Bom Meledak di Thailand Selatan, 3 Tewas

KIBLAT.NET, Bangkok- Sebuah bom meledak di sebuah pasar di provinsi selatan Yala, Thailan pada Senin (22/01/2018). Ledakan ini menewaskan tiga orang dan melukai 22 orang lainnya.

Menurut keterangan Komando Operasi Keamanan Internal (ISOC), serangan ini merupakan yang pertama dalam beberapa bulan belakang ini. Ledakan ini terjadi di daerah yang ditinggali oleh mayoritas Muslim, Thailand.

“Para penjahat memasang bom di sepeda motor dan meletakkannya di samping gerobak pasar. Kekuatan ledakan tersebut menyebabkan tiga orang kehilangan nyawa,” ungkapnya.

Sejauh ini belum ada yang bertanggung jawab atas ledakan tersebut. Menurut keterangan polisi, sepeda motor itu ditempatkan di dekat sebuah kios yang menjual daging babi. Pemilik kios dan seorang pelanggan termasuk dari tiga korban tewas.

Perlu diketahui, Narathiwat, Pattani dan Yala di Thailand merupakan kawasan mayoritas Muslim. Namun, pemerintah Bangkok memberlakukan sejumlah peraturan yang bertolak belakang dengan penganut agama setempat.

Perlawanan terhadap peraturan Buddhis dari Bangkok telah berlangsung selama puluhan tahun di provinsi-provinsi selatan yang berpenduduk mayoritas Muslim. Namun perlawanan itu memudar secara singkat di tahun 1990-an. Perlawanan ini kembali muncul di tahun 2004. Muslim Melayu di sana mendesak adanya otonomi khusus. Sejak tahun 2004, diperkirakan lebih dari 6.000 jiwa yang tewas.

Sumber: Reuters
Redaktur: Syafi’i Iskandar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat