... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Protes Iran: 3700 Demonstran Ditangkap, 5 Tewas Disiksa

Foto: Demo di Iran.

KIBLAT.NET, Teheran – Anggota parlemen Iran, Mahmud Shadiqi, Selasa (09/01), mengatakan bahwa sebanyak 3.700 orang telah ditangkap dalam gelombang protes terakhir anti pemerintah di negara itu.

Politisi dari gerakan reformis ini menyampaikan hal itu berdasarkan daftar yang ada di Dinas Intelijen Iran dan Departemen Dalam Negeri. Diyakini jumlah sebenarnya lebih besar dari yang disebutkan.

Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Ikana, Shadiqi meminta pihak berwenang segera mengabari para kerabat tahanan.

Dalam perkembangan terkait, sebanyak lima tahanan dilaporkan tewas disiksa dalam dua hari terakhir. Tahanan pertama terkonfirmasi tewas di penjara beranam Sina Qanbri. Ia diduga tewas setelah mendapat siksaan sadis di penjara Owen.

Tahanan lainnya yang dilaporkan tewas dalam kondisi serupa bernama Wahid Haidari. Dia ditahan di penjara Arak, sebelum tewas. Tahanan ketiga merupakan warga Ahwaz yang ditahan di penjara daerah tersebut.

Kantor berita Al-Arabiya menambahkan bahwa lembaga HAM Iran melaporkan dua tahanan lagi yang tewas dalam kondisi mengenaskan di penjara.

Demonstran turun ke jalan pada tanggal 28 Desember untuk melakukan demonstrasi menentang kondisi ekonomi, kebijakan Timur Tengah Teheran dan lembaga keagamaan di Negara tersebut. Dilaporkan sebanyak 22 demonstran tewas dalam bentrok dengan aparat.

Pemerintah Iran sendiri menggunakan berbagai cara untuk meredam demonstrasi. Mulai dari membuat demonstrasi tandingan hingga melakukan tindakan represif terhadap demonstran anti pemerintah.

BACA JUGA  Khamenei Tegaskan Dukungan untuk Pemberontak Syiah Hutsi Yaman

Sementara itu, para demonstran juga diancam dengan hukuman mati karena dianggap “memerangi Allah dan Rasul-nya”. Undang-undang ini telah merenggut banyak nyawa para penentang pemerintah dan ajaran Syiah di Iran.

Sumber: aawsat.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pengacara Jonru: Pasal yang Digunakan JPU Tak Relevan

Kuasa hukum Pegiat media sosial, Jon Riah Ukur alias Jonru, Munarman mengungkapkan bahwa Pasal yang digunakan Jaksa Penuntut Umum dalam mendakwa kliennya adalah pasal yang seharusnya digunakan untuk transaksi elektronik seperti bisnis.

Rabu, 10/01/2018 08:40 0

Indonesia

Seluruh Komika Peleceh Islam Akan Dipolisikan

"Kita diminta untuk berbagi tanggung jawab agar bisa mengawal semua ini secara efektif," ujar Himran di Bareskrim Polri, Jakarta Pusat pada Selasa (09/01/2018).

Rabu, 10/01/2018 07:10 0

Indonesia

Singgung Islam, Inilah Guyonan Joshua yang Berujung Polisi

Potongan video itu baru viral di awal tahun baru dan mendapat banyak komentar dari kaum Muslimin. Sebab candaannya itu dinilai melecehkan Islam, Joshua pun dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri oleh Forum Umat Islam Bersatu (FUIB).

Selasa, 09/01/2018 20:00 0

Indonesia

Agama Islam Jadi Bahan Candaan, Wasekjen MUI: Umat Dibuat Marah

Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Tengku Zulkarnain melihat candaan komika yang menyinggung agama Islam merupakan sebuah penistaan.

Selasa, 09/01/2018 19:41 0

Indonesia

Dinilai Lecehkan Islam, FUIB Laporkan Joshua Suherman ke Polisi

Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) telah melaporkan komika, Joshua Suherman ke Bareskrim Polri pada Selasa (09/01/2018).

Selasa, 09/01/2018 18:20 0

Tazkiyah

Kerikil Peredam Murka

Asma ingin meredakan kemarahan kakeknya dan menjadikannya rela dengan apa yang dikerjakan ayahnya. Ia berdiri dan mengambil kerikil-kerikil kecil yang ada di sekitar rumahya

Selasa, 09/01/2018 15:05 0

Konsultasi

Bagaimana Pandangan Ilmiah Soal Air Kencing Unta?

Banyak yang membolehkannya karena ada dalil dari hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Pertanyaanya, apakah benar status hadis tersebut shahih? lalu bagaimana penjelasan ilmiahnya? 

Selasa, 09/01/2018 10:07 0

Indonesia

Ini Kelemahan Dakwaan JPU Kasus Jonru Menurut Pengacara

Kuasa hukum Jonru pada persidangan perdana di pengadilan negeri Jakarta Timur, Senin (08/01/2018) siang, mengajukan eksepsi atas kliennya. Pengacara melihat kelemahan dakwaan yang digunakan Jaksa Penuntut Hukum (JPU).

Selasa, 09/01/2018 08:39 0

Indonesia

JPU Tuntut Jonru dengan Dakwaan Alternatif

Jaksa Penuntut Umum sidang kasus pegiat Media Sosial Jon Riah Ukur Ginting alias Jonru, Ahmad Muchlis mengungkapkan bahwa dakwaan yang disusun Jaksa Kejaksaan Negeri Jakarta Timur adalah dakwaan alternatif.

Selasa, 09/01/2018 07:46 0

Indonesia

Perilaku BSSN Dinilai Tunjukkan Sikap Merasa Berkuasa

"BSSN ini dibentuk dengan Perpres, sehingga kewenanganya tak boleh melampaui lembaga yang dibentuk dengan UU," tuturnya.

Selasa, 09/01/2018 07:24 0

Close