... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Najiskah Air Kencing Unta? Ini Penjelasan Ahli Fiqh

Foto: Ustaz Bachtiar Nasir Minum Air Kencing Unta

KIBLAT.NET, Jakarta- Pakar ilmu fikih, DR Zain An-Najah menegaskan bahwa air kencing unta belum tentu najis. Sebab, ternyata para ulama sendiri masih berpeda pendapat.

“Air kencing unta belum tentu najis karena para ulama berbagai pendapat. Yang mengatakan air kencing unta najis itu berarti dia belum banyak membaca buku buku fikih yang ternyata terdapat perbedaan pendapat dikalangan para ulama,” ujarnya dalam video yang diupload di akun Facebook miliknya pada Senin (08/01/2018).

Ia menjelaskan, pendapat yang menyatakan bahwa air kencing unta tidak najis pendapat ulama Maliki dan ulama Hanbali, dan sebagian ulama Syafi’iyah. Sedangkan, sebagian ulama Syafi’iyah yang mengatakan air kencing unta suci adalah Ibnu Khuzaimah, Ibnu Mundzir, Royani.

“Pendapat kedua mengatakan bahwa air kencing unta itu najis ini pendapat Hanafi dan Syafi’iyah. Mayoritas ulama Syafi’iyah mengatakan najis. Tapi sebagian ulama Syafi’iyah yang senior mengatakan air kencing unta suci,” jelasnya.

Direktur pesantren tinggi Al-Islam ini juga mengatakan bahwa ulama yang mensucikan air kencing unta memiliki dalil. Yang pertama adalah dari Anas bin Malik di dalam Bukhari dan Muslim. Ia menuturkan, hadits tersebut bercerita tentang suku uklin atau urainah yang datang ke Madinah menemui Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam. Ketika itu, lanjutnya, anggota suku itu sakit demam Madinah.

“Orang yang pernah ke Madinah itu biasanya terkena demam Madinah, beberapa sahabat muhajirin juga sempat sakit hijrah ke Madinah. Maka Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memerintahkan untuk mendatangi kandang unta untuk meminum air kencing dan susunya. Susu uklin kemudian menuruti perintah Rasulullah minum air kencing unta dan susunya, dan sembuh seketika,” terangnya.

BACA JUGA  Pendataan Khatib Kampus Muhammadiyah oleh Aparat Timbulkan Kegaduhan

Sementara itu, ulama yang menganggap bahwa air kencing unta najis juga beranggapan bahwa jika darurat untuk berobat saja dan tidak ada obat lain maka boleh meminum air kencing unta.

“Jadi klop, tidak ada satupun yang melarang, kalau memang darurat. Hanya saja memang ini khusus orang-orang yang sakit, kurang sehat, tapi tidak perlu minum air kencing unta kalau dia sehat,” tuturnya.

Oleh sebab itu, ia menekankan hal semacam ini tidak perlu diributkan. Sebab, ulama berbeda pendapat dalam masalah tersebut.

“Masalah minum air kencing unta itu sudah lama. Kenapa baru diributkan sekarang? hanya saja, mereka (Ulama.red) berbeda pendapat apakah kencing unta itu suci atau najis. Yang mengatakan suci ada dalilnya yang mengatakan najis ada dalilnya, kita tinggal mengambil salah satu pendapat,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Syafi’i Iskandar

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Israel Larang 20 LSM Penentang Penjajahan Masuk Palestina

Israel melarang 20 LSM dari berbagai negara masuk Palestina karena mendukung kampanye yang menentang penjajahan Israel terhadap Palestina, serta mendukung gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS).

Senin, 08/01/2018 16:40 0

Video Kajian

Abu Rusydan: Arti Kekuatan Untuk Mendukung Pemikiran

KIBLAT.NET – Abu Rusydan: Arti Kekuatan Untuk Mendukung Pemikiran. Kajian Ustadz Abu Rusydan ini adalah...

Senin, 08/01/2018 16:25 0

Pakistan

Hubungan AS-Pakistan Terus Memanas Pasca Cuitan Trump

Menteri Luar Negeri Pakistan, Khawaja Asif menggambarkan Amerika Serikat sebagai "teman yang sering berkhianat". Pernyataan ini muncul setelah Washington menangguhkan bantuan dan Presiden Donald Trump menuduh Islamabad berbohong selama bertahun-tahun.

Senin, 08/01/2018 14:11 0

Yaman

Al-Islah Yaman Bantah Berafiliasi dengan Ikhwanul Muslimin

Pemimpin Al-Islah Yaman, Mohammed al-Yadumi mengungkapkan posisinya terkait krisis yang terjadi di negaranya. Al-Yadumi menyatakan dukungannya terhadap langkah yang diambil koalisi Arab Saudi.

Senin, 08/01/2018 13:00 0

Afrika

Al-Qaidah Pertahankan Ritme Serangan di Afrika Barat dan Sahel Selama 2017

Al-Qaidah beserta kelompok-kelompok jihadis yang menjadi sekutu dan afiliasinya telah melancarkan sedikitnya 276 serangan di Mali dan wilayah yang lebih luas lainnya di Afrika selama 2017.

Senin, 08/01/2018 11:46 0

Iran

Tersebar di Sembilan Negara, Kenali 12 Milisi Syiah Dukungan Iran

Iran dikenal memberikan dukungan kepada milisi atau kelompok bersenjata di luar wilayahnya. Baru-baru ini, sebuah laporan mengungkapkan 12 milisi yang didukung, beberapa darinya mengakui secara terbuka dukungan Iran kepada mereka.

Senin, 08/01/2018 11:13 0

Suriah

Al-Jaulani Gelar Pertemuan Darurat Bahas Perkembangan Front Idlib

Gerakan Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) menggelar pertemuan darurat di tingkat komandan senior dan dipimpin langsung oleh orang nomor satu HTS, Abu Muhammad Al-Jaulani

Senin, 08/01/2018 10:24 0

Arab Saudi

Saudi Cekal Kerabat Syaikh Salman Al-Audah

Organisasi pemantau HAM Internasional, Human Right Watch (HRW), Ahad (07/01), melaporkan bahwa Kerajaan Arab Saudi mencekal sebanyak 17 kerabat Syaikh Salman Al-Audah. Ulama tersebut sendiri telah ditahan sejak empat bulan lalu.

Senin, 08/01/2018 09:43 0

Suriah

Serangan Militer Suriah dan Sekutunya ke Idlib Kian Intensif

Tentara Suriah dan milisi sekutunya, Ahad (07/01), terus mengintensifkan serangan terhadap Idlib, wilayah Suriah terluas yang saat ini dikontrol oleh pejuang Suriah.

Senin, 08/01/2018 08:38 0

News

Disaster Emak-Emak Berdaster

Ucapan itu menimbulkan gelombang dahsyat di dunia maya. Memberi umpan gratis kepada kelompok pengkritik, termasuk mereka yang menamakan Barisan Emak-emak Berdaster

Ahad, 07/01/2018 22:48 0

Close