... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bangladesh Tunda Pemulangan Pengungsi Rohingya ke Myanmar

Foto: Pengungsi Rohingya

KIBLAT.NET, Dhaka- Rencana pemulangan pengungsi Rohingya ke Myanmar mengalami penundaan. Bangladesh mengatakan, verifikasi daftar orang yang akan dikirim kembali tidak lengkap.

Myanmar sepakat pada awal bulan ini untuk menerima pengungsi Rohingya di dua pusat penerimaan pengungsi dan sebuah kamp sementara di dekat perbatasannya dengan Bangladesh. Pemulangan rencananya akan dimulai pada Selasa (23/01/2018). Pihak berwenang mengatakan pemulangan akan bersifat sukarela.

Namun Abul Kalam, komisaris bantuan dan rehabilitasi pengungsi Bangladesh, mengatakan pada hari Senin (22/01/2018) bahwa pemulangan ini harus ditunda. Ia tak memberikan opsi tanggal baru kapan pemulangan dimulai.

“Ada banyak hal yang tersisa,” katanya kepada Reuters melalui telepon. “Daftar orang yang akan dipulangkan belum disiapkan, verifikasi dan pemasangan kamp transit masih ada.”

Lebih dari 655.500 Muslim Rohingya melarikan diri ke Bangladesh setelah aksi kekerasan dari militer Myanmar di negara bagian Rakhine sejak 25 Agustus 2017. Perserikatan Bangsa-Bangsa menggambarkan operasi militer tersebut sebagai pembersihan etnis Rohingya, namun Myanmar membantah.

Sementara itu, di kamp pengungsi Palongkhali, dekat sungai Naf simbol perbatasan Bangladesh-Myanmar, warga Rohingya berkumpul pada Senin pagi dengan sebuah loudspeaker dan spanduk berisi satu set permintaan untuk kembali ke Myanmar.

Ini termasuk jaminan keamanan, pemberian kewarganegaraan dan pengakuan kelompok tersebut dalam daftar etnis minoritas Myanmar. Rohingya juga meminta agar rumah, masjid dan sekolah yang terbakar atau rusak dalam operasi militer dibangun kembali.

BACA JUGA  Sejak Awal Pandemi, Korut Klaim Nol Positif Covid-19

Sumber: Reuters
Redaktur: Syafi’i I


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pengacara Jonru Minta Hakim dan Jaksa Bersikap Adil

Aktivis media sosial, Jonru menjalani sidang keempat hari ini, Senin (22/01/2018) di Pengadilan Negeri Jakarta Timur dengan agenda putusan sela. 

Senin, 22/01/2018 16:51 0

Indonesia

50 Mobil Kawal Kepulangan Ustadz Zulkifli dari Padang ke Payakumbuh

Setelah lebih kurang lima hari berada di Jakarta, pada Senin (22/01/2018) tepatnya pukul 07.35 WIB Ustadz Zulkifli tiba di Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatra Barat.

Senin, 22/01/2018 13:09 1

Artikel

Akhir Zaman, Narasi yang Menggelisahkan Barat

Lagi, istilah khas dalam Islam disorot. Tema akhir zaman yang menjadi salah satu rukun Iman, oleh Tony Blair Institute masuk dalam tema yang dianggap sering dijadikan kelompok jihad sebagai alat propaganda.

Senin, 22/01/2018 10:15 1

Kiblatorial

Editorial: Ilusi Swasembada Beras

Akhirnya, wong cilik lagi-lagi menjadi korban janji-janji swasembada yang hanya sebatas ilusi

Ahad, 21/01/2018 22:28 0

Indonesia

Kuasa Hukum Beberkan Kejanggalan Pemanggilan Dahnil

Direktur Satgas Advokasi Pemuda Muhammadiyah, Ghufroni menegaskan bahwa pemanggilan Dahnil Anzar mengada-ngada. Bahkan, ia menilai tindakan ini bentuk kriminalisasi terhadap Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah itu.

Ahad, 21/01/2018 16:30 0

Indonesia

Dipanggil Polisi, Dahnil Anzar Simanjuntak Temui Keganjilan

Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak akan memenuhi panggilan Polisi soal ucapannya tentang ketidakpercayaan terhadap penanganan Polri dalam kasus Novel Baswedan.

Ahad, 21/01/2018 15:04 0

Indonesia

Dukungan 5 Parpol untuk LGBT Menyalahi Konstitusi

Pernyataan Ketua MPR, Zulkifli Hasan yang menyebutkan bahwa ada lima fraksi yang setuju LGBT menyita perhatian publik.

Ahad, 21/01/2018 14:45 0

Indonesia

Sodik Mudjahid Akui Banyak Anggota DPR Setujui LGBT

Oleh karenanya, ia mengimbau kepada masyarakat Indonesia supaya memahami dan senantiasa waspada untuk mengatasi upaya-upaya legalisasi perilaku tersebut.

Ahad, 21/01/2018 12:12 0

Indonesia

Ust. Nur Asyur As-Safkani: Keluarga Ideal Harus Miliki Empat Fungsi 

Menurut Ustadz Nur Asyur As-Safkani, kasus-kasus fenomena sosial ini merupakan dampak dari disfungsi peran keluarga. Seharusnya apabila peran keluarga dalam membangun akhlak dilakukan secara maksimal maka fenomena-fenomena tersebut tidak akan terjadi.

Ahad, 21/01/2018 10:20 0

Indonesia

Soal Pernyataan 5 Fraksi Dukung LGBT, AILA: Harus Ada Klarifikasi

Ketua Aliansi Cinta Keluarga (AILA) Indonesia, Rita Soebagio menanggapi pernyataan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) Zulkifli Hasan terkait 5 fraksi DPR pendukung LGBT dan pernikahan sejenis. Ia meminta agar pernyataan itu lebih diperjelas.

Ahad, 21/01/2018 09:50 0

Close