... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jokowi Diminta Tegas Jika Ada Permainan dalam Impor Beras

Foto: Presiden RI Keenam, Joko Widodo.

KIBLAT.NET, Jakarta – Pengamat Komunikasi Politik, Prof. Tjipta Lesmana menduga adanya permainan dalam impor beras karena dilakukan menjelang masa panen. Permainan itu disebutnya dilakukan oleh pihak kementerian dan pengusaha beras.

“Solusinya adalah Jokowi segera panggil pembantu kerjanya, baik Kementan, Kemendag dan Bulog. Tanyakan kenapa tiba-tiba ada impor beras?” katanya dalam diskusi bertema “Polemik Harga dan Impor Beras” di Menteng, Rabu (17/01/2018).

Pemanggilan itu, lanjut dia, dilakukan untuk mengevaluasi data stok beras nasional. Sebab evaluasi menjadi solusi tepat, sehingga tidak terburu-buru memutuskan impor.

“Apabila data menyatakan stok beras melimpah tetapi Bulog tidak menyerap hasil petani dengan maksimal maka itu sangat disayangkan,” ujarnya.

Lebih jauh, Tjipta menyebut permainan dilakukan antara Kementerian Perdagangan dan para pengusaha beras. Jika benar terjadi permainan, Tjipta meminta Presiden Jokowi untuk mengambil sikap tegas.

“Kalau itu benar, Jokowi harus mencopot jabatannya dan memberikan sanksi. Sebab impor beras merugikan para petani, sehingga mau dikemanakan hasil panen nanti,” tuturnya.

Diketahui, data dari Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan Badan Pusat Statistik berbeda. Kementan dan BPS menyatakan stok beras mengalami surplus hingga jutaan ton dan stok aman hingga Maret-April.

Berbeda dengan Kemendag, alasan harga beras tinggi lantaran stok beras pemerintah di Bulog tidak mencukupi. Sehingga dilakukan operasi pasar dan untuk memenuhinya Kemendag memutuskan untuk melakukan impor sebanyak 500.000 ton beras dengan anggaran yang disiapkan Bulog sebesar Rp 15 triliun.

BACA JUGA  Ribuan Polisi “Kepung” Ratusan Mahasiswa Peserta Aksi Tuntut Perppu KPK

Senada, Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Saidah Sakwan mengatakan pihaknya terus mengawasi pengusaha beras. Apabila didapati melakukan penimbunan beras atau bermain harga maka pihaknya akan mengekspos mereka.

“Kita pantau mereka, bila didapati bermain di impor beras ini akan kita ekspos,” tandasnya.

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Yaman

Saudi Suntik Bank Sentral Yaman Dua Miliar Dolar

Suntikan ini untuk membantu menstabilkan mata uang Yaman. Saat ini, mata uang Yaman kehilangan separuh dari harganya terhadap dolar AS.

Kamis, 18/01/2018 09:50 0

News

Impor Beras: Petani Rugi, Pengusaha dan Pemerintah Untung Besar

"Seharusnya pemerintah bisa mensejahterakan petani bukan justru memihak pada pelaku pedagang saja. Selama ini hasil padi petani masih banyak yang tidak laku dan mengalami keanjlokan harga, pasalnya minimnya alat pengering sehingga gabah basah," kata Saidah dalam diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2018).

Kamis, 18/01/2018 08:42 0

News

Pengadilan Militer Mesir Vonis Seumur Hidup Syaikh Qardhawi

Pengadilan militer Mesir di Kairo Utara, Rabu (17/01), memvonis penjara seumur hidup terhadap Ketua Persatuan Ulama Muslim Internasional (IUMS), Syaikh Yusuf Qardhawi. Dia dituduh terlibat kelompok yang bertentangan dengan undang-undang dan melawan kebebasan serta hak publik

Kamis, 18/01/2018 07:56 0

Video Kajian

Abu Rusydan: Hati Hati, Jangan Mudah Mengafirkan

Abu Rusydan: Hati Hati, Jangan Mudah Mengafirkan. Sampai pada suatu masa, ia tidak lagi bermakmum di belakang Abdullah Azzam, dan tidak pernah lagi dalam waktu lama. Lalu ditanya, mengapa engkau tidak lagi shalat berjamaah bersama saya? Jawabannya mengejutkan!

Kamis, 18/01/2018 07:35 0

Timur Tengah

Persatuan Ulama Muslim Desak Saudi dan UEA Lepaskan Ulama

Ittihad Al-‘Alami Li Ulama Muslim (International Union for Muslim Scholars atau disingkat IUMS), Rabu (17/01), mendesak pembeban ulama dan dai yang ditahan oleh pemerintah Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA). Desakan ini disampaikan setelah kabar dilarikannya Syaikh Salman Al-Audah dari penjara isolasi di Jeddah ke rumah sakit akibat kondisi kesehatan yang memburuk.

Kamis, 18/01/2018 06:59 0

Asia

Israel dan India Jalin Kerja Sama Hadapi Islamis

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, Selasa (16/01), bahwa dia telah membahas langkah-langkah memperkuat kerja sama keamanan dengan India untuk melawan umat Islam yang dihadapi kedua negara.

Rabu, 17/01/2018 17:03 0

Video Kajian

Tiga Cara Tazkiyatun Nafs

Tiga Cara Tazkiyatun Nafs. ni adalah bencana yang bermula dari hati yang telah kotor oleh kerak-kerak nafsu dunia. Lantas bagaimana cara kita menyucikan jiwa agar bersih dari noda? Apa langkah yang utama dan pertamanya, simak penjelasannya dalam kajian Ustadz Farid Ahmad Okbah, MA berikut ini!

Rabu, 17/01/2018 15:34 0

Yaman

Memprihatinkan, Begini Kondisi Anak-anak Yaman Menurut PBB

Lebih dari tiga juta anak telah lahir di Yaman sejak krisis meletus pada bulan Maret 2015. Demikian menurut Badan PBB yang mengurusi anak-anak, UNICEF, pada hari Selasa (16/01/2018).

Rabu, 17/01/2018 12:17 1

Asia

Pemerintah India Cabut Dana Subsidi Haji

Menteri Urusan Etni Minoritas, Mukhtar Abbas, mengklaim bahwa pemerintah berusaha membantu warga Muslim yang berjumlah 175 juta tanpa menggunakan agama untuk "mendukung" mereka secara politis.

Rabu, 17/01/2018 08:58 0

Afghanistan

Jenderal AS: Kabul Terkepung

“Untuk itu, saat ini mereka (tentara AS) harus melakukan perjalanan menggunakan helikopter, tidak melintasi jalan raya,” imbuhnya.

Rabu, 17/01/2018 08:12 0

Close