... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pasukan Assad Serang Idlib, Menlu Turki Beri Peringatan

Foto: Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu

KIBLAT.NET, Ankara- Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pada hari Selasa (09/01/2018) bahwa pasukan rezim Assad melancarkan serangan terhadap pasukan oposisi moderat dengan dalih memerangi “kelompok teroris” Jabhah Nusrah atau yang saat ini dikenal Haiah Tahrir Sham. Oleh karena itu, Cavusoglu memperingatkan langkah tersebut bisa mengancam proses penyelesaian politik di Suriah.

Saat menjawab pertanyaan sejumlah wartawan yang tengah berada di gedung parlemen mengenahi perkembangan situasi terkini di Idlib, Cavusoglu mengatakan bahwa pihak-pihak yang nanti akan hadir dalam perundingan di Sochi seharusnya tidak terlibat dan melakukan hal-hal semacam itu. Menurutnya, tindakan militer rezim Assad sebagaimana yang terjadi di Idlib saat ini akan menghambat prospek bagi terwujudnya sebuah solusi politik.

Sochi, sebuah kota kecil di Rusia telah ditetapkan sebagai tempat diselenggarakannya Kongres Dialog Nasional Suriah yang akan digelar pada tanggal 29 sampai dengan 30 Januari dengan dihadiri sekitar 1,700 orang. Kongres dirancang akan diikuti oleh elemen-elemen masyarakat Suriah, tidak termasuk sejumlah elemen yang dianggap sebagai “kelompok teror”. Sebelumnya Turki mem-veto keikutsertaan PKK/PYD maupun organisasi-organisasi yang terkait dengan mereka dalam pertemuan di Sochi nanti.

Pada tanggal 22 November 2017 lalu, berlangsung KTT antara Presiden Turki, Rusia, dan Iran di Sochi membicarakan hasil dan perkembangan dari perundingan Astana, termasuk berbagai perubahan yang terjadi di zona de-eskalasi di seluruh Suriah. Dalam KTT di Sochi itulah terjadi kesepakatan antara Erdogan, Putin, dan Rouhani untuk menggelar Kongres Dialog Nasional Suriah di kota yang sama.

BACA JUGA  Sikap Pemkot Solo Larang Pendirian Panggung Tabligh Akbar PA 212 Dipertanyakan

Suriah telah memasuki tahun ke-7 konflik & perang sipil sejak awal 2011 ketika rezim Nushairiyah di bawah kekuasaan Basyar al-Assad mengambil tindakan keras dengan tingkat kekejaman yang luar biasa terhadap aksi damai warga yang menuntut kebebasan. Menurut data PBB, ratusan ribu orang tewas dan lebih dari 10 juta lainnya mengungsi meninggalkan negeri mereka.

Redaktur: Yasin Muslim
Sumber: World Bulletin

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Foto: Begini Ganasnya Bencana Tanah Longsor di California

Tanah longsor menutupi permukaan daerah Santa Barbara, California sejak Selasa petang (09/01/2018). Hujan lebat sejak beberapa lalu menjadi pemicu bencana alam ini.

Rabu, 10/01/2018 16:50 1

Turki

Turki kepada Rusia dan Iran: Apa Guna Perundingan Jika Warga Sipil Dibom?

Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mendesak Iran dan Rusia untuk mewujudkan tugas sebagai penjamin negara di Suriah dan menghentikan pelanggaran rezim Assad melawan pejuang oposisi moderat di Idlib.

Rabu, 10/01/2018 15:27 0

Amerika

Pasca Kebakaran, California Dilanda Longsor: 13 Tewas

Jika bulan lalu, gempulan asap menutupi ruas-ruas jalan di California, kini justru dipenuhi pepohonan, bebatuan, lumpur dan puing-puing bangunan.

Rabu, 10/01/2018 14:48 1

Pakistan

AS Akan Bekukan Bantuan untuk Pakistan hingga 2 Miliar Dolar

Di tengah hubungan AS dengan Pakistan yang semakin memburuk, pekan lalu ada laporan pada hari Kamis (04/01/2017) bahwa bantuan Washington untuk Islamabad kemungkinan akan dipotong sebesar $ 255 juta hingga $ 400 juta.

Rabu, 10/01/2018 13:53 0

Palestina

Lawan Israel, Brigade Al-Qassam Umumkan Operasi Nablus

Brigade Izzudin Al-Qassam, sayap bersenjata Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), mengumumkan Operasi Nablus untuk merespon berbagai tindakan Israel terhadap rakyat dan tanah Palestina.

Rabu, 10/01/2018 11:09 0

Iran

Protes Iran: 3700 Demonstran Ditangkap, 5 Tewas Disiksa

Anggota parlemen Iran, Mahmud Shadiqi, Selasa (09/01), mengatakan bahwa sebanyak 3.700 orang telah ditangkap dalam gelombang protes terakhir anti pemerintah di negara itu.

Rabu, 10/01/2018 09:37 0

Afrika

Bocoran Dokumen AS Sebut Al-Qaidah Afrika Semakin Kuat

Sebuah bocoran dokumen militer yang disusun oleh Lembaga Kajian Perang AS menyebutkan bahwa Organisasi Al-Qaidah tengah menyusun kekuatan besar di wilayah Sahara Maroko. Organisasi tersebut membangun pangkalan militer langsung dan beraliansi dengan gerakan-gerakan jihadis lainnya untuk memperkuat jaringan.

Rabu, 10/01/2018 08:15 0

Palestina

Penduduk Palestina Akan Lampaui Jumlah Warga Israel

Pusat Penelitian dan Konsultasi Al-Zaytouna, yang berbasis di Beirut Lebanon, mengumumkan hasil Laporan Strategis Palestina untuk tahun 2016-2017 dan prospek ke depan.

Rabu, 10/01/2018 06:33 0

Tazkiyah

Kerikil Peredam Murka

Asma ingin meredakan kemarahan kakeknya dan menjadikannya rela dengan apa yang dikerjakan ayahnya. Ia berdiri dan mengambil kerikil-kerikil kecil yang ada di sekitar rumahya

Selasa, 09/01/2018 15:05 0

Konsultasi

Bagaimana Pandangan Ilmiah Soal Air Kencing Unta?

Banyak yang membolehkannya karena ada dalil dari hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Pertanyaanya, apakah benar status hadis tersebut shahih? lalu bagaimana penjelasan ilmiahnya? 

Selasa, 09/01/2018 10:07 0

Close