... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bertolak ke Mesir, Menag Tegaskan Indonesia Tetap Dukung Palestina

Foto: Menag bersama Dirjen Pendis, Gubernur NTB, mantan Pemred Republika, dan lainnya, transit di Abu Dhabi, dalam perjalanan menuju Al Azhar, Kairo. (foto: kemenag.go.id)

KIBLAT.NET, Abu Dhabi- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertolak menuju Mesir untuk menghadiri Konferensi Internasional di Al Azhar. Menag akan menjadi pembicara kunci dalam Muktamar yang berjudul “Konferensi Internasional Al Azhar terhadap Penyelamatan Baitul Maqdis”.

Konferensi ini akan berlangsung dua hari, 17-18 Januari 2018. Saat transit di Abu Dhabi, Menag menegaskan kalau dirinya akan menegaskan kembali dukungan Indonesia kepada Palestina.

“Bangsa Indonesia dengan umat Islam terbesar memiliki sikap jelas dan tegas yakni mendukung setiap upaya-upaya kemerdekaan Palestina. Indonesia juga menolak klaim sepihak Amerika terkait Yerussalem,” terang Menag, Selasa (16/01/2018) seperti dikutip dari laman kemenag.go.id.

Menurut Menag, dukungan terkait masalah al-Quds al-Syarif ini harus terus disuarakan. Masalah al Quds dan Masjidil Aqsa bukan semata masalah bangsa Palestina, tetapi masalah global, karena berkaitan dengan agama, sejarah, warisan peradaban Islam.

“Masjidil Aqsa adalah kiblat pertama umat Islam, dan kota suci ketiga setelah Makkah dan Madinah. Di tempat inilah Nabi Muhammad SAW diperjalankan dalam peristiwa Isra’ dan Mi’raj,” tuturnya.

“Bukan hanya dukungan politik, Indonesia juga siap berpartisipasi dalam mewujudkan perdamaian di Palestina serta memperkuat institusi keagamaan melalui kerjasama Internasional,” sambungnya.

Konferensi Internasional ini juga secara khusus akan membahas dan menyoroti Sejarah dan Kebudayaan Baitul Maqdis, dulu dan sekarang. Salah satu topik bahasannya terkait pengaruh perubahan status Baitul Maqdis terhadap penyebaran permusuhan.

BACA JUGA  Sebut Almarhum Qidam Teroris, Kabidhumas Polda Sulteng Dilaporkan

Selama di Mesir, Menag juga dijadwalkan akan menghadiri pertemuan dengan para Mahasiswa Indonesia. Selain itu, Menag juga akan bertemu dengan Rektor Universitas al Azhar, Grand Syaikh Al Azhar, serta pimpinan lembaga Fatwa Mesir (dar el fatwa al Mishriyyah). Menag juga dijadwalkan meninjau pusat manuskrip keagamaan Al Azhar.

Menag akan tiba kembali di Tanah Air pada 19 Januari 2018. Ikut mendampingi Menag, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran Muchlis M Hanafi, Kasubdit Kelembagaan Diktis Agus Sholeh, dan Kasi Pengembangan Profesi pada PTKIN-DIKTIS M. Adib Abdushomad.

Sumber: Kemenag.go.id
Redaktur: Syafi’i Iskandar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Ratusan Pasukan Assad Tewas di Ghauta Timur, Ini Rinciannya

Pejuang oposisi di Ghouta Timur merilis jumlah korban dari pasukan Bashar Assad sejak awal serangan rezim ke wilayah itu pada akhir 2017.

Selasa, 16/01/2018 16:12 0

Afghanistan

Ghani: Jika AS Tarik Dukungan, Rezim Kabul Runtuh dalam 3 Hari

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan bahwa tentaranya hanya mampu bertahan selama enam bulan jika tanpa dukungan AS.

Selasa, 16/01/2018 09:27 0

Turki

Turki: AS Sedang “Bermain Api” di Suriah

Juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin, menggambarkan bahwa pengumuman Amerika Serikat membentuk kekuatan militer baru di Suriah di komando milisi Kurdi, tidak dapat diterima

Selasa, 16/01/2018 08:17 0

Palestina

Hamas Minta Bantuan Lebanon Selidiki Penyerang Kadernya

"Hamas berhubungan dengan pihak berwenang Lebanon untuk mengungkap penyebab di balik kejahatan teroris ini," kata Ali Barka, perwakilan Hamas di Lebanon.

Selasa, 16/01/2018 07:40 0

Amerika

Trump Berterimakasih kepada Emir Qatar karena Bantu Perangi “Terorisme”

Presiden AS dan Emir Qatar dalam sambungan itu lebih banyak membahas isu-isu yang dapat ditangani bersama dalam menjaga stabilitas yang lebih luas di kawasan.

Selasa, 16/01/2018 06:30 0

Suriah

Rudal Assad Sasar Kamp Pengungsi di Idlib

Tekanan pemerintah Turki tampaknya tak begitu dihiraukan oleh rezim Suriah, Bashar Al Assad. Serangan terhadap Idlib terus diluncurkan.

Senin, 15/01/2018 21:53 0

Suriah

Kapal Tempur Rusia Gempur Idlib dengan Rudal Balistik

Tak hanya pasukan udara, militer Rusia juga mengerahkan armada tempur laut untuk menggempur pejuang revolusi Idlib. Serangan dari laut itu menghantam sekitar Kota Abu Dzuhur di pedesaan Idlib timur dan Ad-Dier timur di pedesaan idlib selatan.

Senin, 15/01/2018 21:45 0

Myanmar

ARSA: Kejahatan Burma Akan Kami Ungkap pada Waktunya

Dalam pernyataannya, ARSA menyatakan bahwa Myanmar telah menjual kabar palsu terkait angka kematian dan pembunuhan terhadap warga Rohingya.

Senin, 15/01/2018 21:17 0

Info Event

Komunitas Hijab Syar’i Tangerang Gelar Event Gerakan Menutup Aurat (GEMAR)

Gerakan Menutup Aurat (GEMAR) Komunitas Hijab Syar’i Tangerang

Senin, 15/01/2018 15:28 1

Asia

Israel-India Perkuat Kerja Sama Bidang Ekonomi hingga Pertahanan

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu tiba di India untuk pertama kalinya pada Ahad (14/01/2018). Selama kunjungan enam hari, Benyamin ingin memperluas hubungan pertahanan, perdagangan dan energi antar kedua negara.

Senin, 15/01/2018 15:21 0

Close