... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gubernur Anies Ingatkan Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak

Foto: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam Reuni Akbar Pesantren Islam Al-Irsyad

KIBLAT.NET, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menghadiri acara Reuni Akbar Pesantren Islam Al-Irsyad yang digelar di asrama haji Pondok Gede, Bekasi.

Dalam sambutannya, dia mengingatkan kepada para alumni yang bergerak di bidang pendidikan untuk lebih melihat visi dan misi ke depan.

“Dunia pendidikan harus mendidik anak-anak kita untuk bisa menang di zamannya. Artinya bekal-bekal yang diberikan kepada anak-anak bukan bekal yang semata-mata pada pengalaman kita masing-masing di masa lalu, tetapi justru bekal yang dibutuhkan mereka di masa depan,” ujar Anies kepada para peserta reuni, Sabtu (06/01/2018).

Anies mengatakan bahwa pondasi terpenting bagi anak adalah karakter. Dia juga membahas beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang anak.

“Tadi saya sudah sampaikan pertama adalah iman, takwa, akhlak harus dipegang. Kalau sesudah itu 4K yang ditambahkan yaitu kemampuan berpikir kritis, kemampuan untuk kreatif, kemampuan komunikatif, dan kemampuan untuk kerjasama,” paparnya.

Dia menambahkan, 4K inilah yang kemudian bisa membekali anak-anak ke depan. “Memang bagaimanapun juga dasarnya ada pada karakter. Karakter itu nomor satu,” kata Anies.

“Tapi kalau kita hanya karakter saja sedang bekal yang lain tidak, maka dalam kompetisi-kompetisi belum tentu bisa dimenangkan. Aspek inilah yang tadi saya dorong untuk bisa menjadi perhatian terutama bagi mereka yang bergerak di dunia pendidikan,” lanjutnya.

BACA JUGA  Tanggapi Wamenag, Sekjen MUI: Yang Timbulkan Kontroversi Salam Lintas Agama

Hal lain yang penting, kata dia, adalah pentingnya menumbuhkan kemampuan entrepreneurship, kemampuan berwirausaha, bergerak di bidang perekonomian.

“Kita menyadari kalau kita lihat sektor, ada sektor pemerintahan dan politik, ekonomi, bisnis dan ada sektor sosial,” ungkapnya.

Dari tiga sektor ini, menurut Anies, yang mengalami perkembangan makin hari makin besar adalah sektor ekonomi dan bisnis. Di sektor inilah diperlukan lebih banyak lagi orang-orang yang memiliki kemampuan entrepreneur.

“Indonesia saat ini dari sisi jumlah entrepreneurship secara umum jumlahnya banyak, namun rata-rata umumnya skalanya masih skala kecil, skala mikro. Karena itu kita berharap jumlahnya ditingkatkan tapi juga skala ekonominya ditinggikan, bukan hanya sektor mikro kecil tapi juga sektor menengah dan besar,” pungkasnya.

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Begini Penampakan Sukhoi Rusia yang Hancur di Suriah

Seorang wartawan militer Rusia menerbitkan foto pesawat tempur Rusia yang hancur akibat serangan oposisi Suriah. Roman Saponkov memposting foto-foto itu di media sosial setelah muncul laporan tentang serangan tersebut.

Ahad, 07/01/2018 08:00 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: 72 Bidadari

Salah satu metode agama dalam mendorong pengikutnya atau anggotanya untuk menaati norma-norma aturannya di antaranya yaitu dengan penghargaan (reward) dan hukuman (punishment).

Ahad, 07/01/2018 07:00 0

Iran

Kekayaan Negeri Iran Gagal Mendatangkan Kemakmuran

Demonstrasi sipil telah meletus di Iran, bahkan saat negara itu bergerak keluar dari resesi menyusul pelonggaran sanksi internasional tahun lalu. Namun pemulihan ekonomi belum memberikan efek berarti bagi rakyat.

Ahad, 07/01/2018 06:05 0

Afrika

Operasi Al-Syabab Menyasar Lima Perwira Polisi di Perbatasan Kenya-Somalia

Lima orang perwira polisi tewas dalam serangan pejuang Al-Syabab di perbatasan Kenya-Somalia

Sabtu, 06/01/2018 23:25 0

Iran

50 Orang Tewas Sepanjang Aksi Demo di Iran

PIhak oposisi mencatat sebanyak 50 orang pendemo tewas akibat tindakan represif pasukan rezim Iran

Sabtu, 06/01/2018 23:15 0

News

Himpunan Alumni Pesantren Islam Al Irsyad Satukan Visi Dakwah

Himpunan Alumni Pesantren Islam Al-Irsyad (HAPIA) menggelar acara Reuni Akbar untuk menyatukan visi dakwah di Indonesia

Sabtu, 06/01/2018 22:09 0

Arab Saudi

Besarnya Faidah Ilmu Menurut Syaikh Hamid bin Ahmad Bukhori

Kajian pertama merupakan kajian Kitab Al-Ilmu, yang ditulis oleh Abi Khaitsamah. Pengisi materinya adalah Syaikh Hamid bin Ahmad Bukhari. Beliau adalah seorang Muhaddits, juga pengisi tetap kajian taklim di Madinah Munawarah.

Sabtu, 06/01/2018 11:49 0

Iran

Soal Gejolak Massa, Iran Justru Salahkan Arab Saudi, Israel dan Amerika Serikat

Jaksa Agung Iran, Mohammad Jafar Montazeri mengatakan bahwa aksi protes secara besar-besaran yang terjadi di negeranya telah direncanakan empat tahun lalu oleh pihak asing.

Jum'at, 05/01/2018 16:43 0

Iran

Biaya Perang Diduga Kuat Pemicu Gejolak Massa di Iran

Ketua Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS), KH Athian Ali mengatakan, pemerintah Iran menutupi fakta dibalik terjadinya demonstrasi rakyatnya.

Jum'at, 05/01/2018 16:22 0

Iran

Lebih 1.000 Demonstran Iran Ditahan dan Diancam Hukuman Mati

Lebih dari seribu orang telah ditangkap dan ditahan di Iran dalam aksi demonstrasi yang terjadi sepekan terakhir. Demikian menurut laporan kelompok hak asasi manusia dan Departemen Luar Negeri Iran pada hari Kamis (04/01/2018).

Jum'at, 05/01/2018 15:30 0

Close