... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kebijakan Impor Beras Dinilai Rugikan Petani

Foto: ilustrasi

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini mengkritisi keputusan Pemerintah melakukan impor 500 ribu ton beras dari Vietnam dan Thailand untuk menstabilkan harga beras di pasaran dan menaikkan harga beras itu sendiri. Menurutnya, kebijakan ini akan membebani rakyat.

“Memang harga beras tingkat Medium dan Premium di pasar dalam beberapa waktu terakhir telah meresahkan masyarakat. Dan sudah menjadi tugas Pemerintah untuk segera mengendalikan laju kenaikan harga beras tersebut karena jika dibiarkan akan berdampak inflasi yang pada akhirnya akan semakin membebani rakyat,” katanya kepada Kiblat.net melalui keterangan tertulis pada Ahad (14/01/2018).

Anggota Komisi I DPR RI ini juga menegaskan bahwa kebijakan impor beras jelas bukan solusi, melainkan semakin menekan petani. Maka, kata dia, wajar sejumlah Pemda dan petani lokal serempak menolak masuknya beras impor tersebut.

“Kenaikan harga beras di tengah surplus produksi beras di berbagai daerah ini jelas menunjukkan ketidakmampuan Pemerintah dalam mengendalikan harga dan pasokan perberasan nasional. Ditambah lagi solusi instan yang diambil Pemerintah adalah impor, ini menunjukkan tata niaga perberasan yang sangat buruk. Ini bukan solusi,” ujarnya.

Jazuli menilai, Pemerintah dalam hal ini Mentan dan Mendag lemah dalam koordinasi dan supervisi. Sehingga, lanjutnya, tidak mampu mengintervensi pasar dan mengendalikan stok pangan yang ada di pasar.

“Sehingga ketika ada gangguan dalam rantai pasok, harga langsung naik dan pasokan berkurang drastis,” tukasnya.

BACA JUGA  Hingga Hari Kedua Lebaran, 135 Napi Asimilasi Kembali Ditangkap

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Pejuang Suriah Rebut Kembali Belasan Desa di Idlib

Pejuang Suriah dikabarkan berhasil merebut kembali empat desa dari pasukan rezim Bashar Assad di wilayah Idlib selatan.

Ahad, 14/01/2018 11:35 0

Suriah

Pasukan Assad Tebarkan Gas Beracun di Pemukiman Warga

Lembaga kemanusiaan Suriah, White Helmets menyatakan bahwa pasukan rezim Assad telah menggunakan gas klorin untuk menyerang di Ghouta Timur.

Ahad, 14/01/2018 10:37 0

Suriah

Serangan Udara Rusia Bunuh 14 Warga Sipil di Idlib

Angkatan bersenjata Rusia dikabarkan kembali menggempur sejumlah wilayah di provinsi Idlib.

Ahad, 14/01/2018 10:10 0

Amerika

Pernyataan Rasis Trump Picu Kemarahan Internasional

Organisasi-organisasi internasional termasuk PBB dan Uni Afrika, para politisi, orang-orang Afrika dan Karibia, marah dan merasa terhina atas pernyataan terbaru Presiden AS Donald Trump yang dianggap sangat rasis.

Sabtu, 13/01/2018 20:51 0

Turki

Turki Larang Warganya Bepergian ke AS, Ada Apa?

Pemerintah Turki baru-baru ini memperingatkan warganya untuk tidak bepergian —atau berhati-hati jika terpaksa bepergian— ke Amerika Serikat. Peringatan ini dikeluarkan karena warga Turki akan menghadapi risiko penangkapan sewenang-wenang di Negara tersebut.

Sabtu, 13/01/2018 13:37 0

Manhaj

Ketika Lawakan Berbuah Petaka

KIBLAT.NET - Beberapa hari belakangan ini, lini masa media sosial para aktivis kembali dihebohkan dengan video aksi komika Stand Up Comedy yang diduga mengadung unsur SARA. Joshua dan Ge Pamungkas, dua komika sekaligus Actor Film Nasional ini sekarang resmi dilaporkan ke polisi. Pasalnya, dalam panggung yang berbeda, dua komika ini membawakan materi lawakan yang dituding menyudutkan agama Islam.

Sabtu, 13/01/2018 09:44 0

Artikel

Hiburan Bagi Orang Beriman

Adakalanya rasa penat dan bosan menghinggap karena kesibukan yang berjalan begitu saja. Secara fitrah manusia membutuhkan hiburan untuk memecahkan kebosanan. Bagi orang beriman ada cara tersendiri untuk mengusir kebosanan.. Inilah caranya...

Sabtu, 13/01/2018 08:37 2

Suriah

Ghouta Timur Dibombardir Pasukan Rezim Bashar Assad, Korban Sipil Berjatuhan

Lima orang warga sipil Suriah terbunuh setelah Pasukan Rezim Bashar Assad membombardir Ghouta Timur

Sabtu, 13/01/2018 08:07 0

Pakistan

Pakistan Merasa Dikhianati Amerika Serikat

"Seluruh rakyat Pakistan merasa tidak nyaman dengan pernyataan AS baru-baru ini meskipun berpuluh-puluh tahun kerja sama," kata pernyataan militer Pakistan mengutip perkataan Bajwa, seperti dilansir Al-Jazeera, Jumat (12/01).

Sabtu, 13/01/2018 07:31 0

Myanmar

Gulai Cincang Kambing Padang dari ONECARE untuk Pengungsi Rohingya

Lembaga Kemanusiaan ONECARE menyajikan menu Gulai Cincang Kambing khas Padang dalam program bantuan makanan untuk pengungsi Rohingya

Sabtu, 13/01/2018 07:06 0

Close