... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Mujahidin di Pedesaan Idlib Luncurkan Serangan Balik

Foto: Pejuang Ahrar Al-Syam di pedesaan Idlib/ilustrasi

KIBLAT.NET, Idlib – Mujahidin Suriah, Rabu malam (10/01), meluncurkan serangan balasan terhadap militer Suriah dan milisi sekutunya yang bergerak ke bandara militer Abu Dzuhur di pedesaan Idlib. Serangan ini membuat militer tak meraih kemajuan sedikitnya.

Lembaga pengawas HAM Suriah (SHOR), operasi malam hari itu diluncurkan oleh faksi-faksi pejuang yang berada di dalam kompleks Abu Dzuhur, terutama Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) bekerja sama dan faksi Hizb Al-Islamy At-Turkistani (HIT). Pertempuran ini dinamai dengan sandi “Sesungguhnya Allah mampu memberi pertolongan”.

Direktur SHOR, Rami Abdurrahman menunjukkan pejuang menyerang militer dari front selatan bandara terbesar di Suriah utara itu. Sedikitnya 35 tentara rezim tewas akibat serangan ini.

Pertempuran kembali berkobar pada Kamis pagi (11/01) di garis luar bandara. Faksi HIT dan Ahrar Al-Syam mencoba memukul mundur militer Suriah dari perbatasan administrasi Idlib dan Hama. Langkah ini untuk mengurangi tekanan terhadap Abu Dzuhur.

Perang berlangsung sengit di sisi selatan Abu Dzuhur. Jet tempur Rusia dan Suriah bergantian membombardir posisi mujahidin.

Faksi oposisi yang berada di luar Abu Dzuhur tak ketinggalan. Mereka menyambut pertempuran itu dengan membuat ruang operasi bersama dengan sandi “Menghadang Tiran”. Yang bergabung dalam ruang operasi ini faksi-faksi di bawah naungan Free Syrian Army (FSA). Mereka terdiri dari Jaisyun Nasr, Faylaq Al-Syam, Jaisy Idlib Al-Hurr, Jaisy Nukbah dan Jaisyul Tsani.

Pertempuran itu juga disambut oleh Jaisyul Ahrar, Jaiysul Izzah dan Nurudin Zanky. Mereka membuka front di garis wilayah kontrol masing-masing.

Jaringan TV Orient News melaporkan, faksi “Menghadang Tiran” berhasil merebut sejumlah desa dan kota yang menuju Abu Dzuhur dari militer Suriah. Desa dan kota itu terlepas dalam beberapa hari terakhir akibat kampanye militer rezim yang didukung kekuatan udara Rusia.

Portal Enabbaladi.net, melansir dari sumber pejuang, menyebutkan bahwa faksi “Menghadang Tiran” berupaya memutus jalur logistik militer Suriah yang berada di dekat Abu Dzhur. Sehingga, militer rezim di front depan itu terisolasi.

Namun kondisi berubah pada Kamis siang. Rezim menurunkan kekuatan udara sehingga membuyarkan pertahanan pejuang. Sebanyak lima desa lebih yang berhasil direbut akhirnya kembali jatuh ke tangan militer Suriah. Strategi mengisolasi militer Suriah yang berada di front depan pun gagal.

Perlu diketahui, Abu Dzuhur yang direbut oleh pejuang HTS pada 2015 merupakan bandara militer terbesar di Suriah utara. Bandara ini sangat penting bagi rezim untuk mendukung operasi di wilayah Idlib. Beradanya bandara ini di bawah kontrol pejuang memaksa jet Suriah menempuh perjalanan jauh untuk melakukan serangan ke Idlib.

Sumber: Orient News, Enabbaladi
Redaktur: Sulhi El-Izzi

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Masyarakat Pakistan Tuntut Keadilan untuk Zainab

Ketika terjadinya penculikan, orang tua Zainab tengah berada di Arab Saudi untuk melakukan ibadah umrah. Orang tuanya kembali ke Pakistan pada Rabu pagi, beberapa jam setelah jasad Zainab dishalatkan.

Kamis, 11/01/2018 22:20 0

Indonesia

Islam Jadi Guyonan Komika, LPI: Maunya Mereka Apa?

Laskar Pembela Islam (LPI) turut memberikan komentar soal ucapan beberapa komika yang menyinggung agama. Menurut panglima LPI, Maman Suryadi, menegaskan bahwa para komika tersebut menantang umat Islam.

Kamis, 11/01/2018 21:34 0

Indonesia

LPI Bakal Geruduk Kantor Facebook, Kenapa?

Laskar Pembela Islam (LPI) bersama ormas lain berencana mengadakan aksi protes ke kantor Facebook Indonesia, di Jakarta. Hal itu ditegaskan oleh panglima LPI, Ustadz Maman Suryadi.

Kamis, 11/01/2018 21:16 0

Indonesia

Tuntut Minta Maaf, LPI Berencana Datangi Rumah Joshua

Panglima Laskar Pembela Islam (LPI), Maman Suryadi mengatakan bahwa pihaknya memiliki rencana untuk mendatangi rumah Joshua agar meminta maaf kepada umat Islam.

Kamis, 11/01/2018 20:35 0

Indonesia

Sebagai Efek Jera, Ucapan Ge Pamungkas Harus Diproses Hukum

Ahli hukum pidana, Nasrullah Nasution mengatakan bahwa komika Ge Pamungkas bisa dijerat undang-undang penodaan agama.

Kamis, 11/01/2018 20:03 1

Indonesia

Silang Pendapat Susi-Luhut Tunjukan Koordinasi Pemerintah Lemah

Menteri Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Susi Budjiastuti terlibat selang pendapat dalam hal penenggelaman kapal yang mencuri ikan di perairan Indonesia.

Kamis, 11/01/2018 19:34 0

Indonesia

Tragedi Kapal Mavi Marmara Diharap Tak Menimpa ACT

Wakil Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT), Insan Nurrohman berharap, pengiriman bantuan logistik oleh pihak ACT ke Palestina yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2018 mendatang berjalan dengan lancar dan tidak terkendala apapun.

Kamis, 11/01/2018 19:15 0

Artikel

Antara Penyair Penghina Nabi dan Komedian Pengolok Islam

Beruntung bagi Ge Pamungkas dan Joshua Suherman karena mereka tidak berada di zaman Fathu Mekkah. Bisa saja mereka masuk dalam daftar yang orang yang tidak diberi amnesti oleh Nabi.

Kamis, 11/01/2018 18:29 0

Editorial

Editorial: Pasti Tiba, Hari Pembalasan untuk Pengolok

Lagi-lagi umat Islam digegerkan oleh sindiran dan olok-olok berbau SARA. Di panggung komedi, Joshua Suherman dan Ge Pamungkas berusaha meraih tawa penontonnya dengan menyelipkan kata-kata nyinyir terhadap keyakinan yang dianut mayoritas rakyat Indonesia.

Kamis, 11/01/2018 16:00 0

Indonesia

Buntut Lawakan Singgung Islam, Joshua Bisa Diancam 4 Tahun Penjara

Joshua bisa dikenakan UU ITE Pasal 27 ayat 3 pasal 28 ayat 2 UU No 19 Tahun 2016 atas perubahan UU No 11 tahun 2008 tentang ITE dan atau Pasal 156a KUHP dengan ancaman empat tahun penjara

Kamis, 11/01/2018 15:15 3