... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Persatuan Ulama Muslim Desak Saudi dan UEA Lepaskan Ulama

Foto: IUMS

KIBLAT.NET, Doha – Ittihad Al-‘Alami Li Ulama Muslim (International Union for Muslim Scholars atau disingkat IUMS), Rabu (17/01), mendesak pembeban ulama dan dai yang ditahan oleh pemerintah Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA). Desakan ini disampaikan setelah kabar dilarikannya Syaikh Salman Al-Audah dari penjara isolasi di Jeddah ke rumah sakit akibat kondisi kesehatan yang memburuk.

Lembaga yang diketahui Syaikh Yusuf Al-Qardhawi itu itu mengatakan dalam pernyataannya, IUMS terus memantau keadaan sekelompok ulama dan dai yang ditahan di penjara Kerajaan Saudi dan UEA. Mereka ditahan tanpa tuduhan yang jelas. Mereka hanya menyampaikan pandangan dan sikap yang berbeda dengan Negara.

Pernyataan itu melanjutkan, apa yang mereka sampaikan bagian dari kewajiban menyampaikan risalah dan tuntutan Islam. Hal itu sebagai mana sabda Rasulullah bahwa agama adalah nasihat. Baik bagi Allah, Rasul, pemimpin Islam dan seluruhnya.

IUMS meminta para ulama dan dai yang ditahan itu dibebaskan. Pemerintah Saudi dan UEA akan bertanggung jawab di hadapan Allah atas penangkapan itu.

Pernyataan tersebut disampaikan sehari setelah putra Syaikh Salman Al-Audah, Abdullah Al-Audah, mengabarkan ayahnya dilarikan ke rumah sakit setelah kesehatannya memburuk. IUMS mengomentari kabar yang disampaikan Abdullah itu di Twitter, “seharusnya ulama dihormati bukan dipenjara. Karena mereka adalah pewaris nabi”.

Syaikh Salman ditangkap setelah menulis status di Twitter yang mendoakan perdamaian antara pemerintah Saudi dan Qatar, yang saat itu memanas. Akibat status itu, ia dijemput dirumahnya dan ditempatkan di sel isolasi di penjara di Jeddah.

Arab Saudi dan Negara Teluk memblokade Qatar karena dituduh mendukung “teroris”. Teroris yang dimaksud adalah Hamas dan Ikhwanul Muslimin serta gerakan Islam lainnya. Langkah Saudi CS itu membuat kawasan Timur Tengah tidak stabil.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Eksepsi Ditolak, Pengacara Alfian: Masih Ada Proses Pembuktian Dakwaan

Sidang putusan sela atas eksepsi yang diajukan pengacara Alfian Tanjung digelar hari ini (17/01/2018). Majelis Hakim dalam putusanya menolak seluruh eksepsi pengacara terdakwa.

Kamis, 18/01/2018 06:10 0

Indonesia

Impor Beras Diduga Bukan Soal Stok, Lalu Apa?

Anggota Komisi VI DPR RI, Rieke Diah Pitaloka mengatakan kekurangan stock beras di pasaran sehingga menyebabkan kenaikan harga dinilainya bukan karena kurangnya stok hasil beras tani.

Rabu, 17/01/2018 20:35 0

Indonesia

Eksepsi Alfian Tanjung Ditolak, Sidang Dilanjutkan Rabu Depan

Sidang ketiga pengamat Partai Komunis Indonesia, Alfian Tanjung hari ini beragendakan pembacaan putusan sela oleh majelis hakim.

Rabu, 17/01/2018 20:27 0

Indonesia

Anggota DPR Heran, Tahun 2018 Tak Ada Laporan Akan Impor Beras

Anggota Komisi VI DPR RI, Rieke Diah Pitaloka menyatakan Komisi VI tidak pernah menerima laporan bahwa di awal tahun 2018 pemerintah akan melakukan impor beras.

Rabu, 17/01/2018 20:18 0

Indonesia

Tolak Penghayat Kepercayaan Masuk Kolom Agama KTP, Ini Solusi MUI

Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor perkara 97/PPU-XIV/2016 terkait pencantuman kolom penghayat kepercayaan ke dalam KTP elektronik bersifat final dan mengikat (final and binding).

Rabu, 17/01/2018 19:29 0

Indonesia

Inilah Para Advokat yang Siap Bela Ustadz Zulkifli

Ustadz Zulkifli Muhammad Ali ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri terkait kasus ujaran kebencian. Dai nasional asal Payakumbuh, Sumatra Barat itu akan menghadap polisi pada Kamis (18/01/2018) di Jakarta.

Rabu, 17/01/2018 17:16 0

Indonesia

Pengamat Duga Ada Permainan soal Data Stok Beras

Pakar Komunikasi Politik, Prof. Tjipta Lesmana menyoroti keputusan impor beras oleh pemerintah karena kurangnya stok. Menurutnya, itu bukan solusi. 

Rabu, 17/01/2018 16:44 0

Indonesia

CIIA: Bahrun Naim Tewas Ketika Ribat

Harits kemudian menegaskan Bahrun Nain bukan salah satu tokoh ISIS, terlebih pemimpin ISIS Asia Tenggara sebagaimana kerap disebut pihak aparat keamanan.

Rabu, 17/01/2018 15:47 0

Video Kajian

Tiga Cara Tazkiyatun Nafs

Tiga Cara Tazkiyatun Nafs. ni adalah bencana yang bermula dari hati yang telah kotor oleh kerak-kerak nafsu dunia. Lantas bagaimana cara kita menyucikan jiwa agar bersih dari noda? Apa langkah yang utama dan pertamanya, simak penjelasannya dalam kajian Ustadz Farid Ahmad Okbah, MA berikut ini!

Rabu, 17/01/2018 15:34 0

Indonesia

Pemerintah Jamin Impor Beras Takkan Rugikan Petani

Kebijakan impor 500.000 ton beras dikhawatirkan berdampak bagi petani. Harga gabah di tingkat petani diperkirakan anjlok karena sampainya impor mendekati panen raya.

Rabu, 17/01/2018 15:15 0

Close
CLOSE
CLOSE