... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bocoran Dokumen AS Sebut Al-Qaidah Afrika Semakin Kuat

Foto: Pejuang AQIM di Afrika/Ilustrasi

KIBLAT.NET, Maroko – Sebuah bocoran dokumen militer yang disusun oleh Lembaga Kajian Perang AS menyebutkan bahwa Organisasi Al-Qaidah tengah menyusun kekuatan besar di wilayah Sahara Maroko. Organisasi tersebut membangun pangkalan militer langsung dan beraliansi dengan gerakan-gerakan jihadis lainnya untuk memperkuat jaringan.

Seperti dilaporkan harian Maroko Al-Masa’ pada Selasa (09/01), dan dilansir portal arabi21.com, para ahli militer AS mengatakan dalam dokumen tersebut bahwa kekuatan Al-Qaidah Afrika mulai mampu melancarkan serangan ke AS dan Negara-negara sekutu di Afrika. Al-Qaidah juga tengah memperkuat aliansi dengan Gerakan Al-Syabab Somalia dan Boko Haram di Chad dan Niger. Mereka akan menjadi jaringan lintas Negara.

Dokumen itu memprediksi, hingga 2021, Al-Qaidah di Afrika akan kembali menjadi sorotan dunia. Mereka akan menjadi organisasi paling banyak dan kuat. Pangkalan militer yang dibangun di Sahara Maroko sekamin banyak, belum lagi jaringan kamp pelatihan militer di Mauritania dan kekuatan 38 pasukan yang menyebar di Aljazair, Mali, Mauritania dan Niger.

Majalah The Intercept juga mengatakan bahwa bocoran dokumen dari Pentagon itu memberikan sejumlah rekomendasi strategis bagi AS. Salah satunya, Washington akan menggelar operasi iliter besar-besaran melibatkan pasukan khusus di Afrika Barat pada 2023. Operasi ini diperkirakan lebih besar dari operasi pasca serangan 11 September.

The Intercept pada 2016 telah menurunkan laporan yang bersumber dari bocoran dokumen militer AS bahwa Washington tengah membangun pangkalan drone besar di Niger dengan anggaran 100 miliar dolar. Pangkalan ini akan digunakan untuk operasi memerangi Al-Qaidah di kawasan Afrika.

BACA JUGA  Mesir dan Sudan Sepakat Bentuk Pasukan Bersama untuk Amankan Perbatasan

Sumber: arabi21.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Seluruh Komika Peleceh Islam Akan Dipolisikan

"Kita diminta untuk berbagi tanggung jawab agar bisa mengawal semua ini secara efektif," ujar Himran di Bareskrim Polri, Jakarta Pusat pada Selasa (09/01/2018).

Rabu, 10/01/2018 07:10 0

Indonesia

Singgung Islam, Inilah Guyonan Joshua yang Berujung Polisi

Potongan video itu baru viral di awal tahun baru dan mendapat banyak komentar dari kaum Muslimin. Sebab candaannya itu dinilai melecehkan Islam, Joshua pun dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri oleh Forum Umat Islam Bersatu (FUIB).

Selasa, 09/01/2018 20:00 0

Indonesia

Agama Islam Jadi Bahan Candaan, Wasekjen MUI: Umat Dibuat Marah

Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Tengku Zulkarnain melihat candaan komika yang menyinggung agama Islam merupakan sebuah penistaan.

Selasa, 09/01/2018 19:41 0

Indonesia

Dinilai Lecehkan Islam, FUIB Laporkan Joshua Suherman ke Polisi

Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) telah melaporkan komika, Joshua Suherman ke Bareskrim Polri pada Selasa (09/01/2018).

Selasa, 09/01/2018 18:20 0

Tazkiyah

Kerikil Peredam Murka

Asma ingin meredakan kemarahan kakeknya dan menjadikannya rela dengan apa yang dikerjakan ayahnya. Ia berdiri dan mengambil kerikil-kerikil kecil yang ada di sekitar rumahya

Selasa, 09/01/2018 15:05 0

Konsultasi

Bagaimana Pandangan Ilmiah Soal Air Kencing Unta?

Banyak yang membolehkannya karena ada dalil dari hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Pertanyaanya, apakah benar status hadis tersebut shahih? lalu bagaimana penjelasan ilmiahnya? 

Selasa, 09/01/2018 10:07 0

Indonesia

Ini Kelemahan Dakwaan JPU Kasus Jonru Menurut Pengacara

Kuasa hukum Jonru pada persidangan perdana di pengadilan negeri Jakarta Timur, Senin (08/01/2018) siang, mengajukan eksepsi atas kliennya. Pengacara melihat kelemahan dakwaan yang digunakan Jaksa Penuntut Hukum (JPU).

Selasa, 09/01/2018 08:39 0

Indonesia

JPU Tuntut Jonru dengan Dakwaan Alternatif

Jaksa Penuntut Umum sidang kasus pegiat Media Sosial Jon Riah Ukur Ginting alias Jonru, Ahmad Muchlis mengungkapkan bahwa dakwaan yang disusun Jaksa Kejaksaan Negeri Jakarta Timur adalah dakwaan alternatif.

Selasa, 09/01/2018 07:46 0

Indonesia

Perilaku BSSN Dinilai Tunjukkan Sikap Merasa Berkuasa

"BSSN ini dibentuk dengan Perpres, sehingga kewenanganya tak boleh melampaui lembaga yang dibentuk dengan UU," tuturnya.

Selasa, 09/01/2018 07:24 0

Video Kajian

Mengapa Minum Air Kencing Unta Dicela?

KIBLAT.NET – Beberapa waktu lalu beredar video Ustadz Bahtiar Nasir (UBN) meminum air kencing unta....

Selasa, 09/01/2018 03:41 0

Close