... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Terungkap, Berita Tak Terkonfirmasi Dijadikan Bukti Kasus Alfian Tanjung

Foto: Redaktur berita Sebarr.com, Muhammad Aditia Pahlevi dihadirkan ke persidangan sebagai saksi kasus Alfian Tanjung

KIBLAT.NET, Jakarta – Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tanda Perdamean Nasution melaporkan Alfian Tanjung berdasarkan berita di sebuah portal online, yang dibuat tanpa ada konfirmasi.

Sidang lanjutan kasus dugaan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik terhadap PDIP dengan terdakwa Alfian Tanjung, Rabu (24/01/2018) mengagendakan pemeriksaan saksi. Tanda Perdamean dihadirkan ke persidangan selaku saksi pelapor.

Dalam persidangan Tanda mengaku mendapatkan instruksi dari Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto untuk melaporkan Alfian Tanjung, yang dianggap telah menyebarkan ujaran kebencian terhadap partainya. Dasarnya adalah kicauan berbunyi “PDIP yang 85 persen isinya kader PKI mengusung cagub Anti Islam” dari akun @alfiantmf, yang dikutip dalam berita sebuah portal bernama Sebarr.com. Berita itu kemudian jadi bukti pelaporan Alfian oleh Tanda Perdamean.

Ketua Majelis Hakim perkara Alfian Tanjung, Mahfudin menanyakan proses pelaporan yang dilakukan Tanda. “Selang berapa hari saudara saksi melaporkan terdakwa ke Polisi setelah diberi kuasa oleh Hasto,” tanya Mahfudin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (24/01/2018).

“Jaraknya hanya satu hari ketika diberi kuasa oleh Sekjend,” jawab Tanda.

Tanda menjelaskan dirinya mendapatkan kuasa oleh Sekjen Hasto pada tanggal 31 Januari 2017, dan diberi dokumen pendukung berupa bukti-bukti kasus itu. Selanjutnya dia melaporkan Alfian Tanjung ke kepolisian pada tanggal 2 Februari 2017.

Kader PDIP itu mengaku mempelajari terlebih dahulu materi yang akan dilaporkannya tersebut, salah satunya adalah berita dari portal Sebarr.com ynag mengutip kicauan akun Twitter @alfiantmf. Berita berisi cuitan akun yang dianggap milik Alfin Tanjung tersebut telah diunggap di Sebarr.com sejak tanggal 25 Januari 2017.

BACA JUGA  Polri Nilai Kebakaran Kejagung Tak Disengaja

Di hadapan majelis hakim, Tanda mengaku tak mengkonfirmasi terlebih dahulu isi berita itu kepada Alfian Tanjung. “Jadi belum konfirmasi ke Alfian, karena memang tadinya saya dengan beliau tidak kenal. Baru tau Alfian ketika cuitannya tentang PDIP itu viral dan banyak di youtube, barulah tau,” ungkapnya.

Tanda menjelaskan dirinya mengetahui adanya cuitan yang dianggap bersumber dari Alfian hanya pada berita yang dimuat portal Sebarr.com. Dia pun mengaku tidak menemukan berita lain yang memuat cuitan tersebut. Selian itu Tanda juga tidak mengkroscek langsung ke akun @alfiantmf di Twitter, karena dia mengaku tak memiliki akun di media sosial itu.

Dalam kesempatan itu redaktur berita Sebarr.com, Muhammad Aditia Pahlevi juga turut dihadapkan ke persidangan. Hakim menanyakan kepada Aditia perihal konfirmasi kicauan di Twitter sebelum dijadikan berita. “Saudara membuat berita ini untuk apa, dan sudah kah saudara kroscek terlebih dahulu,” tanya hakim Mahfudin.

Aditia pun menjawab, “Karena cuitan ini sudah viral, dan masih hangat, saya buat beritanya. Murni hanya menyajikan fakta yang ada.”

Hakim lantas memberikan petuah kepada Aditia yang mengunggah berita itu. “Jika tidak ada berita dari saudara, maka tidak ada persidangan ini. Karena pihak pelapor mengetahui cuitan saudara terdakwa dari berita terdakwa. Artinya, jika cuitan Alfian tanjung saja, tidak ada berita, maka ini tidak semakin viral. Namun karena ada berita saudara, maka menjadi tambah banyak yang membaca. Ini sebenarnya harus dikaji terlebih dahulu jika ingin menaikkan berita, apakah berdampak baik atau buruk,” tutur Mahfudin.

BACA JUGA  Soal Vaksin Covid-19, Wapres Minta Masyarakat Dukung Pemerintah

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Kurdi dalam Persimpangan Kepentingan AS dan Turki di Suriah

Kurdi dalam Persimpangan Kepentingan AS dan Turki di Suriah. Konflik di perbatasan Turki Suriah kembali memanas, dipicu oleh rencana Amerika untuk melatih 30 ribu militan Kurdi. Bagaimana sejatinya kepentingan Turki dan AS di Suriah, apa pula tuntutan Kurdi di wilayah tersebut?

Kamis, 25/01/2018 12:18 0

Suriah

SDF: Warga AS, Inggris dan Jerman Bergabung Lawan Turki di Afrin

Pejabat SDF Redur Xelil, mengatakan bahwa pejuang asing memilih pergi ke Afrin untuk mendukung upaya melawan serangan Turki.

Kamis, 25/01/2018 11:45 0

Turki

Turki Tangkap 150 Orang Karena Komentari Operasi Militer di Afrin, Suriah

Pihak berwenang Turki dilaporkan menangkap sedikitnya 150 orang karena dituduh “menyebar propaganda teroris” di media social terkait operasi militer di Afrin, lapor media Turki, Rabu (24/01).

Kamis, 25/01/2018 09:45 0

Amerika

Empat Warga AS Tewas dalam Serangan Taliban di Hotel Kabul

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Rabu (24/01), mengonfirmasi sedikitnya empat warganya termasuk dari puluhan korban tewas akibat serangan Taliban ke Hotel Intercontinental di pusat ibu kota Kabul pada Sabtu lalu. Sedikitnya lima pejuang Taliban berhasil memasuki hotel tempat menginap warga asing itu dan menyandera pengunjungnya.

Kamis, 25/01/2018 09:10 0

Suriah

FSA Sudah di Pinggiran Afrin, Militer Turki Terus Menggempur

Pasukan Pembebasan Suriah (FSA), Rabu malam (24/01), sudah mencapai pinggiran kota Rajo di sekitar Afrin. Sementara pasukan Turki terus menggempur dari udara dan darat milisi Kurdi PKK.

Kamis, 25/01/2018 08:01 0

Myanmar

PBB Desak Myanmar Beri Akses Bantuan ke Pengungsi Rohingya

PBB meminta Myanmar, Rabu (24/01), untuk mengizinkan organisasi-organisasi bantuan memasuki kamp-kamp yang didirikan oleh puluhan ribu pengungsi Muslim Rohingya sebelum kembali ke rumah mereka. Permintaan ini untuk memastikan keamanan pengungsi Rohingya.

Kamis, 25/01/2018 07:32 0

Amerika

Pentagon Danai Milisi Pelaku Kejahatan HAM Serius di Afghanistan

Sebuah laporan rahasia mengungkap bahwa Departemen Pertahanan AS (Pentagon) mendanai dan mendukung unit keamanan Afghanistan yang terbukti terlibat pelanggaran HAM serius. Pentagon menutup mata atas pelanggaran berat itu

Rabu, 24/01/2018 16:41 0

Yaman

Bela Al-Quds, Al-Qaidah Yaman Imbau Umat Islam Lawan AS dan Yahudi

Pemimpin senior Al-Qaidah mengimbau kepada umat Islam untuk bangkit melawan Yahudi dan Amerika. Seruan ini untuk merespon keputusan kontroversial Presiden AS Donald Trump yang mengakui Yerusalem (Al-Quds) sebagai ibu kota Israel.

Rabu, 24/01/2018 12:10 0

Amerika

Bahasa Arab Masuk Prioritas Kurikulum Militer AS

Bahasa Arab Modern masih menjadi bahasa terdepan yang dipelajari oleh Marinir AS. Meski pun terjadi penarikan pasukan yang sangat besar dari Iraq pada tahun 2011.

Rabu, 24/01/2018 11:19 0

Opini

Aroma Pencitraan dalam Elegi Asmat

Santer diberitakan di sejumlah media bahwa 61 anak suku Asmat di Papua meninggal akibat campak dan gizi buruk sejak September 2017 hingga 11 Januari 2018.

Rabu, 24/01/2018 10:07 0

Close