... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Menyusup Hingga Jadi Komandan, Pejuang Taliban Sukses Tewaskan Tentara AS

Foto: Tentara AS di Afghanistan

KIBLAT.NET, Nangarhar – Imarah Islam Afghanistan (Taliban) kembali sukses menyusupkan dua pejuangnya di barisan militer Afghanistan. Bahkan, kedua pejuang tersebut dipercaya sebagai komandan tempur.

Operasi penyusupan ini baru diketahui setelah dua mujahid itu memberondong militer AS yang tengah menggelar pertemuan dengan tentara lokal di distrik Achin, provinsi Nangarhar, Afghanistan Timur, pada Kamis (11/01). Dilaporkan belasan tentara AS tewas dan luka-luka akibat operasi yang dikenal dengan “Operasi Inghimas” itu.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, dalam keterangannya kepada media mengatakan bahwa operasi pada Kamis siang itu dilakukan oleh Komandan Baja Khan dan Komandan Miendar. Ia menegaskan, keduanya berhasil menyusup sehingga dipercaya menjadi komandan tempur di barisan musuh.

Menurut sejumlah sumber keamanan Nangarhar yang dilansir Al-Araby Al-Jadid, serangan insider itu terjadi saat pasukan AS bertemu dengan tentara lokal yang berada di front depan menghadapi kelompok Daulah Islamiyah (ISIS) di daerah Muhammad Drih, Distrik Achin. Tiba-tiba salah seorang tentara Afghanistan (pejuang Taliban yang menyusup) memberondong pasukan AS. Akibatnya, sejumlah tentara tewas dan luka-luka.

Masih menurut sumber, spontan tentara AS membalas tembakan itu. Namun tembakan balasan sporadis ke arah pasukan pemerintah. Korban tentara lokal pun berjatuhan. Di antaranya komandan lapangan.

Taliban mengatakan, sedikitnya 16 tentara AS tewas dan luka-luka akibat serangan itu. Sementara pemerintah Nangarhar menyebutkan, sebanyak 12 tentara pemerintah tewas akibat pertempuran dan serangan udara militer AS.

BACA JUGA  Ashraf Ghani Umumkan Gencatan Senjata dengan Taliban hingga 20 Juni

Namun dua pejuang Taliban yang menyusup tersebut gugur.

Koalisi militer NATO membenarkan terjadinya serangan tersebut. Namun tidak memberikan keterangan terkait korban di barisan pasukannya.

Juru bicara pemerintahan Nangarhar, Athaullah Khujiyani, menegaskan bahwa pihaknya tengah menyelidiki lebih dalam terkait insiden itu. Dia enggan berkomentar lebih banyak.

Saksi mata dan Taliban melaporkan, militer AS mengerahkan kekuatan udara untuk memborbardir sekitar lokasi. Rumah warga dan masjid turut menjadi sasaran. Serangan yang berlangsung hingga malam hari itu dilaporkan menimbulkan korban sipil.

Sumber: Al-Araby Al-Jadid
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Ust. Akhlis Marzuki, S.Pd.I : Ibadah Sesuai Al Quran & Sunnah

KIBLAT.NET – Janganlah kita beribadah tanda dasar landasan Al Quran dan sunnah. Kenapa ? Yuk,...

Jum'at, 12/01/2018 09:36 0

Indonesia

JITU Gelar Kongres Keempat, Tingkatkan Profesionalitas Jurnalis

"Termasuk pengukuhan kode etik JITU yang dianggap banyak pihak sebagai kode etik yang representatif terkait jurnalistik Islam," ujar Agus dalam keterangan pers yang diterima Kiblat.net, Jumat pagi.

Jum'at, 12/01/2018 08:40 0

Indonesia

Fahira Idris: Lawakan G Pamungkas dan Joshua Kebablasan

“Saya baru sempat lihat videonya kemarin. Saya mau tegaskan bahwa menjadikan agama dan ayat suci bahan tertawaan tak membuat Anda berdua terlihat lucu apalagi pintar,” tegas Fahira Idris melalui akun twitternya, Kamis, (11/1/18).

Jum'at, 12/01/2018 08:15 0

Indonesia

Masyarakat Pakistan Tuntut Keadilan untuk Zainab

Ketika terjadinya penculikan, orang tua Zainab tengah berada di Arab Saudi untuk melakukan ibadah umrah. Orang tuanya kembali ke Pakistan pada Rabu pagi, beberapa jam setelah jasad Zainab dishalatkan.

Kamis, 11/01/2018 22:20 0

Indonesia

Islam Jadi Guyonan Komika, LPI: Maunya Mereka Apa?

Laskar Pembela Islam (LPI) turut memberikan komentar soal ucapan beberapa komika yang menyinggung agama. Menurut panglima LPI, Maman Suryadi, menegaskan bahwa para komika tersebut menantang umat Islam.

Kamis, 11/01/2018 21:34 0

Indonesia

LPI Bakal Geruduk Kantor Facebook, Kenapa?

Laskar Pembela Islam (LPI) bersama ormas lain berencana mengadakan aksi protes ke kantor Facebook Indonesia, di Jakarta. Hal itu ditegaskan oleh panglima LPI, Ustadz Maman Suryadi.

Kamis, 11/01/2018 21:16 0

Indonesia

Tuntut Minta Maaf, LPI Berencana Datangi Rumah Joshua

Panglima Laskar Pembela Islam (LPI), Maman Suryadi mengatakan bahwa pihaknya memiliki rencana untuk mendatangi rumah Joshua agar meminta maaf kepada umat Islam.

Kamis, 11/01/2018 20:35 0

Indonesia

Sebagai Efek Jera, Ucapan Ge Pamungkas Harus Diproses Hukum

Ahli hukum pidana, Nasrullah Nasution mengatakan bahwa komika Ge Pamungkas bisa dijerat undang-undang penodaan agama.

Kamis, 11/01/2018 20:03 1

Indonesia

Silang Pendapat Susi-Luhut Tunjukan Koordinasi Pemerintah Lemah

Menteri Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Susi Budjiastuti terlibat selang pendapat dalam hal penenggelaman kapal yang mencuri ikan di perairan Indonesia.

Kamis, 11/01/2018 19:34 0

Indonesia

Tragedi Kapal Mavi Marmara Diharap Tak Menimpa ACT

Wakil Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT), Insan Nurrohman berharap, pengiriman bantuan logistik oleh pihak ACT ke Palestina yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2018 mendatang berjalan dengan lancar dan tidak terkendala apapun.

Kamis, 11/01/2018 19:15 0

Close