... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Kerikil Peredam Murka

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Suatu ketika Abu Bakar Ash-Shiddiq telah menginfakkan seluruh hartanya di jalan Allah dengan penuh keikhlasan. Hal ini terjadi ketika beliau melakukan hijrah bersama Nabi ke Madinah.

Beliau tidak meninggalkan sesuatu pun untuk anak-anaknya dan hal ini diketahui oleh ayahnya, Abu Quhafah. Ia adalah seorang yang bermata buta. Dengan sikap Abu Bakar tersebut, ia marah besar. Kemudian ia menemui salah seorang anak Abu Bakar. Setelah mengetuk pintu dan membukanya, ia bertemu dengan Asma binti Abu Bakar. Padanya, ia tumpahkan kekesalannya yang disebabkan ulah ayahnya, yang tidak meninggalkan harta sedikit pun untuk anak-anaknya demi mengikuti Islam.

Asma ingin meredakan kemarahan kakeknya dan menjadikannya rela dengan apa yang dikerjakan ayahnya. Ia berdiri dan mengambil kerikil-kerikil kecil yang ada di sekitar rumahya kemudian ia bawa kerikil kecil itu kepada kakeknya dan menaruhnya di tempat Abu Bakar menyimpan hartanya. Asma menutupinya dengan kain dan meletakkan wadah tersebut di telapak tangan kakeknya sembari berkata,“Sekarang letakkanlah tanganmu ke tempat harta ini, wahai kakekku!”

Ketika ia meletakkan tangannya di atas wadah tersebut ia menyangka bahwa batu-batu kerikil tersebut adalah harta simpanan anaknya. Ia berkata, “Bila memang ia telah meninggalkannya harta ini, maka tidaklah mengapa.”

Dengan trik Asma ini, Abu Quhafah merasa tenang dan tentram serta hilang kemarahannya.

BACA JUGA  Begini Gaya Kepemimpinan Umar bin Khattab yang Sederhana dan Merakyat

Redaktur : Dhani El_Ashim

Diambil dari Adzkiya Ash-Shahabah karya Ahmad Muhammad Hasan, et all diterjemahkan Tahrudin Salam dkk dengan judul “Hikayat Orang-Orang Cerdik”, Januari 2005 penerbit Arafah:Solo.

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Konsultasi

Bagaimana Pandangan Ilmiah Soal Air Kencing Unta?

Banyak yang membolehkannya karena ada dalil dari hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Pertanyaanya, apakah benar status hadis tersebut shahih? lalu bagaimana penjelasan ilmiahnya? 

Selasa, 09/01/2018 10:07 0

Indonesia

Ini Kelemahan Dakwaan JPU Kasus Jonru Menurut Pengacara

Kuasa hukum Jonru pada persidangan perdana di pengadilan negeri Jakarta Timur, Senin (08/01/2018) siang, mengajukan eksepsi atas kliennya. Pengacara melihat kelemahan dakwaan yang digunakan Jaksa Penuntut Hukum (JPU).

Selasa, 09/01/2018 08:39 0

Indonesia

JPU Tuntut Jonru dengan Dakwaan Alternatif

Jaksa Penuntut Umum sidang kasus pegiat Media Sosial Jon Riah Ukur Ginting alias Jonru, Ahmad Muchlis mengungkapkan bahwa dakwaan yang disusun Jaksa Kejaksaan Negeri Jakarta Timur adalah dakwaan alternatif.

Selasa, 09/01/2018 07:46 0

Indonesia

Perilaku BSSN Dinilai Tunjukkan Sikap Merasa Berkuasa

"BSSN ini dibentuk dengan Perpres, sehingga kewenanganya tak boleh melampaui lembaga yang dibentuk dengan UU," tuturnya.

Selasa, 09/01/2018 07:24 0

Arab Saudi

Syaikh Hasan Bukhori Jelaskan Penerapan Ilmu Maqasidus Syariah

Syaikh menerangkan bahwa ilmu maqashidus syariah merupakan salah satu ilmu yang mulia dan termasuk puncak tertinggi dalam ilmu syariah. “Ilmu maqashidus syariah merupakan ilmunya para ulama,” ujar Syaikh Hasan Bukhori dalam kajian di Masjid Firdaus, Bani Malik, Jeddah.

Selasa, 09/01/2018 03:55 0

Video Kajian

Mengapa Minum Air Kencing Unta Dicela?

KIBLAT.NET – Beberapa waktu lalu beredar video Ustadz Bahtiar Nasir (UBN) meminum air kencing unta....

Selasa, 09/01/2018 03:41 0

Indonesia

Najiskah Air Kencing Unta? Ini Penjelasan Ahli Fiqh

Pakar ilmu fiqh, DR Zain An-Najah menegaskan bahwa air kencing unta belum tentu najis. Sebab, ternyata para ulama sendiri masih berpeda pendapat.

Senin, 08/01/2018 21:39 0

Indonesia

BK DPD RI Benarkan Sanksi Pemberhentian Sementara Arya Wedakarna

Sanksi berupa surat pemberhentian sementara terhadap anggota DPD dapil Bali, Arya Wedakarna memang benar adanya

Senin, 08/01/2018 21:18 0

Indonesia

Didakwa Pasal UU ITE, Jonru Ajukan Eksepsi

Sidang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Antonius Simbolon pun menyetujui permohonan tersebut dan menyatakan sidang diskors hingga pekan depan.

Senin, 08/01/2018 20:10 0

Indonesia

An Nashr Institute: Pembentukan BSSN Buang-buang Anggaran

Lembaga negara BSSN dinilai hanya bentuk pemekaran birokrasi

Senin, 08/01/2018 19:44 0

Close