... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kasus Joshua, Wasekjen MUI: Pendeta Jangan Diam Saja

Foto: Joshua Suherman

KIBLAT.NET, Jakarta – Menyusul kasus yang dipicu lawakan Joshua, Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Tengku Zulkarnain meminta pemuka agama Kristen untuk memberikan nasihat untuk tidak menghina agama, terlebih menistakan agama dengan cara bercanda.

“Untuk pendeta-pendeta silakan di nasehati umatnya jangan diam aja. Kalau Joshua kan Kristen, berikan komentar dalam masalah ini, jangan diam saja,” ungkapnya saat dihubungi Kiblat.net, Selasa (09/01/2018).

Tengku pun mempertanyakan mengapa tidak ada pendeta yang mengkritik Joshua. Menurutnya, hal itu yang sangat berbeda ketika ada seorang muslim yang menghina agama lainnya. Saat itu para ulama muslim akan ramai berkomentar dan mengkritik.

“Karena negara NKRI ini milik bersama. Jadi kami harap semua pemuka agama coba turut menkondusifkan ummatnya agar tidak melakukan hal yang di luar wewenangnya,” ungkapnya.

Perkataan komedian Joshua Suherman dinilai Tengku Zulkarnain dapat memecah belah NKRI. “Apakah mereka menganggap ini tidak membahayakan NKRI. Coba kalau ada umat Islam menghina agama. Kita semua bereaksi. Ada bom meledak, orang Islam yang ngebom, ulama bertindak, ulama-ulama kita berkomentar,” tutur Tengku Zulkarnain.

Melihat sikap itu, Tengku pun mempertanyakan kepedulian para pemuka agama Kristen terhadap NKRI. Jika mengakui NKRI sebagai milik bersama, seharusnya para pendeta ikut menjaga dengan bereaksi terhadap sikap penganut agama Kristen yang memresahkan umat Islam.

BACA JUGA  Soal Perpanjangan SKT FPI, Kemendagri: Visi Penerapan Syariat Islam Perlu Diperjelas

“Saya sendiri merasa prihatin tidak ada pendeta yang berkomentar mengenai hal ini, karena pernyataannya ini membahayakan NKRI, oleh sebab itu harus ada tindakan,” lanjutnya.

Tengku Zulkarnain pun menegaskan melucu dengan objek agama sangat tidak boleh. Menurutnya, di daerah-daerah tertentu seperti Aceh, Riau, maupun medan perbuatan seperti itu justeru akan membahayan keamanan pelakunya. Pasalnya, hal itu akan memicu kemarahan warga.

“Oleh karena itu, kami meminta aparat penegak hukum agar serius menanggapi hal ini,” tukasnya.

Bekas artis cilik yang sekarang banting setir sebagai pelawak, Joshua Suherman menjadikan Islam sebagai bahan lawakan dalam sebuah pementasan stand up commedy. Hal itu telah memicu kemarahan kalangan umat Islam. Bahkan, Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) telah melaporkannya ke polisi atas tuduhan penistaan agama.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Foto: Begini Ganasnya Bencana Tanah Longsor di California

Tanah longsor menutupi permukaan daerah Santa Barbara, California sejak Selasa petang (09/01/2018). Hujan lebat sejak beberapa lalu menjadi pemicu bencana alam ini.

Rabu, 10/01/2018 16:50 1

Turki

Turki kepada Rusia dan Iran: Apa Guna Perundingan Jika Warga Sipil Dibom?

Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mendesak Iran dan Rusia untuk mewujudkan tugas sebagai penjamin negara di Suriah dan menghentikan pelanggaran rezim Assad melawan pejuang oposisi moderat di Idlib.

Rabu, 10/01/2018 15:27 0

Amerika

Pasca Kebakaran, California Dilanda Longsor: 13 Tewas

Jika bulan lalu, gempulan asap menutupi ruas-ruas jalan di California, kini justru dipenuhi pepohonan, bebatuan, lumpur dan puing-puing bangunan.

Rabu, 10/01/2018 14:48 1

Pakistan

AS Akan Bekukan Bantuan untuk Pakistan hingga 2 Miliar Dolar

Di tengah hubungan AS dengan Pakistan yang semakin memburuk, pekan lalu ada laporan pada hari Kamis (04/01/2017) bahwa bantuan Washington untuk Islamabad kemungkinan akan dipotong sebesar $ 255 juta hingga $ 400 juta.

Rabu, 10/01/2018 13:53 0

Palestina

Lawan Israel, Brigade Al-Qassam Umumkan Operasi Nablus

Brigade Izzudin Al-Qassam, sayap bersenjata Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), mengumumkan Operasi Nablus untuk merespon berbagai tindakan Israel terhadap rakyat dan tanah Palestina.

Rabu, 10/01/2018 11:09 0

Iran

Protes Iran: 3700 Demonstran Ditangkap, 5 Tewas Disiksa

Anggota parlemen Iran, Mahmud Shadiqi, Selasa (09/01), mengatakan bahwa sebanyak 3.700 orang telah ditangkap dalam gelombang protes terakhir anti pemerintah di negara itu.

Rabu, 10/01/2018 09:37 0

Afrika

Bocoran Dokumen AS Sebut Al-Qaidah Afrika Semakin Kuat

Sebuah bocoran dokumen militer yang disusun oleh Lembaga Kajian Perang AS menyebutkan bahwa Organisasi Al-Qaidah tengah menyusun kekuatan besar di wilayah Sahara Maroko. Organisasi tersebut membangun pangkalan militer langsung dan beraliansi dengan gerakan-gerakan jihadis lainnya untuk memperkuat jaringan.

Rabu, 10/01/2018 08:15 0

Palestina

Penduduk Palestina Akan Lampaui Jumlah Warga Israel

Pusat Penelitian dan Konsultasi Al-Zaytouna, yang berbasis di Beirut Lebanon, mengumumkan hasil Laporan Strategis Palestina untuk tahun 2016-2017 dan prospek ke depan.

Rabu, 10/01/2018 06:33 0

Tazkiyah

Kerikil Peredam Murka

Asma ingin meredakan kemarahan kakeknya dan menjadikannya rela dengan apa yang dikerjakan ayahnya. Ia berdiri dan mengambil kerikil-kerikil kecil yang ada di sekitar rumahya

Selasa, 09/01/2018 15:05 0

Konsultasi

Bagaimana Pandangan Ilmiah Soal Air Kencing Unta?

Banyak yang membolehkannya karena ada dalil dari hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Pertanyaanya, apakah benar status hadis tersebut shahih? lalu bagaimana penjelasan ilmiahnya? 

Selasa, 09/01/2018 10:07 0

Close