... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Aktivis HAM Geruduk Gedung Putih, Desak Penutupan Penjara Guantanamo

Foto: Aktivis HAM melakukan teatrikal penyiksaan tahanan Guantanamo di depan Gedung Putih.

KIBLAT.NET, Washington – Seruan untuk menutup penjara Guantanamo mengemukan di sekitar Gedung Putih. Para aktivis HAM berkumpul dan menuntut agar pusat penahanan di Pangkalan Angkatan Laut AS di Kuba itu ditutup.

Para aktivis yang terdiri dari sejumlah organisasi HAM terkemuka menolak segala bentuk penyiksaan di penjara Guantanamo (juga juga dikenal sebagai Gitmo).

“Hari ini, 16 tahun kemudian, saya merasa sedih dengan apa yang saya lihat di Guantanamo, yang merupakan simbol penyiksaan dan penindasan,” kata Mark Fallon, mantan konsultan Keamanan Dalam Negeri.

Sementara itu, Aliya Hana, Manajer Program Advokasi di Pusat Hak Konstitusional (CCR) menggambarkan Gitmo sebagai “tempat gelap yang kejam”. Ia mengatakan bahwa penjara itu dirancang untuk mengisolasi tahanan dari seluruh dunia.

Hana juga mengatakan Presiden Donald Trump menjaga Gitmo tetap berdiri karena kebenciannya terhadap orang-orang Muslim.

“Guantanamo adalah simbol paling dramatis dan mengerikan dari penyalahgunaan yang bisa ditolerir negara ini, di mana selama ini korbannya adalah umat Islam,” ujarnya sembari mengumumkan bahwa CCR telah secara resmi membawa Trump ke pengadilan pada Kamis (11/01/2018).

“CCR telah mengajukan tantangan besar pertama terhadap kebijakan Guantanamo Trump. Mereka tidak dapat ditahan selamanya sehubungan dengan perang yang mungkin tidak akan pernah berakhir,” tambahnya.

Untuk diingat, penjara Guantanamo dibuka sesaat setelah Amerika Serikat menginvasi Afghanistan setelah serangan teror 11 September 2001. Tersangka terorisme pertama ditahan dan dibawa ke penjara pada 11 Januari 2002, di bawah perintah Presiden George A. Bush saat itu.

BACA JUGA  Idul Fitri dan Pandemi Covid-19

Daphne Eviatar, Direktur Keamanan dengan Program Hak Asasi Manusia di Amnesty International USA mengatakan kondisi para tahanan yang dipenjara tanpa proses pengadilan semakin memburuk dari tahun ke tahun sejak dibuka 16 tahun yang lalu.

Sumber: Anadolu
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Solusi PKS Agar Pemerintah Tak Mudah Impor Beras

Pemerintah perlu melakukan evaluasi terhadap Permendag 57/2017 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras dan Permentan 31/2017 tentang Kelas Mutu Beras.

Ahad, 14/01/2018 12:10 0

Indonesia

Kebijakan Impor Beras Dinilai Rugikan Petani

Kebijakan impor beras jelas bukan solusi, melainkan semakin menekan petani.

Ahad, 14/01/2018 11:43 0

Indonesia

Cara Muslimah Negarawan Bandung Bentengi Anak dari LGBT 

Maraknya isu penyimpangan seksual seperti Lesbian, Biseksual, Homoseksual, Transgender (LGBT) membuat khawatir para muslimah yang juga sebagai calon ibu.

Ahad, 14/01/2018 11:03 0

Indonesia

Begini Kata Arie Untung soal ‘Lawakan’ Ge dan Joshua

Arie Untung turut memberikan komentar dalam kasus lawakan yang menyinggung Islam oleh Ge Pamungkas dan Joshua Suherman. Ia menilai hal itu tidak selayaknya diutarakan.

Ahad, 14/01/2018 09:55 0

Indonesia

LBH GP Ansor Minta Agama Tidak Dibawa-bawa dalam Lawakan

Lembaga Bantuan Hukum Gerakan Pemuda Ansor (LBH GP Ansor) mengimbau supaya kasus Joshua Suherman dan Ge Pamungkas dapat menjadi pelajaran bagi pelawak lainnya.

Ahad, 14/01/2018 09:10 1

Indonesia

Kaum Muda Diingatkan Tidak Terjebak pada Politik Pragmatis

Forum Pemuda dan Mahasiswa Islam (FPMI) Jawa Barat menggelar even Youth Movement Outlook (YMO) 2018 bertajuk ‘Menjaga Identitas Politik Kaum Muda di Tengah Kisruh Pesta Demokrasi’.

Ahad, 14/01/2018 08:59 0

Indonesia

LBH GP Ansor Sarankan Joshua dan Ge Tak Perlu Minta Maaf

Apa yang perlu dimaafkan, tidak ada. Saya memisalkan ada orang mencuri terus kita langsung pukuli orang yang kita tuduh mencuri itu, apakah dibenarkan baik salah maupun dalam etika Islam? Pasti tidak bisa dibenarkan, baik hukum negara maupun hukum Islam harus dibuktikan dahulu," katanya kepada Kiblat.net di kantornya Hinata, Jumat (13/1/18).

Sabtu, 13/01/2018 22:16 0

Indonesia

LBH GP Ansor: Lawakan Joshua dan Ge Tak Ada Unsur Nistakan Agama

Kedatangan mereka, pada Senin (8/1/18) ke LBH GP Ansor dalam rangka meminta pandangan dan bantuan hukum

Sabtu, 13/01/2018 21:21 0

Manhaj

Ketika Lawakan Berbuah Petaka

KIBLAT.NET - Beberapa hari belakangan ini, lini masa media sosial para aktivis kembali dihebohkan dengan video aksi komika Stand Up Comedy yang diduga mengadung unsur SARA. Joshua dan Ge Pamungkas, dua komika sekaligus Actor Film Nasional ini sekarang resmi dilaporkan ke polisi. Pasalnya, dalam panggung yang berbeda, dua komika ini membawakan materi lawakan yang dituding menyudutkan agama Islam.

Sabtu, 13/01/2018 09:44 0

Artikel

Hiburan Bagi Orang Beriman

Adakalanya rasa penat dan bosan menghinggap karena kesibukan yang berjalan begitu saja. Secara fitrah manusia membutuhkan hiburan untuk memecahkan kebosanan. Bagi orang beriman ada cara tersendiri untuk mengusir kebosanan.. Inilah caranya...

Sabtu, 13/01/2018 08:37 2

Close