... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AS Tangkap Mantan Agen CIA Asal Cina

Foto: Dinas rahasia AS, CIA.

KIBLAT.NET, Washington – Pihak berwenang AS melaporkan telah menangkap seorang mantan agen CIA pada Selasa (16/01/2018). Jerry Chun Shing Lee, yang berasal dari Hongkong ditangkap karena memiliki sebuah catatan tidak resmi yang berisi informasi tentang identitas mata-mata AS yang menyamar.

Departemen Kehakiman mengatakan Lee (53 th) tumbuh di Amerika Serikat dan bertugas di Angkatan Darat AS sebelum bergabung dengan Central Intelligence Agency (CIA) dengan jabatan setingkat perwira pada tahun 1994.

Lee bertugas di luar negeri dan meninggalkan CIA pada tahun 2007. Ia kemudian tampaknya mendapatkan pekerjaan di Hong Kong.

Dalam sebuah dakwaan yang diajukan di pengadilan federal New York, Departemen Kehakiman mengatakan bahwa pada tahun 2012, agen FBI dengan surat perintah pengadilan memerintahkan penggeledahan barang-barang milik Lee saat sedang bepergian di Amerika Serikat. Dari sana didapati bahwa dia membawa barang-barang rahasia yang buka menjadi otoritasnya.

“Agen menemukan dua buku kecil berisi catatan tulisan tangan yang berisi informasi rahasia. Termasuk nama sebenarnya dan nomor telepon aset dan pegawai rahasia CIA, catatan operasional dari rapat aset, lokasi pertemuan operasional dan lokasi fasilitas rahasia,” kata Jaksa.

Lee didakwa karena memiliki informasi pertahanan nasional yang tidak sah, yang dapat dituntut hingga 10 tahun penjara.

Pejabat tidak mengatakan mengapa butuh waktu lama untuk mengajukan tuntutan terhadap Lee, atau apakah dia telah membocorkan informasi tersebut ke negara lain.

BACA JUGA  Marinir AS Ditangkap Lantaran Beri Dukungan Hamas

Kasus tersebut terjadi di tengah kekhawatiran kalangan intelijen AS, bahwa pemerintah Cina kerap melumpuhkan operasi mereka di negara tersebut.

New York Times melaporkan tahun lalu bahwa mulai tahun 2010 sampai akhir tahun 2012, Cina membunuh setidaknya selusin agen yang dimiliki CIA di Cina dan memenjarakan enam atau lebih lainnya.

Ditanya tentang kasus ini dalam sebuah konferensi pers reguler di Beijing pada hari Rabu, juru bicara kementerian luar negeri Cina Lu Kang berkata, “Saya tidak mengetahui informasi yang Anda katakan.”

Sumber: World Bulletin
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Jokowi Diminta Tegas Jika Ada Permainan dalam Impor Beras

Pengamat Komunikasi Politik, Prof. Tjipta Lesmana menduga adanya permainan dalam impor beras karena dilakukan menjelang masa panen. Permainan itu disebutnya dilakukan oleh pihak kementerian dan pengusaha beras.

Kamis, 18/01/2018 11:40 0

Indonesia

MUI Usulkan KTP untuk Penghayat Kepercayaan Tak Cantumkan Kolom Agama

"Penghayat kepercayaan diberikan KTP-elektronik yang mencantumkan kolom kepercayaan tanpa ada kolom agama,"

Kamis, 18/01/2018 11:03 0

Indonesia

KPPU: Manajemen Stok Beras Kacau, Validasi Data Penting!

Komisioner KPPU Saidah Sakwan mengatakan antisipasi ini penting lantaran berpengaruh terhadap stok beras nasional. Selain itu validasi data juga menjadi hal penting, sebab bagaimana memanajemen stok sedangkan data tidak akurat.

Kamis, 18/01/2018 09:24 0

Video Kajian

Abu Rusydan: Hati Hati, Jangan Mudah Mengafirkan

Abu Rusydan: Hati Hati, Jangan Mudah Mengafirkan. Sampai pada suatu masa, ia tidak lagi bermakmum di belakang Abdullah Azzam, dan tidak pernah lagi dalam waktu lama. Lalu ditanya, mengapa engkau tidak lagi shalat berjamaah bersama saya? Jawabannya mengejutkan!

Kamis, 18/01/2018 07:35 0

Indonesia

Eksepsi Ditolak, Pengacara Alfian: Masih Ada Proses Pembuktian Dakwaan

Sidang putusan sela atas eksepsi yang diajukan pengacara Alfian Tanjung digelar hari ini (17/01/2018). Majelis Hakim dalam putusanya menolak seluruh eksepsi pengacara terdakwa.

Kamis, 18/01/2018 06:10 0

Indonesia

Impor Beras Diduga Bukan Soal Stok, Lalu Apa?

Anggota Komisi VI DPR RI, Rieke Diah Pitaloka mengatakan kekurangan stock beras di pasaran sehingga menyebabkan kenaikan harga dinilainya bukan karena kurangnya stok hasil beras tani.

Rabu, 17/01/2018 20:35 0

Indonesia

Eksepsi Alfian Tanjung Ditolak, Sidang Dilanjutkan Rabu Depan

Sidang ketiga pengamat Partai Komunis Indonesia, Alfian Tanjung hari ini beragendakan pembacaan putusan sela oleh majelis hakim.

Rabu, 17/01/2018 20:27 0

Indonesia

Anggota DPR Heran, Tahun 2018 Tak Ada Laporan Akan Impor Beras

Anggota Komisi VI DPR RI, Rieke Diah Pitaloka menyatakan Komisi VI tidak pernah menerima laporan bahwa di awal tahun 2018 pemerintah akan melakukan impor beras.

Rabu, 17/01/2018 20:18 0

Indonesia

Tolak Penghayat Kepercayaan Masuk Kolom Agama KTP, Ini Solusi MUI

Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor perkara 97/PPU-XIV/2016 terkait pencantuman kolom penghayat kepercayaan ke dalam KTP elektronik bersifat final dan mengikat (final and binding).

Rabu, 17/01/2018 19:29 0

Indonesia

Inilah Para Advokat yang Siap Bela Ustadz Zulkifli

Ustadz Zulkifli Muhammad Ali ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri terkait kasus ujaran kebencian. Dai nasional asal Payakumbuh, Sumatra Barat itu akan menghadap polisi pada Kamis (18/01/2018) di Jakarta.

Rabu, 17/01/2018 17:16 0

Close