... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Perilaku BSSN Dinilai Tunjukkan Sikap Merasa Berkuasa

Foto: Badan Siber Sandi Negara (BSSN)

KIBLAT.NET, Jakarta – Pernyataan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang ingin menangkap pelaku hoax dinilai sikap paling berkuasa. Hal itu ditegaskan oleh Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon.

“Sesudah Perpres-nya diubah menjadi langsung berada di bawah Presiden, tugas BSSN rentan tumpang tindih, karena merasa berkuasa. Pernyataan Kepala BSSN mengenai perlunya kewenangan penangkapan dan penindakan menunjukkan tendensi itu,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kiblat.net pada Senin (08/01/2018).

Politisi Gerindra ini menekankan bahwa formasi BSSN yang langsung di bawah presiden itu seharusnya ditujukan untuk memperkuat fungsi koordinasinya. Bukan menambah kekuasaannya sehingga bisa overlap dengan lembaga lain.

“Ini yang perlu diingatkan, baik kepada BSSN maupun pada Presiden. Jangan lupa, BSSN ini dibentuk dengan Perpres, sehingga kewenanganya tak boleh melampaui lembaga yang dibentuk dengan UU,” tuturnya.

Ia juga menegaskan bahwa dunia maya bagian dari ekosistem demokrasi. Menurutnya, dunia maya memang butuh sensor, tapi itu hanya terbatas untuk kejahatan narkoba, pornografi, dan terorisme. Dan bukan untuk kebebasan berbicara dan mengemukakan pendapat.

“Karena dunia maya juga menjadi bagian dari ekosistem demokrasi, kitapun menginginkan agar BSSN turut menjaga dan memperkuat hal itu. BSSN tak boleh menjadi polisi demokrasi. Kita tak mendesain BSSN menjadi lembaga sensor seperti yang berlaku di RRC,” ucapnya

“Pernyataan Kepala BSSN, apapun motifnya, memberi kita bekal bagus karena segera menyadarkan kita pentingnya untuk segera mengontrol lembaga ini. Artinya, BSSN harus kita dorong agar bekerja sesuai aturan, kredibel, akuntabel, dan transparan. Ia juga harus terbuka terhadap pengawasan eksternal,” tukasnya.

BACA JUGA  Peneliti LPMQ Sebut Perlu Ada Sertifikasi Guru Al-Quran

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Syaikh Hasan Bukhori Jelaskan Penerapan Ilmu Maqasidus Syariah

Syaikh menerangkan bahwa ilmu maqashidus syariah merupakan salah satu ilmu yang mulia dan termasuk puncak tertinggi dalam ilmu syariah. “Ilmu maqashidus syariah merupakan ilmunya para ulama,” ujar Syaikh Hasan Bukhori dalam kajian di Masjid Firdaus, Bani Malik, Jeddah.

Selasa, 09/01/2018 03:55 0

Video Kajian

Mengapa Minum Air Kencing Unta Dicela?

KIBLAT.NET – Beberapa waktu lalu beredar video Ustadz Bahtiar Nasir (UBN) meminum air kencing unta....

Selasa, 09/01/2018 03:41 0

Palestina

Israel Larang 20 LSM Penentang Penjajahan Masuk Palestina

Israel melarang 20 LSM dari berbagai negara masuk Palestina karena mendukung kampanye yang menentang penjajahan Israel terhadap Palestina, serta mendukung gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS).

Senin, 08/01/2018 16:40 0

Video Kajian

Abu Rusydan: Arti Kekuatan Untuk Mendukung Pemikiran

KIBLAT.NET – Abu Rusydan: Arti Kekuatan Untuk Mendukung Pemikiran. Kajian Ustadz Abu Rusydan ini adalah...

Senin, 08/01/2018 16:25 0

Pakistan

Hubungan AS-Pakistan Terus Memanas Pasca Cuitan Trump

Menteri Luar Negeri Pakistan, Khawaja Asif menggambarkan Amerika Serikat sebagai "teman yang sering berkhianat". Pernyataan ini muncul setelah Washington menangguhkan bantuan dan Presiden Donald Trump menuduh Islamabad berbohong selama bertahun-tahun.

Senin, 08/01/2018 14:11 0

Yaman

Al-Islah Yaman Bantah Berafiliasi dengan Ikhwanul Muslimin

Pemimpin Al-Islah Yaman, Mohammed al-Yadumi mengungkapkan posisinya terkait krisis yang terjadi di negaranya. Al-Yadumi menyatakan dukungannya terhadap langkah yang diambil koalisi Arab Saudi.

Senin, 08/01/2018 13:00 0

Afrika

Al-Qaidah Pertahankan Ritme Serangan di Afrika Barat dan Sahel Selama 2017

Al-Qaidah beserta kelompok-kelompok jihadis yang menjadi sekutu dan afiliasinya telah melancarkan sedikitnya 276 serangan di Mali dan wilayah yang lebih luas lainnya di Afrika selama 2017.

Senin, 08/01/2018 11:46 0

Iran

Tersebar di Sembilan Negara, Kenali 12 Milisi Syiah Dukungan Iran

Iran dikenal memberikan dukungan kepada milisi atau kelompok bersenjata di luar wilayahnya. Baru-baru ini, sebuah laporan mengungkapkan 12 milisi yang didukung, beberapa darinya mengakui secara terbuka dukungan Iran kepada mereka.

Senin, 08/01/2018 11:13 0

Suriah

Al-Jaulani Gelar Pertemuan Darurat Bahas Perkembangan Front Idlib

Gerakan Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) menggelar pertemuan darurat di tingkat komandan senior dan dipimpin langsung oleh orang nomor satu HTS, Abu Muhammad Al-Jaulani

Senin, 08/01/2018 10:24 0

Arab Saudi

Saudi Cekal Kerabat Syaikh Salman Al-Audah

Organisasi pemantau HAM Internasional, Human Right Watch (HRW), Ahad (07/01), melaporkan bahwa Kerajaan Arab Saudi mencekal sebanyak 17 kerabat Syaikh Salman Al-Audah. Ulama tersebut sendiri telah ditahan sejak empat bulan lalu.

Senin, 08/01/2018 09:43 0

Close