... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Akhir Zaman, Narasi yang Menggelisahkan Barat

Foto: Ustadz Zulkifli Muhammad Ali saat wawancara bersama Kiblat.net di Jakarta

KIBLAT.NET—Menanggapi pemanggilan Polri kepada Ustadz Zulkifli M. Ali (18/01/2018), Wakil Ketua DPR-RI Fahri Hamzah punya sudut pandang unik yang tidak banyak disorot pengamat. Menurutnya, pemanggilan dai yang dikenal dengan materi akhir zaman tersebut akibat polisi menganggap ceramah akhir zaman adalah narasi terorisme.

Anggapan itu muncul, menurut Fahri, akibat polisi menggunakan cara pandang Barat pasca peristiwa 911 sebagai frame dalam banyak hal terkait Islam dan terorisme. Frame inilah yang kemudian membuat polisi seolah terjerembab dalam kubangan Islamophobia.

Baca juga: Ketika Tema Akhir Zaman Dianggap Narasi Terorisme

Sayangnya, kedalaman pengetahuan Polisi tentang seputar terorisme tidak dibarengi pemahaman yang utuh dan baik tentang Islam. “Di Polri kita banyak ahli terorisme gak paham agama Islam. Akhirnya lihat kulit tanpa mengenal isi. Berantakan jadinya,” begitu kata Fahri sebagaimana dimuat sebelumnya oleh Kiblat.net.

Barat, terutama pengamat dan praktisi kontra-terorisme, memang rajin menelaah diksi-diksi khas Islam yang, menurut mereka, menjadi bibit pemahaman radikalisme. Sebut saja soal khilafah, daulah dan, dalam kasus terkait Ustadz Zulkifli, akhir zaman.

Di antara pandangan Barat tentang narasi akhir zaman dan keterkaitannya dengan aksi jihad, disajikan dalam jurnal yang diterbitkan Tony Blair Institute for Global Change. Judulnya Inside the Jihadi Mind; Understanding Ideology and Propaganda (Oktober 2015).

Jurnal Tony Blair Institute

Dalam jurnal tersebut tema akhir zaman (end of days) disebut sebagai narasi yang sering diucap kelompok jihad, selain soal keimanan (creedal values) serta harga diri dan solidaritas (honour and solidarity).

BACA JUGA  Hendak Kemana (Ke)Menteri(an) Agama?

Narasi akhir zaman memiliki pengaruh yang sangat kuat karena didasarkan pada salah satu rukun iman, yaitu iman kepada hari akhir (kiamat). Ayat-ayat Al-Quran berulang kali mengingatkan tentang hari tersebut. Sedangkan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW menyibak tanda-tanda akhir zaman, yang hari demi hari semakin terlihat dan terasa dalam kehidupan nyata.

Dalam konteks perang ideologi, narasi akhir zaman juga memiliki sifat unik sekaligus “berbahaya,” setidaknya di kalangan pemikir Barat. Narasi ini bersifat menghibur umat Islam, bahwa kekalahan yang mereka alami hari ini bagian tak terelakkan dari takdir atau kuasa Tuhan.

Namun pada saat yang sama, narasi akhir zaman menjanjikan kemenangan akhir ada di tangan kaum Muslimin. Poin ini menjadi pembakar semangat dan motivasi umat Islam untuk terus mengobarkan perlawanan (jihad).

Baca juga: Jadi Tersangka, Ustadz Zulkifli Dipanggil Bareskrim Polri

Di tengah tekanan demi tekanan yang menghempaskannya dalam keterpurukan, umat Islam melihat berbagai tanda-tanda akhir zaman yang presisi dengan nubuwat Nabi Muhammad SAW bermunculan. Nubuwat yang sama juga menjanjikan akhir zaman bagi kemenangan bagi umat Islam. Di situlah spirit untuk mengejar kemenangan terus menyala.

Di sisi lain, dekatnya akhir zaman membuat umat Islam menyadari kehidupanya di dunia tidak akan lama lagi. Selepas kehidupan di dunia, mereka akan memasuki fase kehidupan kekal di akhirat, dan hanya mengenal surga atau neraka.

BACA JUGA  Sukmawati Harus Sadar, Soekarno Bukanlah Manusia Sempurna

Karena itu, mereka berusaha keras agar akhir kehidupan di dunia ini happy ending (khusnul khatimah). Satu-satunya cara meraih khusnul khatimah adalah dengan mengorbankan segala yang dimiliki untuk kemuliaan agama (Islam).

Spirit dan rasa percaya diri yang menghasung umat Islam untuk menyongsong masa depan itu terasa jomplang bila dibandingkan dengan ideologi Barat. Mereka tidak memiliki konsep yang jelas tentang akhir zaman—Bibel justru mengabarkan nasib sial Bani Israel di akhir zaman. Padahal, siapapun pasti akan hanyut oleh waktu di bawa ke ujung kehidupan dunia.

Ke-jomplang-an itu akhirnya menimbulkan kepanikan. Israel mewujudkan kepanikan itu dengan rajin menanam pohon Gharqad, pohon yang berpihak kepada mereka dalam perang akhir zaman. Sementara kalangan pemikir strategis Barat berusaha mereduksi pemahaman umat Islam yang benar terhadap akhir zaman.

Baca juga: Kritik Kepolisian, Dahnil Anzar Diperiksa Senin Depan

Nah, kembali ke persoalan dalam negeri kita. Agar kepanikan itu tidak merembet ke institusi kepolisian kita, ada baiknya Polisi lebih sering membuka forum-forum kajian tentang akhir zaman dengan menghadirkan ulama-ulama yang ikhlas.

Insya Allah, langkah ini sangat efektif membantah anggapan Fahri di atas tentang Polri yang “Melihat kulit tanpa mengenal isi, akhirnya jadi berantakan” akibat kurangnya tenaga ahli dalam memahami ajaran Islam secara otentik dengan frame yang jujur.

Penulis: Tony Syarqi

 

silsilah rekomendasi Tony Blair Institute terkait akhir zaman.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Akhir Zaman, Narasi yang Menggelisahkan Barat”

  1. elfan

    AL QURAN TIDAK MENGENAL ISTILAH AKHIR ZAMAN

    Mungkin ada yang bertanya apa beda istilah Akhir Zaman dengan Hari Kiamat? Mengapa para ulama, kiyai, ustadz dan cerdik pandai Muslim kita senang berceramah menggunakan istilah AKHIR ZAMAN???

    AKHIR ZAMAN adalah istilah pada agama lain alias bukan agama Islam dimana pada era ini adalah masa transisi sehingga muncullah paham mesianik. Paham mesianik beranggapan bahwa akan datang kembali Isa Al Masih dan muncul (lahir) Imam Mahdi mereka berduetan untuk membunuh Dajjal lalu mereka menjadi pemimpin selama kurun waktu tertentu baru kemudian terjadi kiamat.

    Pandangan hari kiamat menurut ajaran Katolik akan ditelusuri dari dokumen resmi Gereja Katolik antara lain, Kitab Suci dan Katekismus Gereja Katolik.

    Hari Kiamat

    Dalam agama Katolik hari kiamat sama dengan hari pengadilan (bdk. Katekismus, art. 681) saat Yesus datang untuk yang kedua kalinya dalam rangka mengadili orang hidup dan orang mati.

    Dalam bahasa Yunani, hari Kiamat atau hari Pengadilan Terakhir disebut parousia = kedatangan. Dalam dokumen Kristiani yang paling tua (1Tes 4:15; 1 Kor 15:23) parousia sudah dipakai untuk menyebut kedatangan Kristus kembali dalam kemuliaan pada akhir zaman untuk mengadili dunia (Mat 24:29-31;25:31-46). Hari itu akan menjadi “hari Tuhan” (1Kor 1:8) dan pada waktu itu Kristus “akan tampak untuk kedua kalinya” (Ibr 9:28). Orang-orang kristiani menantikan penampakan ini dengan sabar (Yak 5:7-8; 2Ptr1:16; 3:4.12; 1Yoh 2:28). Injil-injil Sinoptik menghubungkan penantian akhir zaman ini dengan peringatan untuk berjaga-jaga (Mat 24:36-25:13; Mrk 13:1-37; Luk 21:5-36).

    Soal kapan akhir zaman itu datang, tidak ada seorang pun yang tahu, bahkan Yesus Kristus (Allah Putera) maupun malaikat-malaikat pun tidak tahu, kecuali Allah Bapa. *)

    HARI KIAMAT: Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. KIAMAT ITU TIDAK AKAN DATANG KEPADAMU MELAINKAN DENGAN TIBA-TIBA”. Mereka (orang kafir) bertanya kepadamu SEAKAN-AKAN KAMU (HAI MUHAMMAD) BENAR-BENAR MENGETAHUINYA. Katakanlah (kepada mereka): “SESUNGGUHNYA PENGETAHUAN TENTANG HARI KIAMAT ITU ADALAH DI SISI ALLAH, TETAPI KEBANYAKAN MANUSIA TIDAK MENGETAHUI”. [SQS. Al-A’raf, 7:187]

    https://www.jw.org/id/ajaran-alkitab/pertanyaan/tanda-akhir-zaman-nubuat/

    https://www.facebook.com/elfizon.anwar/posts/10212727642967482

    *) https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120111005321AAd97Wu

    Silahkan anda baca kutipan Alkitab a.l. sbb.:

    Yud 1:18 Sebab mereka telah mengatakan kepada kamu: “Menjelang AKHIR ZAMAN akan tampil pengejek-pengejek yang akan hidup menuruti hawa nafsu kefasikan mereka.”

    2Ptr 3:3 Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari ZAMAN AKHIR akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya.

    Yoh 6:44 Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada AKHIR ZAMAN

    AKHIR ZAMAN

    Kepercayaan Yahudi pada abad pertama sM dan M bukan bahwa dunia ini akan berakhir, melainkan bahwa tatanan dunia yang ada ini akan diperbarui. Bahasa mitis (Yes. 11:7-9) dan gambaran kosmik (Yes. 24:23) digunakan untuk menubuatkan pergolakan politis yang luas, ketika para penindas *bukan Yahudi dapat digulingkan dan bangsa yang benar dipertahankan.

    Akhir zaman ini dan permulaan zaman baru ditandai dengan kebangkitan umum untuk seluruh umat Israel. Saat itu, pengakuan sebagai umat perjanjian dan kekhalikan Allah akan ditunjukkan. PB menunjukkan bahwa *kehidupan, *kematian, dan *kebangkitan Yesus merupakan permulaan pembaruan itu (Mrk. 9:1), meskipun puncak terakhirnya ditunda (Mat. 24:14) dan waktunya tak dapat ditentukan (Mrk. 13:32).

    https://www.jw.org/id/ajaran-alkitab/pertanyaan/tanda-akhir-zaman-nubuat/

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

25.000 Pasukan FSA Gabung Operasi Turki di Afrin

Sekitar 25.000 pasukan dari Free Syrian Army (FSA) bergabung dengan operasi militer Turki di Suriah utara.

Senin, 22/01/2018 09:33 0

Editorial

Editorial: Ilusi Swasembada Beras

Akhirnya, wong cilik lagi-lagi menjadi korban janji-janji swasembada yang hanya sebatas ilusi

Ahad, 21/01/2018 22:28 0

Turki

Pasca Serang Afrin, Tiga Roket dari Suriah Sambar Turki

Tiga roket menyambar daerah perbatasan Kilis, Turki pada Ahad dini hari (21/01/2018). Serangan ini terjadi selang beberapa setelah Turki melepaskan serangan ke Afrin, Suriah, basis militan Kurdi.

Ahad, 21/01/2018 21:10 0

Turki

Sejak Jumat, Artileri Turki Serang Milisi Kurdi di Afrin

Sejak Jumat (19/01/2018), artileri Turki telah melepaskan serangan terhadap kawasan basis Kurdi di Suriah, Afrin. Serangan ini menjadi tanda dimulainya kampanye militer melawan militan Kurdi di perbatasan Turki-Suriah.

Ahad, 21/01/2018 17:16 0

Indonesia

Kuasa Hukum Beberkan Kejanggalan Pemanggilan Dahnil

Direktur Satgas Advokasi Pemuda Muhammadiyah, Ghufroni menegaskan bahwa pemanggilan Dahnil Anzar mengada-ngada. Bahkan, ia menilai tindakan ini bentuk kriminalisasi terhadap Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah itu.

Ahad, 21/01/2018 16:30 0

Indonesia

Dipanggil Polisi, Dahnil Anzar Simanjuntak Temui Keganjilan

Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak akan memenuhi panggilan Polisi soal ucapannya tentang ketidakpercayaan terhadap penanganan Polri dalam kasus Novel Baswedan.

Ahad, 21/01/2018 15:04 0

Indonesia

Dukungan 5 Parpol untuk LGBT Menyalahi Konstitusi

Pernyataan Ketua MPR, Zulkifli Hasan yang menyebutkan bahwa ada lima fraksi yang setuju LGBT menyita perhatian publik.

Ahad, 21/01/2018 14:45 0

Arab Saudi

Amnesty Desak Arab Saudi Bebaskan Syaikh Salman Al Audah

Ulama kharismatik itu kini dipindahkan ke rumah sakit di Jeddah akibat penyakit yang dideritanya setelah mendekam di penjara selama hampir 5 bulan.

Ahad, 21/01/2018 13:28 0

Irak

Koalisi AS Bunuh Tiga Kali Lipat Warga Sipil di Tahun 2017

LSM yang berbasis di Inggris, Airwars, melaporkan penghitungan operasi udara koalisi anti-ISIS pimpinan AS di tahun 2017. Operasi udara mencakup serangan di Iraq dan Suriah.

Ahad, 21/01/2018 13:00 0

Indonesia

Sodik Mudjahid Akui Banyak Anggota DPR Setujui LGBT

Oleh karenanya, ia mengimbau kepada masyarakat Indonesia supaya memahami dan senantiasa waspada untuk mengatasi upaya-upaya legalisasi perilaku tersebut.

Ahad, 21/01/2018 12:12 0

Close