... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Buntut Lawakan Singgung Islam, Joshua Bisa Diancam 4 Tahun Penjara

Foto: Diduga Hina Agama Islam, FUIB akan Laporkan Mantan Penyanyi Cilik Joshua Suherman ke Bareskrim Polri (Foto: Tribunnews)

KIBLAT.NET, Jakarta – Joshua Suherman menyinggung agama Islam saat melawak di atas panggung stand up commedy. Terkait hal itu, ahli hukum pidana Nasrullah Nasution menilai bekas artis cilik itu bisa terjerat undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Karena penyampaianya melalui media elektronik maka dikenakan UU ITE Pasal 27 ayat 3 pasal 28 ayat 2 UU No 19 Tahun 2016 atas perubahan UU No 11 tahun 2008 tentang ITE dan atau Pasal 156a KUHP dengan ancaman empat tahun penjara,” ujarnya saat dihubungi Kiblat.net pada Kamis (01/11/2018).

Nasrullah juga menekankan agama bukanlah bahan lawakan. Sebab, itu merupakan ranah yang sensitif bagi masyarakat.

“Sejatinya lawakan tidak menjadikan Agama sebagai objek lawakan. Karena agama itu bukan untuk jadikan bahan lawakan tapi menjadi tuntunan bagi umat manusia,” terangnya.

Belajar dari kasus Joshua, ia mengimbau para komika lain agar berhati-hati dalam memilih tema candaan. Sebenarnya, kata dia, materi lawakan masih banyak, tanpa harus menyinggung agama.

“Kepada para komika, masih banyak bahan candaan yang bisa jadikan topik bahasan. Jangan membawa masalah agama dalam candaan,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

4 comments on “Buntut Lawakan Singgung Islam, Joshua Bisa Diancam 4 Tahun Penjara”

  1. ADE

    MAKANYA JANGAN ASAL NGOMONG LOE JOS LOE MAU PERANG AGAMA TERJADI LAGI …..

  2. Cut Meurah Malahayati

    Jangan menghina agama orang lain untuk menyenangkan sekelompok orang. Mudah2an dia bener2 akan mempertanggung jawabkan perbuatannya sebagai pelajaran bagi yang lainnya.

  3. Martha Hotoeroe

    Mulutmu harimaumu

  4. “Dan sungguh Allah telah menurunkan kepada kamu di dalam Al Qur’an bahwa apabila kamu mendengar ayat-ayat Allah diingkari dan diperolok-olokkan (oleh orang-orang kafir), maka janganlah kamu duduk beserta mereka, sehingga mereka memasuki pembicaraan yang lain. Karena sesungguhnya (kalau kamu berbuat demikian), tentulah kamu serupa dengan mereka,” (QS. An-Nisa: 140)

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

ACT Dorong Masyarakat Indonesia Bantu Palestina

Presiden Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahyudin mengimbau kepada masyarakat Indonesia supaya turut andil dalam membantu warga Palestina.

Kamis, 11/01/2018 13:14 0

Artikel

Membersamai Para Penuntut Ilmu di Kota Jeddah

Kami dibuat terkejut ketika hari pertama daurah, seorang yang datang dari Sudan menodongkan pertanyaan, “Apakah Anda dari Jami’ah Islamiyah?” Kami yang belum mengetahui apa itu Jami’ah Islamiyah sempat kebingungan.

Kamis, 11/01/2018 12:01 0

Opini

Remaja Brutal, Tanggung Jawab Siapa?

KIBLAT.NET – Definisi remaja menurut Wikipedia adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Pada masa remaja...

Kamis, 11/01/2018 11:23 0

Myanmar

Militer Myanmar Akui Eksekusi 10 Muslim Rohingya, Begini Caranya

Warga Budha, yang disebutnya marah karena kerabatnya tewas akibat serangan warga Rohingya, ikut menyiksa 10 “tawanan” itu. Mereka menggali kuburan dan memaksa para tawanan masuk ke dalamnya. Sementara pengikut Budha menusuki tubuh mereka. Polisi kemudian mengeksekusi dengan puluhan peluru panas sesudah 10 warga Muslim itu masuk ke liang lahat.

Kamis, 11/01/2018 08:10 0

Iran

Kapal Perang Iran Tabrak Beton, 2 Awak Hilang

Enam awak kapal terjatuh ke laut ketika kapal menabrak. Empat di antaranya berhasil diselamatkan sementara dua sisanya hilang ditelan ombak.

Kamis, 11/01/2018 07:10 0

Pakistan

Pakistan Tangguhkan Kerja Sama Militer dan Intelijen dengan AS

"Kami telah mengatakan selama bertahun-tahun bahwa tetangga kami, Pakistan, menyediakan tempat perlindungan bagi kelompok teroris dan juga mendanai kelompok teroris," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri.

Kamis, 11/01/2018 06:26 1

Turki

Respon Serangan Assad di Idlib, Turki Panggil Dubes Iran dan Rusia

Kementerian Luar Negeri Turki telah memanggil duta besar Rusia dan Iran merespon serangan rezim Bashar Al Assad di Idlib.

Rabu, 10/01/2018 21:01 0

Amerika

Foto: Begini Ganasnya Bencana Tanah Longsor di California

Tanah longsor menutupi permukaan daerah Santa Barbara, California sejak Selasa petang (09/01/2018). Hujan lebat sejak beberapa lalu menjadi pemicu bencana alam ini.

Rabu, 10/01/2018 16:50 1

Turki

Turki kepada Rusia dan Iran: Apa Guna Perundingan Jika Warga Sipil Dibom?

Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mendesak Iran dan Rusia untuk mewujudkan tugas sebagai penjamin negara di Suriah dan menghentikan pelanggaran rezim Assad melawan pejuang oposisi moderat di Idlib.

Rabu, 10/01/2018 15:27 0

Amerika

Pasca Kebakaran, California Dilanda Longsor: 13 Tewas

Jika bulan lalu, gempulan asap menutupi ruas-ruas jalan di California, kini justru dipenuhi pepohonan, bebatuan, lumpur dan puing-puing bangunan.

Rabu, 10/01/2018 14:48 1

Close