... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pentagon Danai Milisi Pelaku Kejahatan HAM Serius di Afghanistan

Foto: Pasukan Keamanan Afghanistan/ilustrasi

KIBLAT.NET, Washington – Sebuah laporan rahasia mengungkap bahwa Departemen Pertahanan AS (Pentagon) mendanai dan mendukung unit keamanan Afghanistan yang terbukti terlibat pelanggaran HAM serius. Pentagon menutup mata atas pelanggaran berat itu.

Laporan itu dikeluarkan Kantor Auditor Khusus AS untuk Rekonstruksi Afghanistan (SIGAR) dan dilansir AFP pada Selasa (23/01). Pentagon disebut membiarkan para perwira AS yang memberi dukungan pasukan keamanan di Negara asing yang terbukti secara jelas terlibat kejahatan HAM.

Laporan rahasia ini telah disampaikan ke Kongres AS pada Juni lalu dan baru dibuka ke publik pada Selasa kemarin. Di antara contoh kasus yang ditunjukkan dalam laporannya itu, tidak terjeratnya para perwira Pentagon yang secara terus menerus mendukung 12 unit keamanan Afghanistan yang dengan jelas terbukti melakukan 14 pelanggaran HAM serius pada 2013.

Dukungan itu tetap diberikan meski Dephan dan Deplu AS mengetahui sebagaian unit keamanan yang didanai itu terlibat kejahatan HAM. Perlindungan terhadap para perwira itu terjadi selama periode Sekretaris PErtahanan Chuck Hegel dan Ashton Carter.

Menanggapi laporan ini, Pentagon mengatakan bahwa dokumen tersebut “tidak mencerminkan pemahaman tentang tantangan yang dihadapi pasukan AS di Afghanistan dalam mengembangkan dan mendukung pasukan pertahanan dan keamanan nasional.”

Menurut laporan tersebut, per 12 Juni 2016, para pejabat itu telah mengetahu sebanyak 75 kasus pelanggaran HAM berat yang dilakukan milisi dukungannya, tujuh di antaranya melibatkan kekerasan seksual terhadap anak-anak, pembunuhan di luar proses hukum dan penyiksaan terhadap tahanan.

BACA JUGA  CNN: AS Terpaksa Tarik Agen Penting di Rusia Akibat Kesalahan Trump

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Menteri Ryamizard Bertemu Menhan AS Bahas Terorisme

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Jim Mattis bertemu dengan Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu pada Selasa (23/01/2018). Keduanya membahas mengenai stabilitas keamanan di kawasan Asia Pasifik.

Rabu, 24/01/2018 15:21 0

Indonesia

FPI: Pemerintah Harus Cegah LGBT Lewat Perppu

Ketua Front Pembela Islam (FPI) Kiai Shabri Lubis menilai masalah Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender (LGBT) saat ini sudah masuk dalam keadaan darurat.

Rabu, 24/01/2018 13:17 0

Indonesia

Soal Pernyataan Ketua MPR, Maneger: Publik Jadi Melek Pasal LGBT

Maneger mengatakan tidak banyak pejabat negara yang berani mengambil tanggung jawab merespon isu LGBT. Menurutnya, Zulkifli termasuk yang konsisten mensosialisasikan bahwa legalisasi LGBT itu bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, UU Perkawinan, dan moral bangsa.

Rabu, 24/01/2018 13:04 0

Opini

Aroma Pencitraan dalam Elegi Asmat

Santer diberitakan di sejumlah media bahwa 61 anak suku Asmat di Papua meninggal akibat campak dan gizi buruk sejak September 2017 hingga 11 Januari 2018.

Rabu, 24/01/2018 10:07 0

Indonesia

Prof Euis: Fraksi yang Tak Larang LGBT Berarti Melegalkan

"Sebetulnya apa yang dikatakan oleh Pak Zulkifli Hasan sebagai Ketua MPR itu ada betulnya, istilahnya melegalkan itu adalah jika tidak menyetujui RUU LGBT atau perluasan makna pencabulan sesama jenis dalam KUHP, kan berarti sama saja membiarkan itu dan sama saja dengan melegalkan, karena tidak ada larangan atau tidak ada aturannya," ungkap Euis saat dihubungi Kiblat.net, Selasa (23/01/2018).

Rabu, 24/01/2018 09:38 0

Indonesia

Impor Beras Zalimi Petani

Komunitas Anak Muhammadiyah (KAM) menyayangkan sikap pemerintah yang berencana melakukan impor beras. Hal itu ditegaskan oleh Koordinator KAM, Amirullah Hidayat.

Selasa, 23/01/2018 21:55 0

Indonesia

Pansus Bantah Ada Fraksi Setuju Minol Dijual Bebas di Warung

Terkait isu minuman berakohol dijual bebas di warung-warung, Ketua Pansus RUU Minuman Beralkohol, Arwani Thomafi akhirnya bicara.

Selasa, 23/01/2018 21:00 0

Indonesia

Dahnil Anzar: Kasus Novel Jangan Seperti Siyono

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak berharap agar penanganan kasus ini tak seperti Siyono dan Munir.

Selasa, 23/01/2018 20:12 0

Opini

Ketika Khalid Tak Sengaja Menista

Rasulullah SAW masih memarahinya ketika Khalid bin Walid ra “keceplosan” mencela Abdurrahman bin Auf ra

Selasa, 23/01/2018 19:40 0

Indonesia

Ini Alasan Kenapa RUU Larangan Minol Tak Kunjung Digolkan

RUU Larangan Minuman Beralkohol tak kunjung rampung. Hal itu diakui oleh ketua Pansus RUU Larangan Minol, mengingat Pansus ini sudah dibentuk sejak 2015 lalu.

Selasa, 23/01/2018 19:17 0

Close