... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pengacara Jonru Minta Hakim dan Jaksa Bersikap Adil

Foto: Sekretaris Jenderal Ikatan Advokat Muslim Indonesia (IKAMI) Djuju Purwantoro

KIBLAT.NET, Jakarta – Aktivis media sosial, Jonru menjalani sidang keempat hari ini, Senin (22/01/2018) di Pengadilan Negeri Jakarta Timur dengan agenda putusan sela.

Putusan ini akan membuktikan apakah dakwaan jaksa telah memenuhi sarat formil dan materiil sesuai Pasal 143 KUHAP atau tidak.

“Berdasar nota keberatan (eksepsi) yang kami sampaikan pada sidang kedua lalu, kami telah menemukan banyak kecacatan formil yang tidak dipenuhi dalam dakwaan Jaksa. Karena itu sebenarnya telah cukup alasan hukum Majelis Hakim patut menerima eksepsi kami,” kata Koordinator Advokasi Bela Jonru, Djudju Purwantoro.

Djuju mengatakan, jika eksepsi pengacara ditolak, maka akan timbul kekacauan hukum pada agenda pemeriksaan pokok perkara. “Bagaimana akan membuktikan suatu perbuatan (materiil) jika aspek formilnya banyak kecacatan,” tambahnya.

Ia meyakini Majelis Hakim menerima eksepsi yang diajukan, dengan putusan dakwaan batal demi hukum atau setidak-tidaknya dakwaan tidak dapat diterima.

Dalam sidang hari ini, pengacara Jonru berharap Jaksa maupun Majelis Hakim bersikap fair alias adil dan objektif dalam memeriksa perkara klien mereka.

“Jonru bukanlah seorang krimimal, melainkan korban kriminalisasi yang dibungkam oleh penguasa akibat nalar kritisnya terhadap penguasa,” tegas Djuju.

Ia percaya upaya-upaya kediktatoran penguasa saat ini terhadap para ulama dan aktivis yang dikriminalisasi akan berakhir dengan kekalahan melalui jalur hukum yang adil, independen dan bijaksana.

“Masyarakat telah melihat bagaimana kezaliman merajalela melanda Indonesia, dengan menggunakan UU ITE sebagai upaya membungkam kebebasan menyuarakan kebenaran dan keadilan,” tukasnya.

BACA JUGA  Tanggapi Wamenag, Sekjen MUI: Yang Timbulkan Kontroversi Salam Lintas Agama

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Mossad Bunuh Setidaknya 3.000 Orang, Targetnya Anggota Hamas

Sebuah buku yang ditulis oleh peneliti Israel dan wartawan Ronen Bergman mengungkapkan bahwa dinas intelijen Israel Mossad membunuh setidaknya 3.000 orang.

Senin, 22/01/2018 13:07 0

Suriah

Rezim Assad Bantu Pasukan Kurdi di Afrin

Pasukan rezim Bashar Assad memberikan bantuan kepada milisi Kurdi PYD di Aleppo untuk mengirim pasokan senjata ke kota barat laut Afrin, tempat Turki melancarkan operasi yang dimulai pada hari Sabtu.

Senin, 22/01/2018 11:57 0

Afghanistan

Taliban Serbu Hotel Tempat Menginap Warga Asing di Kabul

Ini merupakan serangan kedua. Pada 2011 silam, hotel itu juga menjadi sasaran Taliban

Senin, 22/01/2018 10:57 0

Artikel

Akhir Zaman, Narasi yang Menggelisahkan Barat

Lagi, istilah khas dalam Islam disorot. Tema akhir zaman yang menjadi salah satu rukun Iman, oleh Tony Blair Institute masuk dalam tema yang dianggap sering dijadikan kelompok jihad sebagai alat propaganda.

Senin, 22/01/2018 10:15 1

Suriah

25.000 Pasukan FSA Gabung Operasi Turki di Afrin

Sekitar 25.000 pasukan dari Free Syrian Army (FSA) bergabung dengan operasi militer Turki di Suriah utara.

Senin, 22/01/2018 09:33 0

Editorial

Editorial: Ilusi Swasembada Beras

Akhirnya, wong cilik lagi-lagi menjadi korban janji-janji swasembada yang hanya sebatas ilusi

Ahad, 21/01/2018 22:28 0

Turki

Pasca Serang Afrin, Tiga Roket dari Suriah Sambar Turki

Tiga roket menyambar daerah perbatasan Kilis, Turki pada Ahad dini hari (21/01/2018). Serangan ini terjadi selang beberapa setelah Turki melepaskan serangan ke Afrin, Suriah, basis militan Kurdi.

Ahad, 21/01/2018 21:10 0

Turki

Sejak Jumat, Artileri Turki Serang Milisi Kurdi di Afrin

Sejak Jumat (19/01/2018), artileri Turki telah melepaskan serangan terhadap kawasan basis Kurdi di Suriah, Afrin. Serangan ini menjadi tanda dimulainya kampanye militer melawan militan Kurdi di perbatasan Turki-Suriah.

Ahad, 21/01/2018 17:16 0

Arab Saudi

Amnesty Desak Arab Saudi Bebaskan Syaikh Salman Al Audah

Ulama kharismatik itu kini dipindahkan ke rumah sakit di Jeddah akibat penyakit yang dideritanya setelah mendekam di penjara selama hampir 5 bulan.

Ahad, 21/01/2018 13:28 0

Irak

Koalisi AS Bunuh Tiga Kali Lipat Warga Sipil di Tahun 2017

LSM yang berbasis di Inggris, Airwars, melaporkan penghitungan operasi udara koalisi anti-ISIS pimpinan AS di tahun 2017. Operasi udara mencakup serangan di Iraq dan Suriah.

Ahad, 21/01/2018 13:00 0

Close