... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

LBH GP Ansor Sarankan Joshua dan Ge Tak Perlu Minta Maaf

Foto: Ge Pamungkas dan Joshua Suherman

KIBLAT.NET, Jakarta – LBH GP Ansor menilai Joshua Suherman dan Ge Pamungkas tidak perlu merasa bersalah dan meminta maaf atas lawakannya. Sebab, tidak ada yang perlu dimaafkan dan tidak ada unsur menyinggung akidah agama manapun hanya menyinggung individualnya.

Direktur Advokasi dan Litigasi LBH GP Ansor, Achmad Budi Prayoga mengatakan dalam pertemuan GP Ansor dengan Joshua dan Ge Pamungkas tidak ada pernyataan meminta maaf. Soal bersalah atau tidaknya kita harus buktikan terlebih dahulu.

“Apa yang perlu dimaafkan, tidak ada. Saya memisalkan ada orang mencuri terus kita langsung pukuli orang yang kita tuduh mencuri itu, apakah dibenarkan baik salah maupun dalam etika Islam? Pasti tidak bisa dibenarkan, baik hukum negara maupun hukum Islam harus dibuktikan dahulu,” katanya kepada Kiblat.net di kantornya Hinata, Jumat (13/1/18).

Menurut Achmad, materi Joshua dan Ge Pamungkas tidak menyinggung akidah sehingga tidak masuk kategori menistakan agama. Bagi siapapun apabila tidak memiliki kompetensi untuk menilai, lebih baik diam.

“Lebih baik diam jangan main tuduh. Sebab semua orang tidak ingin dirinya dituduh,” ucapnya.

Saat ditanya apa perbedaan kasus ini dengan kasus Ahok sebelumnya. LBH GP Ansor memandang kasus ini berbeda dengan kasus Ahok, siapapun tidak bisa membandingkan ke dua kasus itu.

“Perbedaannya, kita semua tahu bahwa kasus Ahok telah diputuskan di pengadilan. Akan tetapi kasus Joshua dan Ge Pamungkas belum terbukti,” katanya.

BACA JUGA  Mahathir Rilis Partai "Pejuang", Ini Visi-Misinya

Dia juga mengatakan kepada umat Muslim harus berpikir jernih dalam menyikapi sesuatu hal dan tidak berkomentar di sosial media dengan pedas. Paling tidak kita harus mengedepankan asas praduga tak bersalah dan berakhlak yang baik.

“Kita tidak boleh melakukan upaya hakim sendiri dengan menuding, membully terhadap seseorang yang belum tentu bersalah apalagi tuduhan fitnah itu dilakukan sosial media tanpa ada klarifikasi,” pungkasnya.

Reporter : Hafidz Syarif
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Pernyataan Rasis Trump Picu Kemarahan Internasional

Organisasi-organisasi internasional termasuk PBB dan Uni Afrika, para politisi, orang-orang Afrika dan Karibia, marah dan merasa terhina atas pernyataan terbaru Presiden AS Donald Trump yang dianggap sangat rasis.

Sabtu, 13/01/2018 20:51 0

Turki

Turki Larang Warganya Bepergian ke AS, Ada Apa?

Pemerintah Turki baru-baru ini memperingatkan warganya untuk tidak bepergian —atau berhati-hati jika terpaksa bepergian— ke Amerika Serikat. Peringatan ini dikeluarkan karena warga Turki akan menghadapi risiko penangkapan sewenang-wenang di Negara tersebut.

Sabtu, 13/01/2018 13:37 0

Manhaj

Ketika Lawakan Berbuah Petaka

KIBLAT.NET - Beberapa hari belakangan ini, lini masa media sosial para aktivis kembali dihebohkan dengan video aksi komika Stand Up Comedy yang diduga mengadung unsur SARA. Joshua dan Ge Pamungkas, dua komika sekaligus Actor Film Nasional ini sekarang resmi dilaporkan ke polisi. Pasalnya, dalam panggung yang berbeda, dua komika ini membawakan materi lawakan yang dituding menyudutkan agama Islam.

Sabtu, 13/01/2018 09:44 0

Artikel

Hiburan Bagi Orang Beriman

Adakalanya rasa penat dan bosan menghinggap karena kesibukan yang berjalan begitu saja. Secara fitrah manusia membutuhkan hiburan untuk memecahkan kebosanan. Bagi orang beriman ada cara tersendiri untuk mengusir kebosanan.. Inilah caranya...

Sabtu, 13/01/2018 08:37 2

Suriah

Ghouta Timur Dibombardir Pasukan Rezim Bashar Assad, Korban Sipil Berjatuhan

Lima orang warga sipil Suriah terbunuh setelah Pasukan Rezim Bashar Assad membombardir Ghouta Timur

Sabtu, 13/01/2018 08:07 0

Pakistan

Pakistan Merasa Dikhianati Amerika Serikat

"Seluruh rakyat Pakistan merasa tidak nyaman dengan pernyataan AS baru-baru ini meskipun berpuluh-puluh tahun kerja sama," kata pernyataan militer Pakistan mengutip perkataan Bajwa, seperti dilansir Al-Jazeera, Jumat (12/01).

Sabtu, 13/01/2018 07:31 0

Myanmar

Gulai Cincang Kambing Padang dari ONECARE untuk Pengungsi Rohingya

Lembaga Kemanusiaan ONECARE menyajikan menu Gulai Cincang Kambing khas Padang dalam program bantuan makanan untuk pengungsi Rohingya

Sabtu, 13/01/2018 07:06 0

Suriah

Rezim Suriah Kehilangan Ratusan Pasukan Hanya dalam Lima Pekan

Tak kurang 180 tentara rezim Bashar Assad dan sekutunya telah terbunuh dalam lima pekan terakhir dalam pertempuran di Idlib, Suriah

Sabtu, 13/01/2018 06:19 0

Amerika

Lawan Sentimen Anti-Muslim, Tahanan Guantanamo Gugat Trump

Sebelas tahanan di penjara Teluk Guantanamo mengajukan gugatan kepada Presiden AS Donald Trump. Para tahanan menyatakan bahwa mereka ditahan secara ilegal karena beragama Islam.

Jum'at, 12/01/2018 15:59 0

Video Kajian

Khutbah Jumat : Jangan Melihat Orang Dari Penampilanya – Ust. Eko Febriyanto

KIBLAT.NET – Banyak sekali kita temui di luar sana, banyak orang yang penampilan luarnya tidak...

Jum'at, 12/01/2018 15:58 0

Close