mengatakan bahwa Dauroh Marhalah 1 merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh KAMMI Tingkat Komisariat. Setiap semester kegiatan Dauroh Marhalah dikemas dengan kegiatan yang berbeda.

“Jika sebelumnya Dauroh Marhalah 1 dikemas dengan kegiatan camping, kali ini Dauroh Marhalah 1 ditambahkan unsur olahraga memanah yang sedang naik daun dikalangan pemuda muslim,” ungkapnya.

Reporter: Herdian Armandhani
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

One comment on “Siapkan Kader Pemimpin, KAMMI Al-Fattih Gelar Daurah Leadership”

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Persiapan Ofensif 2018, Pasukan Asing Salah Menilai Kekuatan Taliban

Militer Afghan berencana akan menggelar operasi ofensif atau serangan di tahun 2018.

Senin, 29/01/2018 07:07 0

Suriah

Turki Berniat Serang Pasukan AS Jika Terus Dukung Kurdi YPG

Ketegangan antara AS dengan Turki mulai muncul di permukaan menyusul sepekan invasi Turki ke distrik Afrin di Suriah. Operasi militer di wilayah yang dikuasai Kurdi YPG tersebut nampaknya akan membuat situasi semakin buruk.

Ahad, 28/01/2018 18:19 0

Manhaj

Pembebasan Roma, Nubuat Nabi yang Belum Terwujud

Roma dan Konstantinopel adalah dua kota yang dijanjikan Nabi akan dibebaskan umat Islam. Pembebasan Konstantinopel sudah kita saksikan. Sementara pembebasan Roma belum pernah terjadi. Kapankah akan terjadi?

Ahad, 28/01/2018 05:30 0

Tarbiyah Jihadiyah

Tangga-tangga Mujahadah

KIBLAT.NET – Seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang dia niatkan. Ini adalah hal yang...

Sabtu, 27/01/2018 18:22 0

Khazanah

Hikmah Dibalik Nubuat Akhir Zaman

Satu hal yang sering membuat kita bertanya, ada apa dibalik diungkapnya tanda-tanda akhir zaman?

Sabtu, 27/01/2018 17:39 0

Manhaj

Mendudukkan Hadits Akhir Zaman dengan Realita

Di antara sebab ketergelinciran dalam memahami hadits-hadits akhir zaman adalah terlalu cepat mencocokkan realita dengan hadits tanpa adanya kajian yang mendalam.

Sabtu, 27/01/2018 13:59 2

Opini

Industri Kebencian

Islamofobia hari ini telah menjelma sebagai sebuah industri, yang diprediksi masih akan berlangsung untuk waktu yang sangat lama.

Sabtu, 27/01/2018 06:17 1

Manhaj

4 Kaidah Pokok Memahami Peristiwa Akhir Zaman

Kiamat sudah dekat, begitu kata sebagian orang. Terlebih banyak sekali tanda-tanda kiamat kecil yang hadir di tengah-tengah kita. Sebagai seorang Muslim, mengimani tanda-tanda Hari Kiamat adalah bagian dari iman kepadanya.

Jum'at, 26/01/2018 16:39 0

Qatar

Qatar: Saudi Ingin Kami Tunduk, Namun Itu Tak Akan Bisa

"Kami yakin bahwa Arab Saudi ingin Qatar berada di bawah pengaruhnya dan itu tidak akan pernah terjadi," katanya seraya menunjukkan, negaranya masih di bawah blokade yang diberlakukan oleh Arab Saudi, serta UEA, Bahrain dan Mesir.

Jum'at, 26/01/2018 10:33 0

Turki

Turki Terjunkan Helikopter Buatan Sendiri dalam Pertempuran Afrin

Angkatan bersenjata Turki, untuk pertama kalinya, menggunakan helikopter tempur jenis ATAK T-129 buatan sendiri. Pesawat ini diterjunkan dalam operasi militer menargetkan milisi Kurdi di Afrin, Aleppo, Suriah.

Jum'at, 26/01/2018 09:40 0

Close