... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pengacara Jonru: Pasal yang Digunakan JPU Tak Relevan

Foto: Pegiat media sosial, Jon Riah Ukur alias Jonru, hari ini Senin (08/01/2018) menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Kelas 1A Jakarta Timur.

KIBLAT.NET, Jakarta – Kuasa hukum Pegiat media sosial, Jon Riah Ukur alias Jonru, Munarman mengungkapkan bahwa Pasal yang digunakan Jaksa Penuntut Umum dalam mendakwa kliennya adalah pasal yang seharusnya digunakan untuk transaksi elektronik seperti bisnis.

“Jonru ini dikenakan pasal ITE, di mana sebenarnya pasal ini digunakan untuk transaksi bisnis, misal soal penipuan kartu elektronik, itu yang dimaksud dengan UU ITE ini. Dan pasal ini dimaksudkan untuk melindungi konsumen dari hal itu, melindungi transaksi yang menggunakan sarana elektronik,” ungkapnya di pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin lalu.

“Lalu, soal undang-undang tentang diskriminasi adalah suatu undang-undang yang mencegah pengguna kekuasaan atau pemegang kekuasaan untuk menggunakan kekuasaannya agar tidak diskriminatif,” lanjutnya.

Sedangkan Jonru, sebut Munarman bukanlah salah seorang penguasa. Jonru hanya pengguna sosial media dan dia menyampaikan aspirasinya yang dilindungi oleh Undang-undang tentang kebebasan berekspresi dan berpendapat.

“Ini Kelihatan sekali ada penyalahgunaan undang-undang. ini untuk kepentingan politik dalam rangka membungkam kelompok-kelompok kritis, membungkam masyarakat yang kritis,” ungkapnya.

Ia pun juga menjelaskan perihal ditundanya sidang perdana Jonru yang dikabarkan akan digelar pada Kamis (4/1) siang. Munarman menyebut, pihak pengacara tidak diberi tahu lebih dahulu akan diadakan sidang perdana Kliennya.

“Oleh karena itu kita bisa disaksikan kejanggalan persidangan ini di sidang pertama ini dari pihak yang berdakwah terdakwa jonru ini terlalu terburu-buru sehingga tidak lagi menggunakan aturan hukum yang sepatutnya itu tiga hari sebelumnya diketahui oleh terdakwa maupun penasihat hukumnya dan itu tidak dilakukan oleh pihak yang mendakwa dari saudara Jonru,” tukasnya.

BACA JUGA  Sebut Almarhum Qidam Teroris, Kabidhumas Polda Sulteng Dilaporkan

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Bocoran Dokumen AS Sebut Al-Qaidah Afrika Semakin Kuat

Sebuah bocoran dokumen militer yang disusun oleh Lembaga Kajian Perang AS menyebutkan bahwa Organisasi Al-Qaidah tengah menyusun kekuatan besar di wilayah Sahara Maroko. Organisasi tersebut membangun pangkalan militer langsung dan beraliansi dengan gerakan-gerakan jihadis lainnya untuk memperkuat jaringan.

Rabu, 10/01/2018 08:15 0

Palestina

Penduduk Palestina Akan Lampaui Jumlah Warga Israel

Pusat Penelitian dan Konsultasi Al-Zaytouna, yang berbasis di Beirut Lebanon, mengumumkan hasil Laporan Strategis Palestina untuk tahun 2016-2017 dan prospek ke depan.

Rabu, 10/01/2018 06:33 0

Tazkiyah

Kerikil Peredam Murka

Asma ingin meredakan kemarahan kakeknya dan menjadikannya rela dengan apa yang dikerjakan ayahnya. Ia berdiri dan mengambil kerikil-kerikil kecil yang ada di sekitar rumahya

Selasa, 09/01/2018 15:05 0

Konsultasi

Bagaimana Pandangan Ilmiah Soal Air Kencing Unta?

Banyak yang membolehkannya karena ada dalil dari hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Pertanyaanya, apakah benar status hadis tersebut shahih? lalu bagaimana penjelasan ilmiahnya? 

Selasa, 09/01/2018 10:07 0

Arab Saudi

Syaikh Hasan Bukhori Jelaskan Penerapan Ilmu Maqasidus Syariah

Syaikh menerangkan bahwa ilmu maqashidus syariah merupakan salah satu ilmu yang mulia dan termasuk puncak tertinggi dalam ilmu syariah. “Ilmu maqashidus syariah merupakan ilmunya para ulama,” ujar Syaikh Hasan Bukhori dalam kajian di Masjid Firdaus, Bani Malik, Jeddah.

Selasa, 09/01/2018 03:55 0

Video Kajian

Mengapa Minum Air Kencing Unta Dicela?

KIBLAT.NET – Beberapa waktu lalu beredar video Ustadz Bahtiar Nasir (UBN) meminum air kencing unta....

Selasa, 09/01/2018 03:41 0

Palestina

Israel Larang 20 LSM Penentang Penjajahan Masuk Palestina

Israel melarang 20 LSM dari berbagai negara masuk Palestina karena mendukung kampanye yang menentang penjajahan Israel terhadap Palestina, serta mendukung gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS).

Senin, 08/01/2018 16:40 0

Video Kajian

Abu Rusydan: Arti Kekuatan Untuk Mendukung Pemikiran

KIBLAT.NET – Abu Rusydan: Arti Kekuatan Untuk Mendukung Pemikiran. Kajian Ustadz Abu Rusydan ini adalah...

Senin, 08/01/2018 16:25 0

Pakistan

Hubungan AS-Pakistan Terus Memanas Pasca Cuitan Trump

Menteri Luar Negeri Pakistan, Khawaja Asif menggambarkan Amerika Serikat sebagai "teman yang sering berkhianat". Pernyataan ini muncul setelah Washington menangguhkan bantuan dan Presiden Donald Trump menuduh Islamabad berbohong selama bertahun-tahun.

Senin, 08/01/2018 14:11 0

Yaman

Al-Islah Yaman Bantah Berafiliasi dengan Ikhwanul Muslimin

Pemimpin Al-Islah Yaman, Mohammed al-Yadumi mengungkapkan posisinya terkait krisis yang terjadi di negaranya. Al-Yadumi menyatakan dukungannya terhadap langkah yang diambil koalisi Arab Saudi.

Senin, 08/01/2018 13:00 0

Close