... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Media Pemerintah Suriah Tuding Turki Terlibat Serangan Bersama Oposisi di Idlib

Foto: Reruntuhan gedung akibat serangan udara di Idlib

KIBLAT.NET, Damaskus- Buntut serangan balik pejuang-pejuang oposisi Suriah pada hari Kamis (11/01/2018) lalu yang menyebabkan pasukan Assad mengalami kerugian besar di propinsi Idlib, media pemerintah Suriah, SANA, menuding Turki terlibat dalam serangan tersebut. Mengutip pernyataan sejumlah komandan militer Assad bahwa pemerintah Turki ikut ambil bagian dalam serangan oposisi.

Upaya serangan yang terjadi di bagian selatan propinsi Idlib itu diklaim bertujuan untuk menghentikan pasukan Assad yang mencoba bergerak maju ke arah pangkalan udara Abu al-Dhuhur. Sejak September 2015, Abu al-Dhuhur jatuh ke tangan oposisi yang saat itu bernama Jaisyu al-Fath. Dalam ofensif kali ini, pejuang-pejuang dari kelompok FSA maupun “Jabhah Nusrah” dilaporkan ikut bertempur.

Di bagian lain, SANA juga menulis laporan tentang keterlibatan kelompok jihadis Turkistan Islamic Party yang mengerahkan sebagian besar pasukan mereka dengan rencana, arahan, dan dukungan langsung dari pemerintah Turki.

Sebelumnya, Turki pernah memberikan dukungan substansial terhadap pejuang oposisi di provinsi Aleppo di sebelah timur Idlib. Maka dugaan keterlibatan mereka kali ini tidaklah mengagetkan. Namun demikian, Turki tidak mungkin mengakui dan selama ini mereka jarang mengkonfirmasi bahwa pasukan mereka terlibat dalam serangan terhadap pasukan rezim Suriah.

Sumber: Antiwar
Redaktur: Yasin Muslim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

19 Desa di Afghanistan Nyatakan Dukung Taliban

Sekitar 19 desa dari daerah Jalaie, distrik Jawand, provinsi Badghis menyatakan sumpah setia kepada Imarah Islam Afghanistan. Pemerintahan yang dikelola oleh Taliban itu menyambut hangat pernyataan tersebut.

Ahad, 14/01/2018 18:54 0

Turki

Turki Kampanyekan Dukungan untuk Al-Quds dengan Lari Bersama

Klub Pemuda dan Olahraga Turki, Oncu pada hari Ahad (14/01/2018) menggelar acara lari bersama di ibukota Turki, Istanbul. Tujuan diadakannya acara tersebut guna meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar terhadap kebengisan Zionis Israel di Yerusalem.

Ahad, 14/01/2018 16:13 0

Amerika

Aktivis HAM Geruduk Gedung Putih, Desak Penutupan Penjara Guantanamo

Seruan untuk menutup penjara Guantanamo mengemukan di sekitar Gedung Putih. Para aktivis HAM berkumpul dan menuntut agar pusat penahanan di Pangkalan Angkatan Laut AS di Kuba itu ditutup.

Ahad, 14/01/2018 14:57 0

Suriah

Pasukan Assad Bongkar Kuburan Kristen Demi Curi Perhiasan

Pasukan Assad membongkar kuburan orang Kristen di Harasta, wilayah Damaskus untuk mendapatkan perhiasan atau barang-barang berharga di dalamnya. 

Ahad, 14/01/2018 13:33 0

Suriah

Pejuang Suriah Rebut Kembali Belasan Desa di Idlib

Pejuang Suriah dikabarkan berhasil merebut kembali empat desa dari pasukan rezim Bashar Assad di wilayah Idlib selatan.

Ahad, 14/01/2018 11:35 0

Suriah

Pasukan Assad Tebarkan Gas Beracun di Pemukiman Warga

Lembaga kemanusiaan Suriah, White Helmets menyatakan bahwa pasukan rezim Assad telah menggunakan gas klorin untuk menyerang di Ghouta Timur.

Ahad, 14/01/2018 10:37 0

Suriah

Serangan Udara Rusia Bunuh 14 Warga Sipil di Idlib

Angkatan bersenjata Rusia dikabarkan kembali menggempur sejumlah wilayah di provinsi Idlib.

Ahad, 14/01/2018 10:10 0

Amerika

Pernyataan Rasis Trump Picu Kemarahan Internasional

Organisasi-organisasi internasional termasuk PBB dan Uni Afrika, para politisi, orang-orang Afrika dan Karibia, marah dan merasa terhina atas pernyataan terbaru Presiden AS Donald Trump yang dianggap sangat rasis.

Sabtu, 13/01/2018 20:51 0

Turki

Turki Larang Warganya Bepergian ke AS, Ada Apa?

Pemerintah Turki baru-baru ini memperingatkan warganya untuk tidak bepergian —atau berhati-hati jika terpaksa bepergian— ke Amerika Serikat. Peringatan ini dikeluarkan karena warga Turki akan menghadapi risiko penangkapan sewenang-wenang di Negara tersebut.

Sabtu, 13/01/2018 13:37 0

Manhaj

Ketika Lawakan Berbuah Petaka

KIBLAT.NET - Beberapa hari belakangan ini, lini masa media sosial para aktivis kembali dihebohkan dengan video aksi komika Stand Up Comedy yang diduga mengadung unsur SARA. Joshua dan Ge Pamungkas, dua komika sekaligus Actor Film Nasional ini sekarang resmi dilaporkan ke polisi. Pasalnya, dalam panggung yang berbeda, dua komika ini membawakan materi lawakan yang dituding menyudutkan agama Islam.

Sabtu, 13/01/2018 09:44 0

Close